+621 72734224 info@konsultanku.com

Jasa Inspeksi Bangunan

Mengantisipasi sulitnya pengajuan SLF (Surat Laik Fungsi), pemilik gedung memilih untuk menggunakan jasa inspeksi bangunan. Selain mengumpulkan berkas persyaratan, mereka yang mengajukan SLF wajib menyelesaikan empat proses pemeriksaan. Tahukah Anda tentang keempat pemeriksaan tersebut?

4 Aspek bangunan gedung yang dikaji sebelum menerbitkan SLF yang di kaji oleh Jasa Inspeksi Bangunan

Pemeriksaan empat aspek bangunan gedung dilaksanakan merujuk pada ketetapan Undang-undang. Tujuannya agar bangunan tidak hanya diselenggarakan berdasarkan kepentingan pribadi tapi untuk kepentingan orang banyak. Tidak terkecuali orang-orang dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

  1. Aspek Kesehatan

Menjalankan gaya hidup sehat terasa lebih mudah bila seluruh aspek ikut berpartisipasi termasuk lingkungan tempat tinggal. Penting bagi pemilik rumah, pabrik, perkantoran dan gedung lainnya untuk memfasilitasi properti mereka dengan standar kesehatan.

Apa saja yang menjadi standar kesehatan dalam sebuah bangunan? Pertama-tama adalah pencahayaan. Cahaya matahari pagi yang masuk ke dalam gedung bila diserap oleh tubuh akan meningkatkan antibodi. Sama pentingnya dengan sirkulasi udara. Udara yang bersih dan mencukupi akan menjaga kesehatan paru-paru kita.

Mewujudkan keduanya bukan hal yang sulit, cukup tambahkan beberapa jendela kaca agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam. Sementara sirkulasi udara bisa disesuaikan dengan pemasangan lubang angin di beberapa area.

  1. Aspek Keselamatan

Jasa inspeksi bangunan gedung juga menekankan klien mereka untuk mewujudkan bangunan yang memenuhi aspek keselamatan. Perwujudan aspek ini harus dimulai sejak proses konstruksi. Perencanaan hingga pemilihan material bangunan dilakukan sebaik dan seteliti mungkin.

Sehingga bangunan yang berhasil dibangun tidak mudah rusak bahkan runtuh ketika terjadi bencana alam. Aspek keselamatan lainnya meliputi pemasangan anti petir untuk mencegah risiko kebakaran akibat sambaran petir. Juga melengkapi setiap lantai bangunan dengan alat pemadam kebakaran.

  1. Aspek Kemudahan

Sebuah gedung tidak dibiarkan kosong tanpa furnitur sama sekali, setiap ruangan telah dilengkapi dengan sarana yang memadai. Sehingga gedung bisa memenuhi fungsinya dengan baik. Bayangkan jika gedung bioskop tapi tidak dilengkapi dengan tempat duduk?

Selain memperhatikan detail kelengkapan sarana dan prasaran, aspek kemudahan juga menilai struktural bangunan dari tiap sisinya. Apakah bangunan tersebut bisa diakses dengan mudah dari dalam dan luar? Dan adakah signage petunjuk arah untuk memandu jalan?

Meskipun sepele, jasa inspeksi bangunan terpercaya akan mengkaji secara keseluruhan sehingga tidak ada bagian yang terlewati.

4. Aspek Kenyamanan bangunan

Faktor yang satu ini meliputi kenyamanan penghuni gedung untuk melakukan aktivitasnya di dalam maupun luar gedung. Apakah gedung bangunan sudah dibangun di posisi yang baik? apakah pandangan orang di dalam gedung tidak terhalang dengan gedung lainnya?

Tidak sekedar menilai kenyamanan visualisasi, pengkaji teknis juga akan menilai tingkat kebisingan dan getaran juga hubungan antar ruang. Bila semuanya bekerja dengan baik tandanya gedung bangunan Anda sudah laik fungsi.

Manfaat jasa inspeksi bangunan untuk menilai fungsi gedung

Merasa kesulitan saat mengurus SLF merupakan hal yang biasa dan sering dialami oleh banyak pemilik gedung. Mereka yang sukses mengurus SLF memiliki kunci kesuksesan tersendiri yakni menggunakan jasa inspeksi atau konsultan SLF.

Jasa inspeksi gedung bangunan didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman. Mayoritas mereka yang bekerja di bidang ini berasal dari bidang keilmuan arsitektur, teknik elektro, desain lanskap dan bidang ilmu lainnya.

Semua bidang ilmu tersebut sangat berhubungan dengan pembangunan gedung atau tempat tinggal. Tanpa bantuan ahli mereka, sebuah gedung tidak bisa dibangun dengan rangka yang kokoh dan fungsional lengkap.

Penting bagi Anda menemukan jasa inspeksi bangunan yang bisa diandalkan. Jasa inspeksi yang tidak hanya menawarkan janji tapi menampilkan bukti kerja nyata.

Baca Juga : Macam-macam persyaratan kenyamanan bangunan gedung

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321