021 21799321 info@konsultanku.com

Jasa pengawasan proyek belakangan ini sangat dibutuhkan terutama jika Anda selaku owner proyek tidak memiliki banyak waktu untuk meninjau proyek secara rutin. Jadi daripada membiarkan konstruksi tanpa diawasi sama sekali yang terkadang membuat pekerjaan melambat, lebih baik menghubungi jasa pengawas konstruksi. Jasa pengawas memiliki wewenang dan kontribusi yang sangat besar dalam mempercepat dan memperlancar pelaksanaan proyek.

Jasa Pengawasan Proyek

Sumber: Google.com

Alasan menggunakan jasa pengawasan proyek

Jasa pengawas konstruksi mungkin bukan jasa yang familier bagi setiap orang terutama yang tidak menggunakan konstruksi profesional dan arsitektur untuk membangun rumah atau gedung bertingkat. Lantas, apa tujuan dibentuknya jasa pengawas konstruksi?

  1. Memberikan evaluasi perkembangan proyek

Pada dasarnya pelaksanaan kegiatan proyek sudah diatur dalam kontrak kerja, tapi karena beberapa alasan kegiatan konstruksi mengalami keterlambatan.  Di sinilah kehadiran pengawas proyek dibutuhkan. Mereka akan memberikan evaluasi pada pertumbuhan dan perkembangan proyek, apakah ada perkembangan dari minggu pertama hingga minggu berikutnya?

  1. Mengawasi jalannya kegiatan konstruksi

Tidak semua orang bisa menjadi pengawas konstruksi, setidaknya ada beberapa kualifikasi jasa pengawas yang harus dipenuhi salah satunya aspek pendidikan.  Dengan pendidikan yang dimiliki mereka, pengawas konstruksi bisa melakukan kegiatan pengawasan jalannya kegiatan konstruksi dengan baik dan terarah.

Tidak mungkin mempekerjakan ahli biologi atau penulis untuk mengawasi jalannya konstruksi proyek bukan? tentu saja yang dibutuhkan adalah lulusan arsitektur, bagian listrik, teknik sipil dan lainnya.

  1. Inventarisasi kontrak konstruksi

Kegiatan mencatat pembelian barang-barang konstruksi dilakukan oleh pengawas proyek. Tujuannya agar pembelian produk tidak keluar dari syarat dan ketentuan kontrak. Inventarisasi berguna di saat pengawas proyek perlu melaporkan perkembangan proyek ke owner.

  1. Menganalisis dan memberikan usulan penyelesaian masalah konstruksi

Meskipun sudah direncanakan dengan sebaik mungkin bahkan menyewa jasa ahli dengan standar biaya pengawasan konstruksi. Bukan berarti kita bisa menghalau masalah konstruksi yang terjadi. Jika terjadi masalah pada kegiatan konstruksi, bukan hanya kontraktor saja yang ikut bertanggung jawab. Pihak pengawas proyek juga memiliki kewajiban untuk melakukan analisis dan menyampaikan usulan mereka.

  1. Membuat laporan pencapaian konstruksi

Tanggung jawab lain yang dibebankan pada jasa pengawas konstruksi tidak lain membuat pelaporan pencapaian pekerjaan. Laporan ini bukan diberikan pada jasa kontraktor tapi pada owner. Owner akan melihat laporan tersebut dan menelitinya dengan baik lalu memutuskan, apakah pelaksanaan konstruksi berjalan sesuai rencana atau tidak?

Tugas dan tanggung jawab pengawas proyek

Sebelum bicara tentang tugas, alangkah baiknya Anda mengetahui berapa biaya jasa pengawas proyek. Pada umumnya pekerjaan pengawasan ini memiliki hitungannya sendiri. Umumnya dihitung sekitar 4%-7% dari nilai proyek yang dijalankan, semakin tinggi nilainya otomatis persentase biaya akan berkurang.

Sementara itu,  tugas dan tanggung jawab pengawas proyek terdiri dari:

  • Memeriksa shop drawing

Salah satu tugas pokok yang dilakukan seorang pengawas proyek adalah melihat dan memeriksa secara seksama shop drawing yang sebelumnya telah dibuat kontraktor.  Pelaksanaan tanggung jawab ini nantinya akan mempengaruhi jadwal pekerjaan dan urutan pelaksanaan pekerjaan yang didahulukan.

  • Memberikan instruksi pada kontraktor

Tugas lainnya adalah menginstruksikan pelaksanaan pekerjaan pada kontraktor supaya tidak keluar dari jalur kontrak kerja sama. Pada dasarnya instruksi yang diberikan oleh jasa pengawas merupakan perpanjangan tangan dari instruksi yang disampaikan owner.

  • Melakukan inspeksi pekerjaan kontraktor

Agar kegiatan konstruksi tidak molor, penting bagi jasa pengawasan untuk selalu sigap dan melakukan inspeksi secara terjadwal.

Dan itulah tanggung jawab pokok yang dimiliki oleh jasa pengawasan proyek, apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari organisasi mereka atau mempekerjakan mereka?

Untuk informasi lainnya Hubungi kami Jasa Pengawasan Proyek

Catur Iswanto : 0812-9288-9438 (Call / WhatsApp)