+621 72734224 info@konsultanku.com
Perizinan Industri

Perizinan Industri

3 Industri yang Wajib Urus Perizinan Industri

Perizinan industri di tanah air mungkin tidak mudah tapi bukan berarti mustahil untuk dipenuhi. Dengan memahami teknik pengurusan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, Anda bisa membuat IUI dengan cepat dan mudah. Tidak perlu lagi membaca banyak jurnal atau bahkan menggunakan jasa profesional.

3 Industri ini wajib urus perizinan industri

Sebelum mengenal bagaimana cara mengurus IUI beserta persyaratan-persyaratannya. Perusahaan wajib memahami terlebih dahulu, industri apa saja yang diwajibkan membuat IUI:

  1. Industri Kecil

Merupakan perusahaan atau badan usaha yang membangun bisnis mereka dengan total anggota atau karyawan sebanyak 19 orang. Nilai investasi yang dimiliki industri kecil harus mencapai Rp 1 miliar. Nilai ini tidak termasuk investasi properti tempat usaha maupun lahan.

  1. Industri Menengah

Ada dua ketentuan yang harus dipenuhi bagi sebuah perusahaan untuk disebut sebagai industri menengah. Apa saja persyaratan tersebut?

  • Nilai Investasi

Industri menengah memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan atau nilai investasi minimal Rp 1 miliar dan paling tinggi mencapai Rp 15 miliar.

  • Jumlah Karyawan

Industri menengah diwajibkan mengurus perizinan industri karena mempekerjakan karyawan mulai dari 19 orang.

  1. Industri Besar

Disebut sebagai industri besar karena baik jumlah karyawan maupun nilai investasi yang masuk sangat tinggi. Nilai investasinya harus lebih besar dari industri menengah di atas Rp 15 miliar. Dan jumlah karyawan pun paling sedikit 20 pegawai.

Syarat perizinan bidang industri

Di atas telah disebutkan apa saja jenis industri yang dikenal di tanah air termasuk jumlah karyawan dan nilai investasinya. Setelah mengetahui klasifikasi di atas, termasuk industri apa perusahaan Anda?

Setelah mengetahui jenis perusahaannya lanjutkan dengan melakukan pengurusan IUI. Penuhi seluruh persyaratan administratif berikut ini:

  • NPWP/KTP

Persyaratan paling umum yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk mengajukan IUI tidak lain adalah identitas pribadi seperti KTP juga NPWP. Kedu persyaratan di atas umumnya sudah terpenuhi dan hanya perlu dilampirkan bersamaan dengan syarat-syarat lainnya.

  • Pas Foto

Jangan lupa untuk menambahkan pas foto 3×4 cm pada berkas persyaratan yang telah Anda susun sebelumnya. Masukkan pas foto sebanyak 2 lembar sesuai dengan permintaan.

  • Akta Pendirian Perusahaan

Perusahaan yang bergerak secara legal tentunya memiliki akta pendirian perusahaan yang diberikan sah oleh pemerintah. Bawa serta akta tersebut sebagai bukti lainnya.

  • Akta tanah/Gedung

Selain membawa akta tanah, syarat perizinan industri lainnya yang harus dipenuhi adalah akta gedung dan tanah. Akta ini menunjukkan siapa pemilik sebenarnya lahan dan gedung industri yang didaftarkan IUI-nya.

  • Penetapan Nama Dewan Komisaris/Direksi

Khusus bagi perusahaan atau badan usaha yang berbadan hukum wajib menetapkan persyaratan ini di dalam berkas-berkas persyaratan lainnya. Sebelum perusahaan Anda memiliki nama-nama direksi maupun dewan komisaris, baiknya pikiran kembali pembuatan IUI.

  • Salinan UKL/UPL dan SPPL

Dan persyaratan terakhir yang tidak kalah penting dan wajib disertai adalah surat salinan UKL/UPL dan SPPL.

Tata cara membuat berkas IUI mungkin masih sangat baru di telinga Anda. Tapi berdasarkan pada pengalaman, memiliki surat perizinan yang jelas akan memberikan lebih banyak keuntungan untuk perusahaan di masa depan. Setidaknya, perusahaan tidak harus berhenti menciptakan sesuatu karena telah mengantongi IUI.

Informasi menarik lainnya seputar IUI, bisa Anda tanyakan pada saat melaksanakan sesi konsultasi dengan konsultan IUI yang Anda tunjuk Konsultan IUI, tentunya memiliki referensi yang lebih banyak karena mereka bekerja ahli di bidang ini. Tanyakan berbagai kesulitan Anda saat mengurus perizinan industri, agar semua bisa diatasi lebih cepat

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321