+621 72734224 info@konsultanku.com

Kajian SLF Karawang

Berdasarkan pendapat kajian SLF Karawang, memiliki IMB bukan berarti gedung bangunan Anda teridentifikasi sebagai bangunan yang legal. Mengapa? Selain sertifikat IMB, Anda juga wajib memegang SLF (Sertifikat Laik Fungsi). Sertifikat ini dibuat setelah seluruh proses konstruksi berakhir dan gedung bangunan siap dimanfaatkan.

Kajian SLF Karawang: Definisi SLF dan IMB

Masih belum yakin dengan manfaat SLF? Sebelum menyepelekan SLF. Perhatikan definisi dari keduanya berikut:

  • IMB

Merupakan surat izin yang diserahkan Pemkot/Pemda pada pemilik gedung. Sehingga pemilik gedung bisa membangun gedung baru, melakukan renovasi, perluasan, pengurangan bahkan merawat gedungnya. Penerbitan IMB diatur berdasarkan UU dan diawasi prosesnya oleh pemerintah.

  • SLF

Sedangkan SLF merupakan surat sertifikat yang diserahkan setelah konstruksi gedung bangunan jadi. Mengapa? Karena salah satu prosedur penilaian adalah tes lapangan.

Jasa kajian SLF Karawang perlu melihat secara langsung gedung bangunan untuk memberikan penilaian berdasarkan pada empat aspek termasuk aspek kesehatan. Gedung yang tidak memenuhi syarat tertentu, wajib direnovasi kembeli hingga benar-benar memenuhi standar laik fungsi.

Perbedaan antara IMB dan SLF Di Karawang

Selain memiliki perbedaan definisi, IMB dan SLF juga mempunyai sejumlah perbedaan lainnya tidak terkecuali syarat berkasnya.

Berikut ini syarat pemberkasan SLF:

  • As Built Drawings

Salah satu syarat utama pembuatan SLF adalah kelengkapan gambar atau desain arsitektur yang dibuat oleh arsitek. Dari desain yang dibuat, pengkaji teknis SLF bisa melakukan penilaian. Apakah ada desain yang kurang sesuai atau tidak tepat dengan gedung bangunan 3D? atau keduanya sudah memenuhi standar.

  • Surat Pernyataan

Merupakan lampiran surat pernyataan pemeriksaan pada gedung bangunan Anda. Yang menyatakan jika gedung tersebut memiliki kelaikan fungsi bukan hanya berdiri untuk alasan komersil.

  • Beberapa dokumen administrasi lainnya

Dokumen yang diminta cukup banyak salah satunya adalah IMB. IMB yang diserahkan bisa IMB awal atau IMB revisi jika ada perbaikan konstruksi yang dilakukan.

Selain itu, Anda juga wajib menyertai surat hak tanah yang menjelaskan jika bangunan tersebut berada di lahan bukan sengketa. Atau dokumen kepemilikan bangunan jika gedung yang Anda bangun sebelumnya milik orang lain.

  • Daftar simak pemeriksaan laik fungsi bangunan

Dan syarat terakhir yang akan ditanyakan oleh konsultan kajian SLF Karawang adalah daftar simak pemeriksaan laik fungsi gedung bangunan.

Itulah beberapa berkas persyaratan yang dibutuhkan seseorang bila berencana membuat SLF. Tidak hanya menyiapkan berkas umum seperti KTP atau NPWP, tapi Anda juga harus mempersiapkan berkas dokumen lain yang lebih spesifik.

kajian SLF Karawang

Lalu, bagaimana dengan pemberkasan IMB? Apa lebih sulit dari SLF? Berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan IMB jauh lebih ringan, bahkan pengkaji SLF juga mengakuinya.

  • KTP
  • Sertifikat Tanah

Sertifikat ini dibutuhkan untuk menghindari sengketa tanah di masa depan. Dan meyakinkan pemerintah jika bangunan yang akan dibuat berdiri di atas tanah legal bukan sengketa.

  • SPPT-PBB

Merupakan bukti tertulis yang menunjukkan jika Anda taat membayar dan melaporkan PBB.

  • KRK merupakan berkas ketetapan rencana kota yang telah diterbitkan sebelum Anda mengajukan IMB.
  • Gambar Desain Bangunan Baru

Gambar rancangan pembangunan yang dibuat oleh jasa arsitek. Gambar yang dikumpulkan harus termasuk gambar denah, bagian samping, tampak muka atau gambar bagian belakang.

Semua syarat IMB yang telah terpenuh bisa langsung diajukan ke Pemda, Gubernur atau Menteri PU. Tergantung berdasarkan pada jenis dan tujuan pembangunan gedung bangunan.

Dengan menyimak pemaparan ini, niscaya Anda akan lebih memahami apa itu IMB dan SLF. Beserta tugas dan fungsi kajian SLF Karawang yang bertindak sebagai perantara proses pengurusan SLF ke pemerintah.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321