+621 72734224 info@konsultanku.com

Kajian SLF Cikarang

Kajian SLF Cikarang lahir dan dikembangkan berkat kepedulian tenaga ahli bidang konstruksi. Sebagai tenaga jasa profesional, mereka tidak hanya membantu klien mengurus SLF tapi turut mengedukasi. Sehingga klien yang pernah menggunakan jasa bisa memahami lebih dalam fungsi dan tujuan SLF.

Kajian SLF Cikarang: tentang peran penting dan aturan SLF

Alasan banyak pengembang atau pengusaha properti menyepelekan peran penting SLF karena kurangnya pengetahuan. Faktanya, SLF bukan sekedar sertifikat biasa melainkan surat izin operasional. Tidak memiliki SLF, gedung bangunan dianggap kurang laik huni dan paling parah dilakukan pembongkaran.

Berdasarkan Perda RI diperoleh dua ketentuan perizinan pembangunan yang wajib dipatuhi oleh tiap pemilik gedung bangunan. Entah itu tempat tinggal pribadi atau non rumah tempat tinggal.

Dari dua perizinan tersebut, umumnya pemilik gedung hanya mengetahui IMB. Alasan utamanya karena  IMB diurus terlebih dahulu sebelum pembangunan dilaksanakan. Sementara, SLF diurus setelahnya. Pembuatan sertifikat tersebut tidak bisa ditukar atau dibolak-balik.

Selengkapnya tentang aturan SLF simak di bawah ini:

  • Masa Berlaku

Jasa kajian SLF Cikarang tidak hanya menginformasikan jika pembuatan SLF dilakukan pasca pembangunan. Mereka juga akan memberikan informasi baru mengenai masa berlaku SLF.

SLF  untuk gedung bangunan umum memiliki batas waktu hingga 5 tahun. Sementara gedung hunian pribadi, masa aktif SLF-nya hingga 10 tahun lamanya.

  • Lakukan Perpanjangan Sebelum SLF Kadaluwarsa

Seperti makanan yang tidak bisa dikonsumsi ketika kadaluwarsa, begitu pula SLF yang tidak bisa digunakan lagi saat sudah lewat masa aktifnya. Permohonan perpanjangan bisa dilakukan dengan bantuan jasa pengkaji SLF.

Atau diurus sendiri ke dinas terkait. Saat melakukan perpanjangan SLF, lengkapi berkas persyaratannya agar perpanjangan disetujui.

Pengurusan SLF bangunan non rumah tinggal kurang lebih 8 lantai

Anda sedang mengonstruksi bangunan yang jumlah lantainya lebih dari 8? Agar gedung tersebut bisa segera dioperasikan sebagai gedung komersil. Cari tahu terlebih dahulu prosedur pengurusan sertifikatnya. Jika tidak ingin repot, cukup hubungi konsultan kajian SLF Cikarang.

  1. Bawa Persyaratan Pengajuan SLF

Pertama-tama, lengkapi terlebih dahulu seluruh persyaratan pengajuan SLF. Selain melengkapi berkas pribadi, Anda juga harus membawa dokumen lain yang berkaitan dengan gedung bangunan.  Kelengkapan berkas akan diurus sepenuhnya oleh jasa kajian SLF.

  1. Berkas Diajukan Pada PTSP Cikarang

Jika berkas yang dibutuhkan sudah terkumpul semua. Anda bisa langsung mengajukan pengajuan ke PTSP Cikarang. Jika syarat yang dibutuhkan sudah benar semua, berkas akan langsung masuk ke meja pemeriksaan. Untuk dijadwalkan pemeriksaan lapangan.

  1. Pemeriksaan Lapangan

Pemeriksaan yang dilakukan tidak hanya pemeriksaan administratif saja tapi juga pemeriksaan lapangan. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim pengkaji teknis ahli badan. Tim pengkaji yang mendapatkan pengakuan dari pemerintah.

  1. Proses Berkas Untuk Diterbitkan

Bila semua aspek penilaian teknis terpenuhi, tidak ada aspek yang dinilai negatif. Berkas akan langsung diproses untuk diterbitkan. Anda hanya perlu menunggu kabar baik yang diberikan oleh pengkaji SLF. Jika SLF yang Anda buat disetujui dan akan segera diterbitkan.

  1. Pengambilan SLF Di PTSP Cikarang

Dan terakhir adalah pengambilan SLF. SLF bisa langsung diambil ke kantor dinas Cikarang. Anda yang menggunakan jasa pengkaji SLF, tidak perlu mengambil sendiri SLF di kantor dinas. Karena pengkaji akan melakukan tugas tersebut untuk Anda sesuai dengan kesepakatan layanan jasa di awal.

Menggunakan kajian SLF Cikarang memberikan  banyak manfaat terutama bagi pemilik gedung bangunan. Anda masih bisa melakukan pekerjaan seperti biasa sementara pengurusan SLF dilaksanakan oleh pengkaji SLF yang andal dan terpercaya.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321