Konsultan SLF Profesional

Menghubungi konsultan SLF Profesional (Sertifikat Laik Fungsi) untuk memproses pembuatan SLF sudah biasa di kota-kota besar. Tidak seperti mencetak rekening tabungan yang selesai satu hari. Membuat SLF memakan waktu yang sangat lama maksimal 14 hari kerja. Pengetahuan masyarakat awam mengenai SLF juga masih sangat terbatas.

Pengertian SLF dan penggolongan bangunan

Sebuah bangunan mungkin tampak kokoh dan stabil dilihat dari kacamata masyarakat awam. Tapi benarkah bangunan tersebut benar-benar laik fungsi? Mengetahui laik tidaknya fungsi bangunan, dibutuhkan SLF. Sertifikat ini di keluarkan DPMPTSP dengan standar prosedur dan penilaian tertentu.

Barang siapa pengusaha atau perusahaan yang memiliki gedung tapi tidak mengantongi SLF. Maka gedung miliknya diragukan kualitasnya. Dan barang siapa pengusaha yang mengajukan SLF namun tidak memenuhi persyaratan pendaftaran. Berkas pendaftaran akan dikembalikan untuk dilengkapi kembali.

Menghindari kegagalan pengajuan SLF, beberapa perusahaan memanfaatkan jasa konsultan SLF. Dengan membayar tarif jasa, perusahaan bisa menyerahkan kewajiban pengurusan SLF tanpa terkecuali pada layanan jasa terpilih. Mereka bersikap profesional dan mementingkan kebutuhan klien di atas segalanya.

Berdasarkan peraturan menteri dikatakan jika penyelenggaraan SLF disesuaikan berdasarkan luas dan jenis bangunan. Informasi lengkapnya simak berikut ini:

  • Kelas D

Siapa pun yang membangun rumah untuk kepentingan pribadi dengan luas tidak mencapai 100 meter persegi. Maka bangunan mereka masuk ke kelas D.

  • Kelas C

Masih untuk rumah kepemilikan pribadi bukan jenis komersial. Bedanya, kelas C memiliki luas bangunan sama dengan atau lebih dari 100 meter persegi.

  • Kelas B

Kualifikasi bangunan kelas B jauh lebih tinggi dari kelas C atau kelas D karena bangunan ini ditujukan bukan untuk tempat tinggal. Melainkan untuk gedung atau bangunan yang jumlah lantainya kurang dari delapan.

  • Kelas A

Ditujukan secara khusus untuk tipe bangunan bukan rumah milik pribadi. Entah itu gedung perusahaan, apartemen atau gedung lainnya yang jumlah lantainya lebih banyak dari delapan.

Konsultan SLF Profesional : masa berlaku dokumen

Proses pembuatan SLF mungkin tidak sebentar tapi masa berlaku dokumennya cukup lama. Itu tandanya, Anda tidak perlu melakukan pengurusan SLF dalam waktu dekat. Lantas, berapa lama SLF berlaku?

Dilihat berdasarkan kategori di atas, Anda akan menemukan dua jenis sertifikat. Pertama SLF untuk rumah dan kedua adalah SLF kelas A dan kelas B khusus gedung umum. Masa berlaku SLF rumah mencapai 10 tahun, sementara gedung umum SLF-nya masuk masa kadaluwarsa setelah 5 tahun dari tanggal penerbitan.

Siapa yang bertanggung jawab memeriksa kualitas laik bangunan?

  • Manajemen Konstruksi

Gedung yang baru dibangun harus memenuhi berbagai berkas pembangunan salah satunya SLF. Pihak yang bertanggung jawab mengurus SLF untuk diserahkan ke DPMPTSP adalah konsultan SLF Profesional terpercaya. Sementara, pihak yang melakukan pemeriksaan adalah jasa pengawas.

Mereka akan melakukan pengkajian dan penilaian terhadap suatu bangunan baru. Objek penilaiannya cukup mendetail termasuk memastikan gedung dibuat sesuai standar pembangunan. Jika pada saat pemeriksaan ditemukan berbagai tanda tidak laik, surat keputusan penerbitan SLF bisa dibatalkan.

  • Pengkaji Teknis

Berbeda dari manajemen konstruksi yang berwenang untuk memeriksa kelaikan gedung baru. Maka pengkaji teknis lebih sering memberikan penilaian objektif pada gedung yang ada.

Setelah gedung selesai dibangun bukan berarti tugas Anda sebagai pemilik gedung sudah usai. Banyak berkas-berkas yang harus diurus supaya bangunan bisa ditempati dengan nyaman baik oleh Anda sendiri maupun orang lain.

Khusus untuk pengurusan SLF, serahkan sepenuhnya di bawah tanggung jawab konsultan SLF Profesional. Proses pengurusan SLF akan berjalan cepat dan lancar, dijamin tidak mencapai 14 hari Anda sudah mengantongi sertifikatnya.

Baca Juga : Macam-macam persyaratan kenyamanan bangunan gedung

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321