021 21799321 info@konsultanku.com

Apa itu Sondir

Apa itu sondir? mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apa yang dimaksud dengan sondir. Istilah ini biasa sering digunakan dalam pengujian tingkat kekuatan tanah. Sondir test sendiri adalah suatu tindakan pengujian penetrasi yang mempunyai tujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan dan mengetahui kedalaman lapisan pendukung (lapisan tanah keras).

Hal tersebut bertujuan supaya dalam mendesain Pondasi yang akan digunakan sebagai penyangga kolom bangunan yang berada diatas mempunyai faktor Keamanan yang tinggi, maka bangunan tersebut tetap kokoh dan tidak mengalami penurunan yang bisa saja membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

Kini banyak kejadian kegagalan struktur yang menyebabkan bangunan roboh, hal tersebut karena tidak memperhatikan pentingnya Pengujian Soil test ini, untuk itu sebelum mendirikan bangunan, sangat di sarankan untuk melakukan pengujian tanah, sehingga dapat didesain jenis pondasi yang aman dan efektif sesuai dengan karakteristik tanah dari bangunan yang akan dibangun.

Baca juga: biaya sondir

Tujuan Sondir Tanah

Kita dapat mengetahui kedalaman lapisan tanah keras serta dalam setiap kedalaman kita juga bisa mengetahui sifat daya dukung maupun daya lekat tanah tersebut. Disamping itu, Pengujian sondir bermaksud untuk mengetahui perlawanan geser tanah dan penetrasi konus atau perlawanan dari bawah. Sedangkan perlawanan geser tanah sendiri merupakan perlawanan geser tanah terhadap selubung bikonus dengan satuan gaya persatuan panjang.

Peralatan Yang Di Perlukan

  • Mesin sondir berkapasitas 2 ton.
  • Pipa sondir lengkap berikut batang dalam sesuai kebutuhan, dengan panjang masing-masing 1m
  • Alat ukur tekanan (manometer) 2 buah dengan masing-masing : 0-60 kg/cm2 dan 0-250 kg/cm2
  • Bikonis (beugemen priction jacket gone )
  • 4 buah jangkar berbentuk spiral dan alat pemutar
  • Kunci-kunci pipa, alat pembersih, dan minyak hidrolik

Manfaat Penggunaan Alat Sondir

  • Bagus untuk lapisan tanah lempung.
  • Dapat dengan cepat menentukan lapisan tanah keras.
  • Dapat memperkirakan perbedaan lapisan tanah.
  • Mengetahui daya dukung tanah dengan rumus empiris.
  • Baik digunakan untuk menentukan letak muka air tanah.

Fungsi Pengujian Sondir

Profil, kepadatan relatif, kekakuan tanah, kekuatan geser dan permeabilitas tanah atau koefisien konsolidasi, kuat geser selimut tiang, dan kapasitas daya dukung tanah dapat kita ketahui dengan uji sondir

Tidak hanya dapat digunakan sebagai syarat pembuatan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) saja, namun sebagai alat keselamatan Anda dan bangunan Anda. Kenapa bisa demikian? berikut penjelasannya:

Misalnya Anda memiliki lahan atau tanah dan Anda akan membangun sebuah bangunan seperti gedung, mall, hotel atau pabrik di lahan tersebut, Pertanyaannya adalah :

Apakah lahan tersebut benar-benar kuat untuk mendukung bangunan yang akan Anda bangun di atasnya?

Apakah lahan atau tanah tersebut tidak akan bergeser?

Apakah tanah tersebut keras dari atas sampai ke bawah?

Apakah dibawah tanah Anda tersebut tidak terdapat rongga-rongga?

Apakah jenis dan ukuran pondasi yang Anda rancang sudah tepat?

Apabila jawab Anda “YA”, berarti selesai sampai di sini. Tapi, bila jawaban Anda “Tidak atau Anda ragu”, maka seluruh pertanyaan itu dapat di jawab oleh Hasil Uji Sondir.

Apa itu Sondir? Tujuan dan Manfaat Sondir sudah kami jelaskan, Sekarang apabila Anda membutuhkan Jasa sondir tanah? Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kami. Dengan menggunakan jasa kami, proyek Anda akan semakin cepat terselesaikan.

 

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321

 

Alamat Kantor Pusat
Jl. H. Abdul Hamid 321, RT.8/RW.4, Cawang,
Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

Cabang Bandung
Wisma Monex Floor 9 Jl. Asia Afrika
No.133-137 Bandung 40112
Indonesia