4 Alasan
Kenapa Harus Menggunakan Jasa

Konsultan SLF

Sertifikat Laik Fungsi atau SLF merupakan dokumen legal yang menunjukkan keamanan gedung. Pengurusannya akan lebih mudah jika menggunakan mitra atau konsultan SLF terpercaya. Dengan menggunakan SLF, suatu gedung umum maupun pribadi akan memiliki reputasi yang lebih baik.
konsultan slf

Apa Tujuan Penerbitan

Sertifikat Laik Fungsi?

Sebelum mengetahui keuntungan menggunakan konsultan SLF, ada baiknya Anda memahami lebih jauh mengenai SLF ( sertifikat Laik Fungsi) . SLF merupakan dokumen yang sangat penting dalam upaya memastikan keamanan, kenyamanan, dan kepatuhan terhadap standar tertentu dalam pengoperasian sebuah gedung. Tujuan dari penerbitan SLF mencakup sejumlah aspek yang sangat krusial, yang akan dibahas dalam artikel ini.

SLF sebagai payung hukum bangunan

Memberikan

Payung Hukum

bangunan laik fungsi

Mewujudkan

Kelayakan Gedung

Untuk Penghuninya

bangunan slf

Mewujudkan Gedung

Dengan Tata Bangunan

Sesuai Lingkungannya

TUJUAN PENERBITAN SLF
imb-slf.com
SLF BANGUNAN GEDUNG

1.Memberikan Payung Hukum dalam Penyelenggaraan Gedung

Salah satu tujuan utama dari penerbitan SLF adalah memberikan landasan hukum yang kuat bagi pengelolaan dan pengoperasian gedung. Dokumen ini menetapkan bahwa gedung tersebut telah memenuhi berbagai persyaratan hukum dan teknis yang diperlukan. Dengan adanya SLF, pengelola gedung memiliki panduan dan aturan yang jelas dalam menjalankan operasionalnya, sehingga dapat menghindari masalah hukum yang mungkin timbul.

2. Mewujudkan Kelayakan Gedung untuk Penghuninya

SLF juga bertujuan untuk memastikan bahwa gedung tersebut layak huni. Ini mencakup aspek-aspek seperti kenyamanan, kesehatan, keselamatan, dan kemudahan penggunaan gedung. Penghuni gedung, baik itu penghuni rumah tinggal, karyawan di tempat kerja, atau tamu di bangunan umum seperti hotel, dapat merasa yakin bahwa mereka berada di lingkungan yang memenuhi standar tertentu dan tidak membahayakan mereka.

3. Mewujudkan Gedung dengan Tata Bangunan Sesuai Lingkungannya

Penerbitan SLF juga memperhatikan aspek tata bangunan yang sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Gedung yang memiliki SLF dianggap telah mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan, seperti aspek estetika, keberlanjutan, dan integrasi dengan wilayah sekitar. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan gedung tidak merusak lingkungan atau mengganggu harmoni dengan sekitarnya.

 

LANDASAN HUKUM SLF

1. Peraturan No. 19 Tahun 2018

tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

2. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021

tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung

3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 25 Tahun 2007

tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung

4. Sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2002

yang membahas tentang Bangunan Gedung, tolak ukur keandalan bangunan terdiri dari beberapa aspek. Mulai dari aspek kenyamanan, keselamatan, dan kemudahan. Bukti bangunan telah andal yaitu mempunyai Sertifikat Laik Fungsi ini

Memilih Untuk Menggunakan Jasa Konsultan SLF

Pemerintah bertanggung jawab untuk menerbitkan SLF berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut. Keputusan penerbitan SLF didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk kesesuaian fungsi bangunan, tingkat keselamatan, kenyamanan, kesehatan, dan tata bangunan yang diusulkan. Pengurusannya juga melibatkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

Namun, bagi banyak pihak, mengurus SLF bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk menggunakan jasa konsultan SLF. Selain menyederhanakan proses pengajuan dan pengurusan SLF, jasa konsultan SLF juga membantu memastikan bahwa semua persyaratan dipenuhi dengan benar. Menggunakan jasa konsultan SLF dapat menghemat waktu, tenaga, dan potensi biaya tambahan yang mungkin timbul jika terjadi kesalahan dalam pengurusan SLF.

Dalam kesimpulannya, penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) memiliki tujuan yang sangat penting dalam memastikan bahwa gedung-gedung yang beroperasi memenuhi standar tertentu untuk keamanan, kenyamanan, dan kepatuhan hukum. SLF tidak hanya memberikan keamanan kepada penghuni gedung, tetapi juga memberikan panduan yang jelas kepada pengelola dalam menjalankan operasional gedung dengan benar. Oleh karena itu, penggunaan jasa konsultan SLF dapat menjadi pilihan cerdas untuk memastikan bahwa semua persyaratan dan prosedur terpenuhi dengan baik.

