Sertifikat SLF

Perihal Sertifikat SLF dan Apa yang Didapatkan

Dalam pemanfaatan gedung, Anda membutuhkan bantuan beberapa pihak termasuk penyelenggara sertifikat SLF. Masalahnya, tidak semua orang mengenal dengan baik apa itu SLF bahkan pernah mendengar istilahnya. Istilah SLF lebih sering didengungkan oleh jasa SLF maupun pihak-pihak yang melaksanakan pembangunan gedung bangunan.

Seluk beluk perihal sertifikat SLF

Sebelum mencetuskan suatu bangunan sebagai tempat tinggal maupun fasilitas umum. Pemerintah harus memastikan terlebih dahulu kelaikan fungsi gedung bangunan. Prosesnya diatur sedemikian rupa untuk menghindari kesalahan penafsiran dan penilaian fungsi bangunan.

Ingin tahu lebih banyak seputar SLF, simak beberapa fakta menarik seputar SLF di bawah ini:

  1. SLF Digratiskan

Guna mendukung pertumbuhan sarana dan prasarana di tanah air. Pemerintah memberikan kelonggaran bagi pemilik gedung bangunan. Siapa pun yang mendaftarkan diri untuk membuat SLF tidak akan dipungut bayaran sebagaimana pengajuan IMB.

  1. Masa Berlaku

Beberapa sertifikat dibuat tanpa batasan waktu tapi tidak sedikit pula sertifikat yang sengaja diberikan masa aktif. Salah satunya adalah SLF yang diberikan batasan waktu minimal 5 tahun untuk gedung non tempat tinggal dan 10 tahun lamanya untuk gedung hunian tempat tinggal.

  1. Siapa Saja yang Mengurus SLF

Sertifikat SLF gedung tidak bisa diurus oleh pemilik hotel atau apartemen saja. Semua pihak yang membangun gedung wajib mengajukan pengurusan SLF. Bahkan pemilik rumah tempat tinggal juga melakukan pengurusan SLF guna menghindari sanksi administrasi.

  1. Fungsi Utama SLF Bagi Gedung Bangunan

Ada banyak manfaat yang diterima seseorang saat memiliki SLF salah satunya penerbitan izin legal pemanfaatan tempat usaha bagi pemilik perkantoran maupun pabrik. Sementara untuk hunian tempat tinggal, pengajuan SLF membantu memberikan penilaian lengkap akan kualitas dan fungsi struktural bangunan.

  1. Klasifikasi SLF

Pengajuan SLF diklasifikasi dalam beberapa jenis. Mulai dari kelas A, B, C dan D. Masing-masing kelas diikat dengan ketentuan tertentu. Misalnya kelas A yang hanya diperuntukkan untuk gedung pencakar langit yang jumlah lantai gedungnya lebih dari delapan.

  1. Syarat dan Prosedur Pelaksanaan SLF

Persyaratan pembuatan SLF cukup rumit dan kompleks. Dibutuhkan waktu yang lama agar Anda bisa mengumpulkan seluruh lampiran persyaratan termasuk foto gedung bangunan maupun berita acara konstruksi.

Lantas, bagaimana dengan prosedur pelaksanaannya? Pembuatan SLF pada dasarnya memiliki mekanisme pengurusan SLF yang sangat sistematis. Pertama dengan pengajuan SLF pada loket PTSP yang disambung dengan penilaian berkas dan gedung. Terakhir adalah penyerahan berkas-berkas SLF pada pemohon oleh staf loket PTSP.

Apa yang diterima setelah penerbitan SLF?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengenai berkas sertifikat SLF bangunan. Apa saja yang didapatkan setelah melalui proses yang panjang?

1. Dokumen SLF

Dokumen yang didapatkan setelah menyelenggarakan seluruh prosedur pembuatan SLF di antaranya adalah dokumen SLF. Dokumen utama yang menerangkan jika gedung bangunan Anda memenuhi syarat teknis dan administrasi SLF.

2. Label SLF

Selain menerima dokumennya, pemohon SLF juga akan mendapatkan label SLF.

3. Lampiran Dokumen SLF

Dan yang terakhir adalah berkas lampiran dokumen SLF. Yang diberikan bersamaan dengan label dan dokumen utama.

Jika Anda berhasil menerbitkan SLF pertama atau memperpanjang SLF lama. Pastikan Anda mendapatkan 3 berkas di atas. Ketiganya merupakan paket lengkap SLF yang membuat sertifikat Anda tampak legal secara hukum.

Ternyata banyak hal menarik yang bisa dibicarakan tentang SLF. Meskipun tidak semua orang membutuhkan SLF, tapi kepemilikan dokumen sertifikat ini mutlak dibutuhkan. Terutama Anda sedang dalam persiapan pembangunan gedung bangunan. Pembuatan sertifikat SLF menyusul usai konstruksi bangunan diselesaikan dengan baik.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321