021 21799321 info@konsultanku.com

Menggunakan jasa design arsitek menjadi tren di kalangan masyarakat terutama pengusaha. Mereka memutuskan menggunakan jasa arsitek untuk membantu pelaksanaan pembangunan residensial atau gedung komersil sehingga hasil finishing-nya lebih bagus dan elegan. Karena  faktanya, hasil pembangunan dengan pola pikir arsitek jauh lebih baik daripada hasil pikir orang biasa yang tidak memiliki ilmu arsitektur sama sekali.

Jasa Design Arsitek

Sumber: Google.com

Tugas dan tanggung jawab jasa design arsitek

Beberapa orang menganggap pekerjaan arsitek sebagai pekerjaan yang mudah, padahal tugas dan tanggung jawab mereka sangatlah besar. Berikut ini tugas pokok seorang arsitek:

  1. Mengolah Tata Ruang

Sebuah bangunan terdiri dari berbagai ruangan bahkan untuk mendesain lapangan sepak bola saja, kita masih harus memikirkan letak kamar ganti pemain, toilet, dan detail lainnya.  Semua tata letak ruangan tersebut dipikirkan dengan matang oleh seorang arsitek. Di mana letak kamar tidur, ruang tamu, lobi, toilet hingga detail yang paling kecil.

  1. Memilih Konsep Desain Interior

Suatu bangunan terdiri dari indoor dan outdoor, kedua bagian tersebut memiliki konsep desain yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan serta selera owner. Arsitek bertanggung jawab untuk mencari konsep desain interior yang sesuai dengan bangunan dan selerai owner, sehingga ketika pelaksanaan konstruksi berlangsung tidak ada masalah teknis yang terjadi.

  1. Menghitung Biaya Konstruksi

Salah satu tugas pokok jasa arsitek rumah termasuk menghitung biaya konstruksi. Ini dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya lonjakan budget dari kesepakatan semula. Arsitek berhak untuk memberikan usulan terkait material dan produk yang ingin digunakan owner.  Perhitungan biaya konstruksi biasanya akan dilaporkan secara berkala pada owner ketika meeting berlangsung.

  1. Mendesain dan Menata Letak Bangunan

Setiap ruangan pada bangunan biasanya memiliki keterkaitan fungsi. Arsitek memiliki peran penting dalam menata dan melakukan desain tata letak bangunan tersebut agar tidak kehilangan fungsi utamanya.

  1. Menempatkan Sistem Instalasi Listrik dan Detail Lainnya

Selain melakukan tata letak fungsional ruangan, arsitek turut menyesuaikan penempatan sistem instalasi listrik, sistem struktur gedung, instalasi sirkulasi udara dan pipa air. Tugas ini sudah menjadi tugas pokok yang tidak bisa dihindari oleh arsitek.

  1. Memilih Jenis Material Konstruksi

Dan tugas berikutnya adalah membantu memilih jenis material konstruksi yang akan digunakan. Karena pada dasarnya arsitek tidak hanya berkutat pada rancangan gambar saja, mereka juga ikut mengawasi kegiatan konstruksi yang berjalan.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa arsitek

Supaya Anda lebih yakin dengan jasa arsitek, silahkan simak kelebihan dan kekurangan jasa mereka berikut:

  • Desain sempurna

Mereka yang memiliki pengalaman menggunakan jasa arsitek biasanya merasa puas dengan desain sempurna yang diberikan. Karena sudah lama berkecimpung di bidang konstruksi, skill seorang arsitek biasanya semakin tajam. Mereka tidak hanya mahir membuat desain rumah vintage tapi juga memiliki kemampuan membuat desain menarik lainnya.

  • Rumah lebih nyaman dihuni

Selain desain yang bagus, kelebihan lainnya rumah terasa lebih nyaman untuk ditempati karena semua tata letak telah diperhitungkan dengan baik. Tidak akan ada keluhan teknis yang diberikan oleh penghuni rumah.

Sementara kekurangan menggunakan jasa arsitek ada pada budgetnya. Mengingat harga jasa arsitek 2020 selalu berubah-ubah tergantung pada desain  yang diinginkan. Untungnya Anda bisa menyewa jasa desain kami yang menawarkan biaya desain yang kompetitif dibandingkan jasa lainnya di Indonesia. Silahkan pilih jasa design arsitek yang berpengalaman dan terpercaya untuk pengalaman terbaik seperti kami.

Untuk informasi lainnya Hubungi kami Jasa Desain Arsitektur

Catur Iswanto : 0812-9288-9438 (Call / WhatsApp)