+621 72734224 info@konsultanku.com

SLF Adalah

Menjawab SLF Adalah Apa Bagi Pemilik Bangunan

Mereka yang mengatur atau mengelola pemberkasan gedung bangunan, sering kali bertanya-tanya SLF adalah surat perizinan yang wajib diurus atau tidak? Pada dasarnya kepemilikan Sertifikat Laik Fungsi sangat diperlukan terutama jika Anda membangun dan memiliki sendiri gedung bangunan. Sertifikat Laik Fungsi yang bertanggung jawab melegalkan izin operasional gedung bangunan.

Sertifikat Laik Fungsi atau SLF Adalah?

Melengkapi gedung bangunan dengan furnitur yang mahal atau eksterior unik tidak ada artinya jika gedung bangunan tidak bisa dioperasikan. Untuk melegalkan operasional gedung bangunan, pemilik gedung wajib mengurus surat izin. Dimulai dengan IMB kemudian diakhiri dengan penerbitan Sertifikat Laik Fungsi.

SLF merupakan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Pemerintah Daerah pada pemohon sebagai bukti kelaikan fungsi gedung bangunannya. Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi didasari beberapa ketentuan dan persyaratan administratif maupun teknis. Berikut ini ketentuan umum penerbitan.

  • Wajib diurus sebelum gedung difungsikan

Entah gedung perhotelan, rumah sakit, apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran dan sebagainya wajib mengurus Sertifikat Laik Fungsi sebelum gedung bangunan difungsikan. Dalam beberapa kasus, gedung bangunan yang menghindari penerbitan sertifikat akan menerima sanksi administratif.

Sanksi yang diberikan bermacam-macam, tergantung lamanya pemilik gedung bangunan menyepelekan dan menghindari pengurusan Sertifikat Laik Fungsi. Semakin sering menghindar, sanksi yang didapatkan tentunya semakin besar dan memberatkan.

  • Wajib Diperpanjang Saat Sertifikat Sudah Habis Masa Berlakunya

Definisi SLF = tenggat waktu. Pada hakikatnya, Sertifikat Laik Fungsi tidak sah dan bisa digunakan selamanya. Sebagai pemilik gedung bangunan, Anda wajib memperpanjang Sertifikat Laik Fungsi saat masa berlaku sudah hampir habis. Maksimal 2 bulan sebelum Sertifikat Laik Fungsi habis, Anda sudah mengajukan perpanjangannya.

  • Masa Berlaku 5-10 Tahun

Tahukah Anda kapan masa berlakunya? Sertifikat Laik Fungsi diklasifikasikan dalam 4 kelas  yang masing-masing dua kelasnya masuk pada kategori tempat tinggal dan non tempat tinggal. Khusus untuk gedung bangunan komersial atau umum memiliki masa berlaku maksimal 5 tahun lamanya. Sementara untuk hunian, aktif hingga10 tahun ke depan.

Mekanisme pembuatan SLF

  1. Memastikan jika data persyaratan telah lengkap

Pertama-tama, Anda harus mengawasi jalannya konstruksi gedung bangunan. Jika jalannya sudah hampir selesai, silakan kumpulkan satu per satu syarat pendaftaran. Ajukan pembuatan Sertifikat Laik Fungsi hanya jika konstruksi gedung bangunan telah terlaksana secara sepenuhnya.

  1. Mengunjungi loket PTSP untuk ajukan registrasi

Pengertian Sertifikat Laik Fungsi yaitu persyaratan yang pemenuhannya diajukan langsung ke loket PTSP. Lakukan sendiri atau minta bantuan dari perwakilan konsultan.

  1. Penilaian teknis juga administratif

Saat persyaratan administrasi sudah dinilai, selanjutnya pengkaji teknis akan datang ke lokasi gedung bangunan Anda guna melaksanakan uji teknis lapangan. Proses ini mungkin memakan waktu yang paling lama, apalagi jika gedung bangunan Anda terbukti perlu direnovasi.

  1. SLF diterbitkan

Pemenuhan standar kelaikan fungsi akan berimbas pada Sertifikat Laik Fungsi yang diterbitkan. Tandanya, permohonan yang Anda lakukan mendapatkan respons positif tidak perlu melakukan permohonan ulang dari awal.

  1. SLF diambil di loket PTSP

Lekas ambil Sertifikat Laik Fungsi yang telah diterbitkan pada loket PTSP sehingga manfaat sertifikatnya dapat Anda gunakan langsung untuk operasional gedung bangunan. Khusus pemohon yang menggunakan jasa, pengambilan berkas bisa diwakilkan oleh penyedia jasa.

Anda cukup menunggu penyedia layanan yang datang mengantarkan Sertifikat Laik Fungsi Anda. Cara ini jauh lebih praktis, apalagi Anda tidak perlu mengurus dan mengumpulkan berkas satu per satu ke kantor atau lembaga tertentu.

Demikianlah informasi menarik tentang Sertifikat Laik Fungsi. Dapatkan konsultasi lebih lanjut jika Anda memilih menggunakan konsultan Sertifikat Laik Fungsi. SLF adalah sertifikat penting yang wajib dipenuhi jika Anda ingin bisnis bisa dijalankan dengan baik dan sah tanpa sanksi dari aparat pemerintahan.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321