Jasa sondir akan membantu pengembang dalam memperoleh salah satu persyaratan pengajuan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Sondir sendiri merupakan uji penekanan untuk menalisa daya dukung tanah serta mengukur kedalaman lapisan tanah keras/ pendukung yang dikenal dengan sebutan tanah sondir.

Sondir

sumber: google.com

Dengan pengukuran ini akan diketahui seberapa dalam tanah keras yang nantinya akan dijadikan pijakan untuk fondasi atau tiang pancang. Hal ini akan membantu pengembang atau kontraktor untuk menentukan desain fondasi yang sesuai dengan standar keamanan supaya bisa menyokong bangunan dengan baik. Fondasi bisa kuat menahan beban bangunan di atasnya dan tidak mudah mengalami penurunan, sebab jika terjadi bisa membahayakan keselamatan para penghuni bangunan.

Jasa sondir untuk persyaratan mendapatkan IMB

Hasil dari data sondir tanah lengkap bisa digunakan untuk mengurus legalitas IMB. Lewat pengujian ini akan didapatkan banyak data secara mendetail, misalnya profil tanah tempat didirikannya bangunan termasuk data mengenai kepadatan relative, kapasitas daya dukung tanah, dsb. Selain itu juga kapasitas daya fondasi dari struktur tanah yang ada. Struktur tanah akan dipakai untuk menentukan ukuran, kedalaman dan jenis fondasi dari data sondir yang sudah didapatkan.

Cara penyelidikan tanah dilakukan dengan alat sondir yang digunakan untuk pengujian tanah/ soil test. Jika tanah belum dilakukan pengujian, maka efeknya bisa berbahaya. Banyak kasus kegagalan fondasi atau struktur sebab kontur tanah yang labil sehingga menyebabkan bangunan yang sudah baru dibangun atau sudah selesai dibangun ambruk.

Keuntungan melakukan uji sondir dengan bantuan alat sondir tanah yaitu:

  • Bagus untuk lapisan tanah lempung
  • Untuk cek daya dukung tanah
  • Bisa menentukan lapisan tanah keras dengan cepat
  • Bisa memperkirakan pernedaan lapisan tanah
  • Bisa dipakai dalam menentukan letak muka air tanah

Sondir sendiri terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kapasitasnya, yaitu sondir ringan untuk kapasitas 0 sampai 250 kg per cm persegi dan sondir berat untuk kapasitas 0 sampai 600 kg per cm persegi. Sementara jenis tanah yang cocok untuk uji sondir yaitu jenis tanah yang banyak mengandung tanah padat dan yang tidak cocok adalah tanah yang terlalu berbatu. Hal ini karena uji sondir dilakukan dengan cara menanamkan alat ke dalam tanah untuk uji ketahanan. Jika tekstur tanah berbatu maka bisa mengalami masalah karena susah melakukan penanaman alat.

Jasa sondir tanah siap membantu Anda

Bagi perusahaan pengembang atau developer yang membutuhkan jasa uji tanah seperti ini, maka Anda bisa menghubungi kami jasa sondir. Tidak hanya sekedar dijadikan salah satu syarat untuk mendapatkan IMB, namun juga penting bagi keselamatan bangunan yang akan dibangun. Kami siap membantu Anda untuk melakukan pengujian tanah lokasi Anda akan membangun nanti.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321