Kenapa Harus Menggunakan Konsultan SLF ?

Sebelum bangunan mendapatkan SLF, gedung tersebut benar-benar harus layak secara teknis dan administratif. Salah satunya dengan mengurus SLF melalui konsultan terpercaya yang menawarkan banyak keuntungan.

Perusahaan besar biasanya tidak memiliki waktu luang untuk mengurus SLF sendiri, sehingga solusinya adalah menggunakan jasa konsultan.

Menggunakan jasa dari konsultan yang telah terpercaya bisa membuat Anda lebih tenang. Waktu Anda juga tidak akan tersita lebih banyak. Sehingga tetap bisa fokus pada bisnis. Apalagi jika bisnis telah berkembang pesat.

Perlu Anda ingat bahwa memilih konsultan SLF tidak boleh sembarangan. Menunjuk jasa yang tepat dan terpercaya akan memberikan hasil akhir memuaskan. Sehingga Anda tidak mungkin merasa kecewa.

Keuntungan Menggunakan Konsultan SLF 

Legalitas Terjamin

Terbaik dan Efektif

Proses Lebih Cepat

Ada banyak keuntungan menggunakan konsultan slf,

salah satunya adalah :

 

1. Legalitas Terjamin

 

Mengurus sendiri mungkin lebih rumit karena Anda belum tahu banyak hal dan bagaimana prosedurnya nanti. Ketika mempercayakannya pada konsultan yang sudah terpercaya, pengurusan SLF bisa menjadi lebih praktis.

 

Biasanya konsultan tersebut telah terdaftar sebagai mitra resmi pemerintah daerah atau instansi. Bahkan, para tenaga ahli yang akan memeriksa kelayakan gedung Anda pastinya telah mengenal konsultan. Faktor ini akan membantu proses penerbitan SLF dengan lebih mudah.

 

Maka dari itu, penting sekali untuk memilih konsultan yang telah menjadi mitra dari pemerintah daerah.

 

2. Memberikan Pelayanan Terbaik dan Efektif

 

Keuntungan berikutnya adalah mampu memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Ketika memilih jasa yang tepat, pengurusan SLF juga menjadi lebih efektif.

 

Portofolio merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih konsultan. Perhatikan apakah selama ini telah banyak pelanggan yang bekerja sama. Kualitas kerja suatu konsultan dapat Anda lihat dari tingginya tingkat keberhasilan dalam pengurusan dokumen.

 

Ada aspek penting yang harus Anda perhatikan, yaitu memilih jasa konsultan sesuai kota tempat tinggal. Alasannya karena pengurusan SLF bisa menjadi lebih mudah, karena konsultan pasti sudah saling kenal dengan pihak pemerintah daerah.

 

3. Proses Lebih Cepat

 

Mengurus SLF sendiri pastinya lebih sulit dan repot. Bahkan, prosesnya juga bisa memakan waktu yang lama. Apalagi jika Anda belum mengetahui banyak hal mengenai persyaratannya.

 

Dengan mempercayakan pada konsultan SLF terpercaya, proses pengurusannya sudah pasti lebih cepat dan efektif. Pihak konsultan akan memberitahu apa saja persyaratan yang harus terpenuhi. Jadi, Anda tinggal menyiapkan berkas-berkasnya saja.

 

Pengurusan juga akan lebih cepat, karena pihak konsultan sudah terbiasa mengurus dokumen SLF di pemerintah daerah.

 

 

Kerugian Tidak Mempunyai SLF

 

Jika bangunan tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi, maka pemiliknya akan mengalami beberapa kerugian di bawah ini. 

1. Tidak Dapat Menerbitkan AJB untuk konsumen

 

Apabila bangunan Anda tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi, maka tidak dapat menerbitkan AJB untuk konsumen. Dengan demikian, maka akan mempersulit Anda untuk melakukan jual beli bangunan tersebut.

2. Tidak Dapat Memberikan Fasilitas Mesin ATM

 

Selanjutnya, kerugian bangunan umum yang tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi yaitu tidak dapat menempatkan mesin ATM di gedungnya. Karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan kepemilikan SLF jika ingin menempatkan mesin ATM di dalam gedungnya.

 

Faktanya, sekarang ini masyarakat sudah paham dengan makna SLF adalah izin bangunan untuk menjamin kelayakan dan keandalan suatu gedung. Baik milik pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Mengingat banyaknya manfaat Sertifikat Laik Fungsi, kini banyak pemilik gedung yang mengurus Sertifikat Laik Fungsi.

