+621 72734224 info@konsultanku.com
Sertifikat Laik Fungsi Bangunan

Sertifikat Laik Fungsi Bangunan

Mekanisme Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan

Menerbitkan sertifikat laik fungsi bangunan selama ini menjadi kegiatan yang paling sering dihindari oleh pemilik gedung. Selain mengurasi tenaga, pengurusan SLF juga menghabiskan banyak waktu dan uang. Terutama jika Anda tidak andal dalam bidang ini atau salah memilih jasa pengurusan SLF.

Mekanisme penerbitan Sertifikat Laik Fungsi bangunan

Sulitnya mengurus SLF membuat banyak pihak menyerah untuk melakukan pengurusan seorang diri. Tapi tidak sedikit pula yang tetap berusaha melengkapi persyaratan pengurusan SLF dan mengajukan berkas pendaftarannya. Selengkapnya mengenai mekanisme penerbitan SLF simak berikut:

  • Pengajuan SLF

Sebelum menerbitkan SLF, berkas pengajuan harus diinput terlebih dahulu agar dikelola data-datanya oleh staf administrasi. Namun sebelum masuk ke tahapan ini, Anda sudah harus menggunakan jasa profesional untuk menilai layak tidaknya fungsi gedung bangunan.

Proses penilaian ini umumnya dilakukan oleh jasa konsultan SLF. Jika gedung dinyatakan laik fungsi, persiapan berkas persyaratan SLF bisa segera diajukan. Namun, bila gedung bangunan membutuhkan renovasi, maka Anda wajib mematuhi dan melakukan prosedur perbaikan.

  • Tahapan Penerbitan SLF

Setelah persyaratan sertifikat laik fungsi bangunan gedung diterima oleh lembaga, staf administratif akan mulai melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan berkas dokumen juga bagian teknis. Untuk melihat dari dekat kualitas dan laik fungsi suatu gedung bangunan.

Jika semua persyaratannya lengkap, tidak ada berkas yang harus dikembalikan untuk diperbaiki. Atau tidak ada komponen gedung yang memerlukan renovasi, tahapan penerbitan SLF bisa segera dilakukan.

Proses penerbitan SLF membutuhkan waktu yang cukup lama namun sepadan dengan fungsi sertifikat yang diperoleh. SLF bisa diambil oleh ahli kuasa (konsultan sertifikat) atau diambil sendiri tanpa perwakilan.

3 Persyaratan pembuatan SLF

Jenis-jenis syarat pembuatan SLF sangat banyak dan berbobot. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk mundur setelah membaca seluruh persyaratannya. Berikut ini 3 syarat utama yang wajib dipenuhi untuk mengajukan pembuatan SLF:

  • Gambar teknis gedung

SLF merupakan sertifikat yang ditujukan untuk suatu gedung bangunan. Tidak mengherankan jika gambar teknis gedung termasuk pada salah satu berkas persyaratan wajib yang harus dilampirkan.

  • Lampiran pendukung yang menyatakan gedung laik fungsi

Selain melampirkan gambar teknis gedung bangunan. Pemohon SLF juga harus menyertai berkas lampiran pendukung. Bekas yang menyatakan jika gedung bangunan laik fungsi.

Meski sifatnya hanya sebagai lampiran pendukung, tanpa penyerahan lampiran-lampiran tersebut. Suatu gedung bangunan tidak bisa diluluskan oleh konsultan sertifikat laik fungsi bangunan sebagai gedung laik pakai.

  • Pernyataan mengenai konstruksi bangunan oleh pengawas/ pengkaji teknis

Dan yang paling penting adalah berkas pernyataan mengenai konstruksi bangunan yang dibuat oleh manajemen konstruksi. Sementara untuk gedung yang ada dan sudah dibangun, surat pernyataan yang sama harus dibuat dan disampaikan oleh Pengkaji Teknis.

Selain ketiga persyaratan tersebut, masih ada persyaratan-persyaratan teknis yang harus Anda penuhi supaya pengajuan SLF diterima. Saat pengajuan syarat teknis ditolak karena laik fungsi gedung bangunan belum sempurna, seperti tidak memenuhi aspek kemudahan atau kesehatan.

Maka, penerbitan SLF akan ditangguhkan kembali hingga persyaratan teknis terpenuhi dengan sempurna. Gedung bangunan Anda tidak bisa dioperasikan sebagai mestinya hingga SLF berhasil diterbitkan.

Itulah syarat-syarat yang sering ditanyakan ketika seseorang bermaksud membuat SLF. Meskipun hanya berupa kertas, SLF memiliki peran dan fungsi penting guna kelancaran bisnis Anda. Tanpa SLF, hotel atau apartemen tidak bisa menjalankan fungsi gedungnya dengan maksimal.

Gedung akan menerima surat peringatan dari pemerintah bahkan berpeluang besar menerima surat pernyataan pembongkaran. Apabila SLF yang harusnya diurus pasca konstruksi, disepelekan begitu saja. Untuk pengalaman urus sertifikat laik fungsi bangunan terbaik, pilih layanan yang terbukti berpengalaman.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321