+621 72734224 info@konsultanku.com

Konsultan SLF Bogor

Konsultan SLF Bogor bekerja berdasarkan standar SOP. Akan sulit bagi mereka untuk menyelesaikan tugasnya apabila bangunan gedung belum melengkapi persyaratan keselamatan. Apa itu persyaratan keselamatan dan pengaruhnya pada bangunan? Simak penjelasannya berikut.

Jenis persyaratan keselamatan bangunan gedung oleh Konsultan SLF Bogor

  1. Ketahanan Struktur Bangunan

Gempa bumi termasuk bencana alam yang paling sering menghantui negara kita. Banyak kota yang sudah terdampak gempa bumi bahkan harus melakukan infrastruktur ulang untuk memenuhi standar fungsinya.

Selain gempa bumi, bencana lain yang sering mempengaruhi ketahanan struktur bangunan adalah longsor dan gunung meletus. Agar bangunan mampu menghindari kerusakan akibat bencana alam dibutuhkan struktur bangunan yang maksimal.

Tidak hanya tampak kokoh dari luar, bangunan juga harus stabil dan kuat di dalam. Penting bagi pemilik gedung memilih lokasi pembangunan yang baik dan benar. Di mana lahannya kuat dengan tekstur lahan yang keras.

  1. Memiliki Penangkal Petir

Meskipun memiliki musim panas yang panjang, Indonesia juga langganan hujan. Karakteristik hujan yang terjadi di tanah air sangat beragam, ada hujan gerimis atau hujan petir. Agar seluruh penghuni dan barang di dalam gedung bangunan selamat dari petir, usahakan untuk membuat penangkal petir sebelum gedung dihuni.

Sistem penangkal petir menggunakan teknologi canggih yang dipasang demi menurunkan risiko sambaran petir. Konsultan SLF Bogor terpercaya menyarankan agar pemilik gedung memasang dua penangkal petir yakni penangkal petir eksternal dan internal. Keduanya sama-sama efektif mencegah sambaran petir yang bisa mempengaruhi keselamatan dalam gedung.

  1. Dilengkapi Pendeteksi Bahan Peledak

Anda mungkin tidak familier dengan pendeteksi bahan peledak karena instalasi ini tidak dilakukan secara umum terutama di rumah tempat  tinggal. Mayoritas bangunan yang menginstal pendeteksi bahan peledak merupakan bangunan komersial.

Terutama bangunan yang pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan bahan peledak. Untuk menghindari kerusakan yang sama, instalasi bahan peledak harus dilakukan usai bangunan selesai dikonstruksi.

  1. Instalasi Listrik

Jasa konsultan SLF Bogor tidak bisa menjamin klaim pembuatan SLF berjalan lancar apabila instalasi listrik tidak memenuhi standar keselamatan. Sebagaimana yang diatur oleh peraturan menteri, instalasi listrik harus dijamin akrab lingkungan dan handal.

5. Keamanan dari risiko kebakaran

Risiko kebakaran juga harus diperhitungkan sebelum Anda menyelesaikan pembangunan gedung. Terlepas dekat atau tidaknya bangunan Anda dari lingkungan masyarakat.

Karena kebakaran bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Penyebabnya sangat beragam seperti sambaran petir, hubungan arus pendek dan lainnya. Pemasangan sistem proteksi kebakaran akan menjadi solusi terbaik.

Anda bisa memasang pemadam kebakaran sprinkler atau APAR. Pilih salah satu yang menurut Anda paling efektif. Jika keduanya dirasa sama pentingnya, silakan pasang kedua sistem proteksi kebakaran tersebut di setiap sudut gedung.

Sistem kebakaran di rumah tempat tinggal mungkin berbeda dengan gedung komersial. Apa pun sistem proteksi yang digunakan, usahakan agar setiap orang memahami bagaimana cara penggunaannya. Jangan sampai sistem kebakaran yang telah dipasang tidak bisa berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan.

Jasa konsultan SLF Bogor permudah klaim sertifikat kelaikan

Itulah macam-macam syarat keselamatan bangunan yang harus dipenuhi oleh pemilik gedung. Bila salah satu syarat dirasa masih kurang, jangan membiarkannya begitu saja. Segera perbaiki agar semuanya terlihat ideal dan sesuai standar.

Setelah semua syarat keselamatan bangunan lengkap, hubungi konsultan SLF Bogor untuk mengurus pembuatan sertifikatnya. Niscaya SLF akan langsung terbit karena tidak ada klaim kesalahan yang diajukan.

Baca Juga : Jasa pengurusan IMB di Indonesia

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321