+621 72734224 info@konsultanku.com
Sertifikat Laik Fungsi

Sertifikat Laik Fungsi

3 Ketentuan Dasar Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

Istilah sertifikat laik fungsi (SLF) sering kali digunakan untuk mengidentifikasi gedung bangunan di Indonesia. Gedung bangunan yang lulus uji administrasi dan uji lapangan dinyatakan sebagai gedung laik fungsi. Sementara gedung yang tidak lulus salah satu atau keduanya, tidak mendapatkan predikat laik fungsi.

3 Ketentuan dasar sertifikat laik fungsi

Ketika bicara mengenai SLF, ada banyak sekali bahan pembicaraan yang bisa didiskusikan termasuk ketentuan. Berikut ini ketentuan dasar SLF yang wajib Anda ketahui:

  1. SLF wajib diurus sebelum bangunan dimanfaatkan

Kebalikan dari Izin Mendirikan Bangunan, SLF hanya bisa diurus ketika gedung bangunan Anda telah selesai dikonstruksi tanpa terkecuali. Baik bagian depan, samping, belakang maupun atasnya.

Bukti gedung bangunan telah selesai dikonstruksi tidak hanya dari foto-foto yang Anda lampirkan. Tapi juga dari berita acara yang dibuat dengan benar. Jika dalam proses pengurusan SLF ditemukan kejanggalan, risikonya uji lapangan gedung bangunan akan ditolak alias gagal.

  1. SLF wajib diperpanjang beberapa hari sebelum kadaluwarsa

Beberapa sertifikat memiliki batas waktu tidak terkecuali SLF. Setelah berhasil menerima SLF baru Anda jangan terlalu senang terlebih dahulu, karena masih ada tahapan perpanjangan yang harus dilakukan. Proses perpanjangan tidak boleh dilakukan setelah SLF kadaluwarsa, wajib dilaksanakan beberapa hari sebelumnya.

Jika sertifikat laik fungsi gedung tidak diperpanjang, gedung Anda yang awalnya bisa dimanfaatkan berubah menjadi tak laik fungsi. Bila dibiarkan terus menerus, Anda akan mendapatkan sanksi administrasi secara bertahap. Mulai dari surat peringatan yang dilanjutkan dengan sanksi-sanksi.

  1. SLF berlaku 5 tahun dan 10 tahun

Penerbitan SLF untuk gedung non tempat tinggal dan tempat tinggal memiliki masa aktif yang berbeda. Jika gedung bangunan Anda masuk kelas C dan D (tempat tinggal) maka SLF berlaku selama 10 tahun. Sebaliknya jika gedung Anda non tempat tinggal, masa berlaku SLF yang diberikan pemerintah selama 5 tahun lamanya.

Semakin banyak gedung atau properti pribadi yang Anda miliki. Semakin sulit Anda mengurus SLF seorang diri, minta bantuan dari jasa pengurusan SLF untuk mempermudahnya.

Prosedur pengurusan SLF

  1. Pendaftaran dan penyerahan berkas persyaratan

Sebelum masuk ke langkah pertama ini, silakan cek kembali berkas persyaratan. Apakah sudah lengkap semuanya? Atau masih ada satu berkas yang belum terpenuhi? Anda harus memastikannya dengan seksama, jangan sampai ada berkas yang ketinggalan saat Anda sudah sampai di lokasi.

Jika berkas sudah lengkap, datangi lembaga terkait untuk mendaftarkan gedung bangunan Anda. Serahkan berkas persyaratan yang telah Anda kumpulkan pada petugas.

  1. Cek berkas administrasi

Saat berkas diterima oleh petugas, akan dilakukan pengecekan. Bila berkas yang masuk sudah lengkap semua, petugas akan menyerahkannya pada PTSP Kota administrasi untuk proses berikutnya.

  1. Pemenuhan persyaratan teknis

Langkah selanjutnya pengurusan sertifikat laik fungsi bangunan adalah pemenuhan persyaratan teknis. PTSP akan membuat berita acara pemeriksaan lapangan dan mengirimkan konsultan SLF untuk menilai kelaikan fungsi bangunan Anda.

  1. SLF diproses staf berwenang

Jika bangunan Anda lulus tahapan teknis di lapangan, petugas PTSP akan merekomendasikan berkas Anda pada kepala PTSP sehingga SLF bisa segera diterbitkan.

  1. SLF diterbitkan dan diserahkan pada konsultan SLF

Dan terakhir adalah penerbitan SLF serta penyerahan berkas sertifikat pada jasa konsultan SLF. Anda yang sudah dihubungi bisa segera mengambil sertifikat di loket PTSP.

Itulah tahapan demi tahapan pengurusan SLF, sekilas mungkin terlihat mudah tapi pada praktiknya dibutuhkan kesabaran tinggi. Mengapa? Karena pemenuhan syarat administrasi cukup rumit dan banyak.

Anda harus mengunjungi satu per satu kantor atau lembaga untuk memenuhinya. Bila dipikirkan secara matang, jauh lebih bijaksana jika Anda menggunakan jasa sertifikat laik fungsi.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321