Jasa Perawatan Struktur Bangunan

Eksistensi jasa perawatan struktur menjadi perhatian utama bagi pemilik gedung komersial. Tanpa bantuan mereka, bangunan tidak akan terpelihara dengan baik. Padahal setiap harinya, gedung dikunjungi banyak orang. Sedangkan, mencoba memelihara struktur bangunan sendiri juga bukan perkara gampang.

Sebuah gedung bangunan terdiri dari berbagai kerangka material yang direkatkan, disatukan hingga menjadi sebuah bangunan yang kokoh. Penggunaan material baja, beton dan kayu hanyalah contoh tiga material yang paling sering digunakan. Lantas, bagaimana cara memelihara struktur bangunan dari ketiga material tersebut?

Proses perawatan struktur bangunan beton, baja dan kayu

  1. Pemeliharaan Struktur Beton

Pelat lantai, atap maupun tiang merupakan tiga bagian yang masing-masing dikonstruksi oleh beton. Salah satu risiko pemeliharaan yang terlambat adalah kebocoran pada pelat lantai akibat keretakan. Agar tidak mengalami kondisi tersebut, lakukan pemeliharaan berikut:

  • Kotoran bisa menempel di mana saja termasuk struktur beton gedung bangunan Anda. Sebelum masuk ke tahapan pemeliharaan yang rumit, bersihkan terlebih dahulu semua kotoran yang menempel.
  • Langkah selanjutnya, cat ulang kerangka menggunakan cat emulsi. Cat ini akan membantu menjaga kualitas beton.
  • Tiang bangunan yang rusak karena benturan harus dibersihkan terlebih dahulu baru plester kembali dengan campuran semen dan pasir.
  1. Pemeliharaan Struktur Baja

Kegiatan yang dilakukan jasa perawatan struktur bangunan untuk merawat beton dan baja tentu berbeda. Untuk pemeliharaan baja, berikut ini tahapan perawatan nya:

  • Baja termasuk logam yang bisa berkarat. Agar kualitas baja tidak berkurang. Jasa perawatan akan menghindari penggunaan garam atau zat lainnya yang sifatnya korosif.
  • Cara pemeliharaan baja dari karat juga dilakukan dengan rutin membersihkan lubang pembuangan air. Langkah ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya oksidasi.
  • Dan terakhir lakukan pengecatan kembali terutama pada bagian baja yang mudah terpapar air dan sinar matahari.
  1. Pemeliharaan Struktur Kayu

Berbeda dari dua material di atas, kayu sangat rentan dengan rayap. Bila tidak dipelihara dengan seksama, rayap akan bersarang dan memakan habis kayu. Berikut pemeliharaannya:

  • Perawatan pertama yang dilakukan tentu saja melakukan penyemprotan anti rayap. Masing-masing jasa perawatan struktur gedung memiliki serum anti rayap yang ampuh sehingga rayap bisa dibasmi sampai tuntas.
  • Metode pemusnahan rayap tidak hanya menggunakan teknik penyemprotan. Jasa perawatan juga akan melakukan metode umpan karena cara ini dinilai ramah lingkungan.
  • Pemeliharaan anti rayap wajib dilakukan secara rutin karena rayap merupakan makhluk hidup yang bisa kembali kapan saja.

Pilih jasa perawatan struktur untuk memelihara bangunan Anda

Anda yang sering mengeluh lelah membersihkan rumah pernahkah terpikir untuk melakukan perawatan struktur bangunan? Sama pentingnya dengan merawat bagian dalam rumah, perawatan struktur justru berpengaruh pada awet tidaknya sebuah konstruksi.

Jika Anda merasa tidak sanggup melakukan perawatan struktur seorang diri, cukup hubungi penyedia layanan struktur. Mereka memiliki tenaga profesional dan teknik atau strategi jitu untuk merawat seluruh struktur bangunan Anda.

Baik yang dibuat dari material baja yang kuat atau kayu yang ringan dan mudah disarangi rayap. Proses pemeliharaannya sendiri tergantung pada kebutuhan bangunan. Meskipun bertetangga, tidak menutup kemungkinan gedung Anda butuh pemeliharaan lebih banyak daripada bangunan milik tetangga.

Kerusakan struktur bangunan bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya pemanfaatan fungsi bangunan. Bisa juga disebabkan pemilihan material yang kurang berkualitas sejak awal konstruksi.

Hindari kerusakan bangunan secara permanen dengan menggunakan jasa perawatan struktur berkala. Buat janji temu dengan mereka dan manfaatkan setiap layanan yang dimiliki. Melakukan pemeliharaan struktur tidak akan sulit dan lama karena ditangani oleh pihak yang tepat.

Baca Juga : 4 Aspek bangunan gedung yang dikaji sebelum menerbitkan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321