Konsultan PBG

Konsultan PBG

 

 

Jasa Konsultan PBG

 

Konsultan PBG merupakan jasa layanan untuk membantu Anda dalam mengurus dokumen dalam waktu yang lebih cepat bandingkan jika mengurus sendiri. Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan PBG.

 

PBG sendiri merupakan perizinan resmi menggantikan IMB sebelumnya mengesahkan sejak tahun 2021 lalu. Walaupun sama-sama untuk mendapatkan izin mendirikan bangunan dan kegiatan lainnya seperti merawat, mengubah, dan lain sebagainya.

 

Terdapat beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui sebelum mengurusnya bersama konsultan PBG. Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaan antara IMB dan juga Perjanjian Gedung Bangunan.

 

IMB Telah Berganti Resmi dengan PBG, Ini Penjelasannya

 

Sebelum mendirikan sebuah bangunan, yang harus mengurus oleh Anda pada tahap awal adalah memperoleh izin. Hal ini merupakan urusan yang sangat krusial dan wajib untuk terpenuhi untuk bisa mendirikan bangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Izin tersebut biasanya menyebut IMB atau izin mendirikan bangunan yang biasanya mengeluarkan oleh kepala daerah sesuai dengan domisili bangunannya. Perizinan tersebut tidak hanya menggunakan untuk mendirikan saja tetapi juga berlaku untuk seluruh kegiatan lainnya.

 

Seperti mengubah, memperluas bangunannya, menguranginya, sampai merawatnya dengan baik. Tetapi pada tahun 2021 Presiden mengeluarkan regulasi terbaru terkait dengan perizinan tersebut.

 

Tertuang pada Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2022 mengenai peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 28 tahun 2002 mengenai bangunan. Pada peraturan tersebut menyebutkan bahwa IMB akan menggantikan menjadi Perjanjian Bangunan Gedung (PBG).

 

PBG ini memiliki fungsi yang sama dengan perizinan sebelumnya, memiliki maksud untuk pemberian perizinan pada pemilik bangunan gedung untuk membangun gedung baru, mengubah atau merenovasinya, memperluas, hingga mengurangi dan juga merawatnya.

 

Semua kegiatan tersebut harus sesuai dengan standar teknis bangunan gedung. Selain itu berikut ini perbedaan lainnya yang harus mengetahui.

 

  1. Permohonan Izin

 

Untuk IMB permohonan izin melakukan oleh pemilik bangunannya dan langsung memintanya ke pemerintah daerah. Sedangkan PBG permohonan izin terlebih dahulu tidak perlu melakukan, cukup dengan wajib lapor mengenai fungsi bangunan dan kesesuaian dengan tata ruang.

 

  1. Fungsi bangunan

 

Pada IMB pemiliknya wajib untuk menyampaikan mengenai fungsi bangunan, sedangkan pada PBG terdapat pilihan fungsi campuran. Opsi tersebut bisa memilih dengan syarat tidak membawa dampak negatif pada lingkungan sekitar.

 

  1. Sanksi Administratif

 

Perbedaan terakhir dari keduanya adalah pada IMB tidak sanksi administratif jika terjadi perubahan fungsi bangunan. Sedangkan pada PBG akan ada sanksi administratif untuk pemilik gedung/bangunan jika tidak langsung melaporkan perubahan fungsi bangunan.

 

Konsultan PBG merupakan seseorang yang akan membantu seorang pemilik gedung/bangunan untuk mengurus semua persyaratan hingga pengurusan untuk mendapatkan Perjanjian Bangunan Gedung.

 

Jasa ini bisa menggunakan oleh Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus perizinan dan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif karena bisa menyerahkannya kepada ahlinya.

 

Kelebihan dari Menggunakan Jasa Konsultan PBG untuk Membuat Perizinan

 

IMB telah resmi mengganti menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) merupakan perizinan yang mengeluarkan oleh pemerintah untuk pemilik gedung bangunan atua perwakilannya. Izin ini diberikan untuk kegiatan seperti pembangunan, merenovasi dan juga merawat.

 

Untuk mengurusnya biasanya seseorang akan menggunakan konsultan, konsultan ini akan bekerja untuk membantu pemilik gedungnya untuk mendapatkan perizinan PBG. Selain itu ada beberapa kelebihan lainnya menggunakan bantuan seorang ahli.

 

  1. Dapat menghemat waktu dan juga tenaga karena pemilik bisa sambil mengerjakan hal lainnya.
  2. Mengurus seluruh dokumen yang memerlukan untuk PBG jadi lebih mudah
  3. Dapat mendapatkan konsultasi langsung dari ahlinya
  4. Saat mendapatkan kendala akan membantu oleh konsultannya secara langsung untuk mengatasinya

 

Pengurusan perizinan ini sangat penting untuk menghindari berbagai kendala seperti sanksi administrasi dan sanksi lainnya yang akan mendapatkan oleh seorang pemilik yang abai dengan perizinan. Konsultan PBG bisa menjadi solusi ketika Anda masih asing dengan syarat dan alur pengajuannya.

 

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321