021 21799321 info@konsultanku.com

Kajian SLF Depok

Kenalkah Anda dengan kajian SLF Depok? Mereka yang sering membangun gedung untuk bisnis atau hunian mungkin familier dengan istilah tersebut. Tapi bagaimana dengan masyarakat awam? Kemungkinan besar istilah SLF masih sangat asing di telinga, bukan?

Kajian SLF Depok: Apa yang dimaksud dengan SLF?

SLF merupakan sertifikat laik tidaknya gedung bangunan pasca konstruksi. Umumnya diberikan pemerintah pada bangunan yang memenuhi persyaratan administrasi dan uji lapangan. Gedung bangunan yang mengantongi izin SLF tandanya laik huni dan bisa dimanfaatkan sesuai tujuan utama.

Entah untuk dimanfaatkan sebagai tempat hunian, dibuat menjadi tempat penginapan, mall, restoran dan lainnya. Agar lebih paham dengan SLF, perhatikan beberapa hal menarik di bawah ini:

  1. Masa Berlaku SLF

SLF sama seperti sertifikat atau surat izin lainnya yang punya batas waktu. Masa berlaku SLF dibagi berdasarkan jenis gedung bangunan. Gedung bangunan hunian tunggal sederhana memiliki masa berlaku lebih panjang kurang lebih selama 20 tahun.

Sementara gedung bangunan yang skalanya lebih besar, bukan termasuk hunian rumah tinggal sederhana kurang lebih selama 5 tahun. Jika gedung terbukti SLF-nya sudah habis masa berlakunya, pemilik gedung bangunan dipersilahkan untuk memperpanjang SLF.

  1. Perpanjangan SLF

Proses perpanjangan SLF tentu tidak lebih sulit dari pembuatan SLF, tapi tidak juga bisa dibilang mudah. Gedung bangunan Anda tetap butuh diuji oleh konsultan kajian SLF Depok. Dan jika terbukti kurang laik fungsi, maka gedung harus direnovasi kembali. Hingga pengajuan perpanjangan SLF disetujui. Apa semua gedung bangunan harus diperpanjang?

Faktanya gedung hunian rumah tinggal sederhana mendapatkan hak istimewa. Pemilik gedung bangunan tidak harus melakukan perpanjangan SLF. Dan gedung dengan kualifikasi di luar rumah tinggal sederhana wajib melakukan perpanjangan maksimal 60 hari sebelum SLF hangus masa berlakunya.

Syarat teknis pengurusan SLF

Ada dua syarat yang dibutuhkan untuk mengurus SLF, pertama adalah syarat administrasi dan dilanjutkan dengan syarat teknis. Berikut seluruh persyaratannya:

  • Kesesuaian data aktual dengan data yang tertera pada dokumen

Jasa kajian SLF Depok selalu memperhatikan dan mendalami seluruh berkas yang diberikan oleh klien mereka. Sehingga data yang tertera pada dokumen konstruksi sesuai dengan data terakhir yang diajukan.

Kesalahan data sedikit saja akan mempengaruhi kelulusan pengajuan SLF. Inilah pentingnya memilih konsultan SLF berpengalaman dan profesional.

Jika konsultan memiliki jam terbang yang tinggi, tidak sulit bagi mereka untuk menemukan ketidaksesuaian data pada laporan. Sehingga bisa langsung diperbaiki atau dikaji ulang bersama Anda selaku pemohon.

  • Pengujian di lapangan

Dan syarat teknis terakhir adalah uji lapangan. Uji ini akan menilai apakah gedung bangunan tersebut memenuhi sejumlah aspek. Seperti aspek kenyamanan, aspek kesehatan, keselamatan juga aspek kemudahan.

Masing-masing aspek mempengaruhi kelaikan fungsi bangunan. Contohnya aspek keselamatan yang berhubungan erat dengan instalasi benda pemadam kebakaran.

Atau aspek kesehatan yang berkaitan dengan instalasi AC dan jendela agar pertukaran udara terjadi dengan lancar. Karbon dioksida tidak mengendap di dalam ruangan akibat ventilasi yang kurang lancar.

Proses pengujian di lapangan ini sudah diatur sah oleh pemerintah. Prosesnya harus mengikuti aturan yang tersedia dan dilakukan oleh pihak berwenang.

Dengan memahami syarat teknis pembuatan SLF, sebagai pemohon Anda telah membantu pengkaji teknis melakukan tugasnya dengan mudah. Mengapa? Karena seluruh berkas yang dibutuhkan telah dilengkapi dan disesuaikan.

Supaya syarat teknis disetujui jasa pengkaji, pilihlah layanan kajian SLF Depok populer dan berpengalaman. Mereka yang populer umumnya sangat kompeten dan dipercaya banyak orang. Sementara pengalaman membuat proses pengurusan menjadi lebih santai dan mudah.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321