Sertifikat Laik Fungsi

Jasa pengurusan Permohonan SLF akan membantu Anda mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi yang memang diwajibkan bagi pemilik atau pengembang bangunan. Jika tidak memiliki sertifikat ini maka akan menghambat pembangunan serta hak yang seharusnya dimiliki oleh konsumen. Agar pengajuan sertifikat ini bisa segera dilakukan dan mudah didapatkan, maka berikut ada hal-hal penting yang harus diketahui.

Info penting tentang permohonan pengajuan SLF

Apa itu SLF?

SLF merupakan Sertifikat Laik Fungsi untuk bangunan yang sudah selesai dibangun serta telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai dengan fungsi bangunannya. Tidak memiliki sertifikat ini maka gedung akan dianggap beroperasi secara illegal.

Klasifikasi SLF

SLF diklasifikasikan sesuai dengan jenis serta luas bangunannya, misalnya:

  • Kelas A untuk bangunan non rumah tinggal > 8 lantai
  • Kelas B untuk bangunan non rumah tinggal < 8 lantai
  • Kelas C untuk bangunan rumah tinggal >= 100 m2
  • Kelas D untuk bangunan rumah tinggal <= 100 m2

Pengajuan pengurusan SLF

Pengajuan SLF oleh pemilik gedung dapat dilakukan dengan membuat permohonan ke DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di tingkat kecamatan, dinas atau suku dinas. Loket pengurusannya dibedakan menurut kelas bangunan.

Penerbitan SLF

Untuk penerbitan sertifikat dilakukan oleh badan pemerintah seperti Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan, Dinas Tenaga Kerja dan PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Pemenuhan kewajiban

Salah satu syarat bagi pengembang yang mau mengajukan sertifikat untuk bangunan > 8 lantai dan atau di atas 5 ribu m2 yaitu menyerahkan bukti pemenuhan kewajiban dari pengembang ke kota. Pemenuhan tersebut berupa bukti fasilitas sosial dan umum seperti ruang terbuka hijau, sekolah, perbaikan jalan, dsb.

Sertifikat sementara sebagai pengganti SLF definitif

Jika pengembang belum dapat memenuhi kewajibannya ke kota atau ada kendala, maka pengembang dapat mengajukan permohonan SLF sementara sebelum mengurus SLF definitif. Masa berlaku sertifikat sementara ini hanya 6 bulan.

Masa berlaku SLF

Perlu dicatat bahwa masa berlaku sertifikat ini 5 tahun untuk bangunan non rumah tinggal dan 10 tahun untuk bangunan rumah tinggal. Jika masa berlaku habis maka pemilik gedung harus mengajukan SLF lagi.

Jasa pengurusan Permohonan SLF siap membantu Anda

Jasa pengurusan sertifikat laik fungsi siap membantu Anda memproses dan mendapatkan sertifikat tersebut dengan lebih mudah dan cepat. Jangan tunda lagi, sebab dampak tidak mempunyai SLF maka pengembang tak bisa menerbitkan AJB (Akta Jual Beli), tak bisa membentuk PPRS (Persatuan Penghuni Rumah Susun), tidak dapat membuka cabang bank di gedung itu, serta tidak bisa memungut biaya perawatan dari para penghuninya.

Jadi, jika Anda bingung atau repot untuk mengajukan permohonan SLF, maka kami dari jasa pengurusan SLF bisa membantu Anda. Kami juga menawarkan konsultasi terkait SLF.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321