 

 

Mekanisme pembuatan SLF

  1. Memastikan jika data persyaratan telah lengkap

Pertama-tama, Anda harus mengawasi jalannya konstruksi gedung bangunan. Jika jalannya sudah hampir selesai, silakan kumpulkan satu per satu syarat pendaftaran. Ajukan pembuatan Sertifikat Laik Fungsi hanya jika konstruksi gedung bangunan telah terlaksana secara sepenuhnya.

 

  1. Mengunjungi loket PTSP untuk ajukan registrasi

Pengertian Sertifikat Laik Fungsi yaitu persyaratan yang pemenuhannya diajukan langsung ke loket PTSP. Lakukan sendiri atau minta bantuan dari perwakilan konsultan.

  1. Penilaian teknis juga administratif

Saat persyaratan administrasi sudah dinilai, selanjutnya pengkaji teknis akan datang ke lokasi gedung bangunan Anda guna melaksanakan uji teknis lapangan. Proses ini mungkin memakan waktu yang paling lama, apalagi jika gedung bangunan Anda terbukti perlu direnovasi.

  1. SLF diterbitkan

Pemenuhan standar kelaikan fungsi akan berimbas pada Sertifikat Laik Fungsi yang diterbitkan. Tandanya, permohonan yang Anda lakukan mendapatkan respons positif tidak perlu melakukan permohonan ulang dari awal.

  1. SLF diambil di loket PTSP

Lekas ambil Sertifikat Laik Fungsi yang telah diterbitkan pada loket PTSP sehingga manfaat sertifikatnya dapat Anda gunakan langsung untuk operasional gedung bangunan. Khusus pemohon yang menggunakan jasa, pengambilan berkas bisa diwakilkan oleh penyedia jasa.

Anda cukup menunggu penyedia layanan yang datang mengantarkan Sertifikat Laik Fungsi Anda. Cara ini jauh lebih praktis, apalagi Anda tidak perlu mengurus dan mengumpulkan berkas satu per satu ke kantor atau lembaga tertentu.

 

 

Persyaratan untuk SLF Dan Untuk Penerbitan Nya

SLF merupakan persyaratan penting dalam memastikan bangunan gedung memenuhi standar administratif dan teknis yang diperlukan untuk menjaga keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan bagi penghuninya. Pemenuhan persyaratan administratif dan teknis sangat penting dalam proses penerbitan dan perpanjangan SLF.

Pemenuhan persyaratan administratif

melibatkan penilaian data aktual terkait status tanah, IMB, dan kepemilikan bangunan gedung. Dalam proses pengumpulan SLF, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa data-data ini sesuai dan akurat. Selain itu, saat perpanjangan SLF, dokumen status kepemilikan bangunan gedung juga diperiksa untuk mencari perubahan kepemilikan. Hal ini penting untuk menghindari masalah hukum di masa depan.

Persyaratan teknis

melibatkan penilaian terhadap as built drawing, pedoman pengoperasian dan pemeliharaan bangunan gedung, serta peralatan mekanikal dan elektrikal. Pengujian dilakukan di lapangan untuk memastikan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan pengguna bangunan. Semua pengujian ini harus sesuai dengan pedoman teknis yang berlaku.

Persyaratan teknisPemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung

mencakup pemeriksaan administratif dan teknis sebelumnya. Ini melibatkan identifikasi kelengkapan, keabsahan, dan kebenaran data dalam dokumen. Persyaratan tata bangunan dan spesifikasi bangunan gedung juga diperiksa secara rinci, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan Ini merupakan langkah terakhir dalam memastikan bahwa bangunan gedung memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan.

 

Ceklis Persyaratan Pembuatan SLF

NOPERSYARATAN ITEM
ADATA TANAH
1BUKTI KEPEMILIKAN TANAH
2SPPT PBB DAN BUKTI BAYAR TERBARU
3SURAT PERJANJIAN PENGGUNAAN TANAH
BDATA UMUM
1KTP/KITAS PEMOHON ATAU PENANGGUNG JAWAB
2FOTO COPY NPWP PEMOHON
3AKTA PERUSAHAAN (PENDIRIAN DAN PERUBAHAN TERBARU DILENGKAPI DENGAN SK KEMENKUMHAMNYA
4NPWP PERUSAHAAN
5NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB) OSS RBA
6PKKPR PENILAIAN / KONFIRMASI PERUNTUKAN RUANG (KPR) DAN PENGESAHAN RENCANA TAPAK
7KETENTUAN KESELAMATAN OPERASI PENERBANGAN (KKOP) APABILA DIPERSYARATKAN
8SURAT IZIN PERUNTUKAN PENGGUNAAN TANAH (SIPPT)
9IZIN LINGKUNGAN (SPPL/UKL-UPL/AMDAL)/IZIN LOKASI BESERTA LAPORAN BERKALA PER SEMESTER
10IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN BESERTA GAMBAR PENGESAHAN IMB
11SERTIFIKAT LAIK FUNGSI TERDAHULU (APABILA SLF PERPANJANGAN)
CDATA TEKNIS EKSISTING
1DOKUMEN SONDIR
2K3 DARI DISNAKER (LISTRIK, PENANGKAL PETIR, GENSET, LIFT, DLL
3SLO DARI ESDM (TR/TM, GENSET)
4REKOMENDASI KESELAMATAN KEBAKARAN DARI BPBD
5PEIL BANJIR
6ANDALALIN
7LAPORAN PREVENTIF PEMELIHARAAN ALAT -ALAT DI LOKASI OLEH INTERNAL PERUSAHAAN
8GAMBAR ACUAN REDRAWING BIDANG ARSITEKTUR, STRUKTUR DAN MEP

