Pengurusan SLF

Pengurusan SLF

Peran dan Fungsi Penting Layanan Pengurusan SLF

Setelah menyelesaikan konstruksi gedung bangunan, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melengkapi berkas pengurusan SLF. SLF merupakan satu dari sekian banyak sertifikat penting yang harus dimiliki oleh pemilik gedung. Baik itu gedung komersial maupun tempat tinggal pribadi. Tanpa SLF, gedung bangunan tidak bisa disebut laik huni.

Inilah peran dan fungsi penting layanan pengurusan SLF

Masalahnya mengurus SLF membutuhkan perhatian dan fokus yang tinggi. Prosesnya tidak bisa berakhir dalam satu hari. Banyak berkas administrasi yang harus dikumpulkan dan diserahkan sebagai lampiran persyaratan. Berikut ini fungsi dan peranan yang dimiliki oleh jasa pembuatan SLF:

  1. Membantu mengurus SLF baru

Sebagai konsultan SLF, layanan yang mereka berikan sangat banyak dan beragam. Salah satu layanan paling populer adalah pengurusan baru penerbitan SLF. Ini dibutuhkan jika gedung bangunan yang Anda miliki baru selesai dikonstruksi.

Seluruh proses pengurusan sejak awal hingga akhir akan dilaksanakan dan monitoring secara langsung oleh konsultan SLF. Anda tidak perlu ragu atau khawatir, pembuatan SLF tidak lolos uji dokumen atau survei lapangan.

  1. Mempercepat perpanjangan SLF

Tidak hanya menawarkan layanan pembuatan SLF baru, jasa konsultan juga menerima perpanjangan SLF. Biaya pengurusan SLF baru dengan perpanjangan sedikit berbeda. Untuk informasi lebih jelas mengenai tarif harga, Anda bisa menanyakannya sendiri setelah menemukan layanan SLF terpercaya dan berkualitas.

  1. Memeriksa kelaikan gedung bangunan setelah bencana/ kerusakan

Gedung bangunan berdiri di atas tanah, bukan melayang di udara. Ketika terjadi tsunami, gempa bumi atau tanah longsor, gedung bangunan berpotensi tinggi mengalami kerusakan sementara atau permanen.

Tugas SLF adalah memeriksa kelaikan gedung pasca rusak akibat bencana alam. Memastikan hingga gedung bangunan rusak, kembali berfungsi seperti sebelumnya. Supaya pemanfaatan gedung tidak memakan korban jiwa akibat gedung yang tak laik huni.

  1. Checking gedung bangunan rutin

Salah satu layanan yang juga ditawarkan oleh konsultan SLF adalah checking gedung secara teratur. Kegiatan ini tidak hanya membantu gedung bangunan Anda tetap terjaga kualitasnya tapi turut memenuhi aspek teknis keamanan, keselamatan, kenyamanan, kemudahan maupun kesehatan.

Ketika ada sayap gedung yang membutuhkan renovasi akibat kerusakan. Konsultan SLF bisa langsung mengkonfirmasikannya pada Anda. Selaku pemilik gedung bangunan, Anda bisa melakukan renovasi di bagian yang membutuhkan.

Jenis-jenis persyaratan administrasi pembuatan SLF

Setelah memahami peran dan fungsi jasa pengurusan SLF. Pahami pula apa saja syarat administrasi yang harus Anda penuhi berikut ini:

  • Salinan KTP

Berkas utama yang harus Anda siapkan adalah kartu identitas pribadi. Cukup serahkan salinan KTP, pastikan fotokopi yang dilampirkan tercetak dengan jelas.

  • Surat Kuasa Beserta Lampiran Fotokopi KTP Pemberi Kuasa

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan SLF, buatlah surat kuasa penyerahan tanggung jawab dari Anda pada layanan tersebut. Jangan lupa menyertai salinan KTP Anda sebagai pemberi kuasa.

  • Fotokopi IMB

Setelah itu, lampirkan pula salinan IMB. Termasuk perubahannya jika ada.

  • Salinan Bukti Status Hak Tanah

Berkas yang juga harus diserahkan adalah salinan bukti status hak tanah. Sebagai bukti sah jika gedung bangunan yang Anda miliki berada di atas tanah Anda. Bukan lahan sengketa milik orang lain.

  • Laporan Selesai Konstruksi/Renovasi

Dan berkas terakhir adalah laporan selesai konstruksi atau renovasi. Jangan lupakan pula berita acaranya.

Itulah berkas yang harus dikumpulkan jika Anda tertarik mengurus SLF. Tanpa memenuhi seluruh persyaratan dokumennya, pembuatan SLF tidak bisa diselesaikan tepat waktu.

Usai mengumpulkan seluruh berkas tersebut, Anda bisa memprosesnya langsung pada jasa SLF. Layanan pengurusan SLF akan melanjutkan proses klaim SLF ke pemerintah hingga SLF gedung Anda diterbitkan.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321