Persyaratan Izin Usaha Industri

Persyaratan Izin Usaha Industri

Daftar Persyaratan Izin Usaha Industri yang Wajib Dipenuhi

Kecil atau besar menjalankan industri tetap harus memenuhi persyaratan Izin Usaha Industri. Jika perusahaan tidak membuat IUI, citranya di masyarakat akan dipandang negatif karena termasuk bisnis ilegal. Bisnis pun tidak bisa berkembang dengan baik mengingat perusahaan tidak bisa menunjukkan kelebihan diri sebagai bagian bisnis legal.

Pentingnya mengurus IUI

Sebelum menerima berbagai keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Sebuah badan usaha atau perusahaan harus memenuhi kewajibannya terlebih dahulu. Salah satu bentuk kewajiban adalah kepemilikan IUI. Selain digunakan sebagai izin usaha, kepemilikan IUI juga menjadi izin gudang.

Izin gudang umumnya diserahkan pada perusahaan yang mengembangkan industri di bidang penyimpanan atau gudang. Lantas, industri apa saja yang diwajibkan mengurus IUI? Industri yang memiliki nilai investasi tinggi hingga ratusan juta wajib mengurus IUI.

Kriteria lain checklist persyaratan Izin Usaha Industri adalah lokasi perusahaan yang berada di area industri  tandanya, perusahaan tersebut sudah memenuhi kriteria pembangunan kawasan industri. Sekaligus membantu pemerintah dalam memetakan lokasi industri, kawasan tempat tinggal maupun pemerintahan.

Namun, persyaratan lokasi ini masih bisa ditinjau kembali jika perusahaan yang Anda miliki memenuhi syarat finansial. Akan tetapi, tidak mampu berdiri di lokasi industri karena material utama yang digunakan perusahaan berada di kawasan non industri.

Sehingga untuk menghemat transportasi diputuskan untuk membuka kantor atau pabrik di kawasan tersebut. Dan tidak bisa memindahkannya untuk beberapa alasan.

Persyaratan izin usaha industri terlengkap

Melihat pentingnya memiliki IUI, sebuah badan usaha wajib mengurus suratnya dengan segera. Berikut ini berkas-berkas persyaratan wajib yang harus dipenuhi:

  • KTP

Mengurus IUI bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan di luar perusahaan. Syarat KTP yang harus diserahkan adalah KTP pemilik badan usaha atau penanggung jawab yang diberikan beban tugas pengurusan IUI.

  • Akta Tanah

Salinan akta tanah plus akta kepemilikan bangunan juga harus disertakan.

  • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen yang Diberikan

Pembuatan IUI juga mensyaratkan surat pernyataan jika dokumen yang Anda lampirkan adalah dokumen sah. Disertai dengan surat ketersediaan melaksanakan survei untuk penilaian teknis di lapangan.

  • Akta Pendirian Perusahaan

Selain mempersiapkan akta tanah, pemohon IUI juga wajib menyerahkan salinan akta pendirian perusahaan.

  • NPWP

Sebagai badan usaha sudah menjadi kewajiban melaporkan salinan NPWP.

  • Ijin Lingkungan Atau Dokumen Lingkungan Lainnya

Ada beberapa izin lingkungan yang harus dipersiapkan di antaranya adalah IL, UKL-UPL/AMDAL atau SPPL.

  • IMB

Dari sekian banyak daftar persyaratan Izin Usaha Industri, Anda wajib menyertakan IMB di dalamnya. Ini menjadi bukti kuat jika perusahaan yang Anda bangun berada di lahan yang tepat bukan bersengketa.

  • Salinan Sertifikat Dari Kemenkumham

Tidak hanya disibukkan dengan mengurus berkas di atas, Anda juga harus mengurus beberapa berkas dari instansi pemerintahan salah satunya Kemenkumham.

  • Mengantongi BPOM

Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik, makanan termasuk obat-obatan. Sudah harus mendaftarkan semua produk mereka ke BPOM.

  • Mengantongi Izin PIRT dan SNI

Selain BPOM, perusahaan juga diwajibkan untuk menyertai berkas-berkas penting lainnya termasuk PIRT atau SNI.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika ingin mengurus IUI. Masing-masing berkas persyaratan bisa dipenuhi dengan mengunjungi instansi atau lembaga terkait. Agar penerbitan IUI bertepatan dengan jalannya bisnis Anda, usahakan mengurus persyaratannya sejak lama.

Bila tidak bisa menyelesaikan pengurusan IUI secara mandiri. Masih banyak jasa yang menyediakan layanan terbaik pembuatan IUI tercepat. Mereka terdiri dari tenaga ahli dan profesional di bidangnya. Yang bersedia membantu perusahaan untuk memenuhi seluruh persyaratan Izin Usaha Industri hingga sertifikatnya diterbitkan.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321