 Demikianlah informasi menarik tentang Sertifikat Laik Fungsi. Dapatkan konsultasi lebih lanjut jika Anda memilih menggunakan konsultan Sertifikat Laik Fungsi. SLF adalah sertifikat penting yang wajib dipenuhi jika Anda ingin bisnis bisa dijalankan dengan baik dan sah tanpa sanksi dari aparat pemerintahan.

 

Apa Lagi Yang Anda Tunggu ?

"Serahkan penyusunan kajian SLF Anda kepada Konsultan SLF terpercaya dan berpengalaman"

imb-slf.com

"Konsultan SLF Yang Memiliki Tenaga Ahli Terakreditasi dan Berpengalaman dibidangnya.

imb-slf.com

CALL / WA

0812-9288-9438
Catur Iswanto

Phone

Phone : 021-72734224

Catatan Blog

Baca artikel memgenai forensik bangunan serta tata cara penyusunan kajian teknis di website kami secara gratis

Kebijakan Pengurusan IPAL Komunal

Kebijakan Pengurusan IPAL Komunal Dan Memahami Aspek Pentingnya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal merupakan salah satu solusi penting dalam pengelolaan limbah domestik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Kebijakan pengurusan IPAL komunal menjadi semakin...

Pengurusan SIUJK Legal Terpercaya

Pengurusan SIUJK Legal Terpercaya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) adalah izin yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi di Indonesia. SIUJK menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan dan...

Konsultan Terbaik SLO Genset

Konsultan Terbaik SLO Genset Yang Berkompten Di Indonesia Sertifikat Laik Operasi (SLO) genset adalah salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh pemilik genset, baik itu individu maupun perusahaan. SLO ini menunjukkan bahwa genset yang dimiliki telah memenuhi...

Rekomendasi Pengurusan SLO Termurah

Rekomendasi Pengurusan SLO Termurah Di Indonesia Mengurus Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat menjadi proses yang kompleks dan memakan biaya. Namun, dengan pengetahuan yang tepat dan strategi yang efektif, Anda dapat mengurus SLO dengan biaya yang lebih terjangkau....

Pengurusan SBUJK Secara Profesional

Pengurusan SBUJK Secara Profesional   Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) merupakan dokumen penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Sertifikat ini tidak hanya menjadi bukti legalitas, tetapi juga menunjukkan kredibilitas dan...

Tips Pengurusan IUJPTL Pemula

Tips Pengurusan IUJPTL Pemula, Berikut Tips-Tipsnya !   Mengurus Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL) merupakan langkah penting. Terlebih lagi, ini adalah aspek vital untuk memulai bisnis di sektor energi. Oleh karena itu, persiapan matang sangat...

Rincian Biaya Pengurusan SBUJPTL

Rincian Biaya Pengurusan SBUJPTL Agar Bisa Megatur Biaya Yang Perlu Disiapkan   Mengurus Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SBUJPTL) merupakan langkah penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang penunjang tenaga listrik. Proses ini...

Lama Waktu Pengurusan SLF

  Lama Waktu Pengurusan SLF Dan Memahami Aspek Penting Lainnya Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah proses penting yang harus dilalui oleh pemilik bangunan di Indonesia. SLF adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa suatu bangunan telah memenuhi...

Menghitung Biaya Jasa TDG

Menghitung Biaya Jasa TDG Untuk Memahami Apa saja yang Perlu Diketahui Dan Yang Perlu Disiapkan ! Menghitung biaya jasa Tanda Daftar Gudang (TDG) adalah langkah penting bagi setiap pemilik gudang. Memahami biaya ini bukan hanya membantu dalam perencanaan anggaran,...

Kantor Kami

Jl. Dewi Sartika No.47  Cawang, Jakarta Timur, Kota Jakarta Timur

Daerah Khusus Ibukota Jakarta – 13630

+6221 2179 9321

Kantor Operasional

Jl.sadar raya no.88 RT 03 RW 02 Kel.Ciganjur. Kec.Jagakarsa Kota Jakarta Selatan
(Depan Perumahan Jannati Garden)

Follow Us