+621 72734224 info@konsultanku.com

Izin Usaha Perkebunan Kelapa Sawit

Tentang Aturan Izin Usaha Perkebunan Kelapa Sawit

Izin usaha perkebunan kelapa sawit menjadi perhatian utama para pengusaha yang membudidayakan kelapa sawit sebagai mata pencaharian utama. Perizinan ini tidak dibuat tanpa alasan mengingat perkebunan kelapa sawit memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Ibaratnya, selama masyarakat masih membutuhkan minyak masak maka kelapa sawit masih berjaya.

Mengenal izin usaha perkebunan Kelapa Sawit

Selain digunakan untuk membuat minyak masak, kelapa sawit juga diolah sebagai bahan bakar maupun bahan pelumas di industri. Besarnya pengaruh kelapa sawit bagi masyarakat membuat pemerintah mengambil keputusan untuk menetapkan IUP kelapa sawit. Peraturan ini diaktifkan pada tahun 2013 dengan beberapa kebijakan di bawah ini:

  • IUP

Merupakan berkas pengurusan usaha perkebunan yang dikeluarkan oleh pejabat untuk perusahaan yang melaksanakan budidaya kelapa sawit. Selain melakukan budidaya, perusahaan juga mengumpulkan lantas mengelola hasil panen dari budidaya tersebut.

  • IUP-P

Berbeda dari IUP, izin usaha ini ditetapkan dan diterbitkan oleh pemerintah untuk perusahaan yang mengelola hasil perkebunan kelapa sawit. Kegiatan pengelolaan hasil perkebunan wajib dipantau dengan baik dan benar mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

  • IUP-B

Memiliki sedikit perbedaan dengan IUI izin usaha perkebunan kelapa sawit. IUP-B hanya ditujukan bagi perusahaan yang melaksanakan kegiatan budidaya perkebunan kelapa sawit. Artinya perusahaan hanya bertindak sebagai petani budidaya, bukan pengelola.

Masing-masing kategori juga diatur dengan ketentuan yang berbeda. Misalnya IUP-B yang harus memenuhi persyaratan kepemilikan kebun minimal 25 hektar. Atau IUP-P yang wajib memiliki bahan baku 20% dari perkebunannya sendiri sementara sisanya bisa diperoleh dari kebun milik masyarakat.

3 Macam usaha perkebunan menurut UU

Di atas telah dijelaskan secara seksama, apa itu IUP dan siapa saja yang wajib mengurus penerbitannya. Agar lebih memahami aktivitas dalam industri perkebunan. Simak informasi menarik mengenai jenis-jenis usaha perkebunan yang keberadaannya diatur dalam Undang – undang berikut:

  1. Budidaya Perkebunan

Merupakan aktivitas penanaman tumbuhan hingga tahapan panen dan sortasi. Jenis usaha ini memiliki skala kecil hingga tinggi tergantung dari luas area perkebunan yang dimiliki.

Dalam beberapa kasus, budidaya perkebunan juga dikombinasikan dengan agrowisata. Dan sengaja dibuatkan ikon hiburan untuk mendukung agrowisata tersebut. Meski usaha utama yang dilaksanakan masih usaha perkebunan.

  1. Jasa Perkebunan

Berbeda dari budidaya perkebunan, usaha ini merupakan jenis usaha berbeda yang membantu atau mendukung pelaksanaan kegiatan perkebunan.

  1. Pengolahan Hasil Budidaya Perkebunan

Setelah perkebunan panen, hasil panennya akan diolah dengan baik dan seksama oleh usaha pengolahan hasil perkebunan. Proses pengolahannya sendiri ditentukan berdasarkan pada jenis hasil budidaya. Contohnya kelapa sawit yang hasil panennya diolah menjadi minyak goreng, minyak pelumas serta bahan bakar.

Lantas bagaimana dengan syarat izin usaha perkebunan kelapa sawit? Apakah persyaratan perizinannya sulit dilengkapi?

  • Izin lingkungan menjadi persyaratan utama dari pembuatan IUP
  • Selanjutnya adalah penyesuaian rencana perkebunan juga rencana tata ruang wilayah.
  • Persyaratan teknis lainnya, tergantung jenis usaha perkebunan. Untuk budidaya perkebunan, perusahaan harus memiliki sistem, sarana dan prasarana yang lengkap. Termasuk sistem pengendali hama agar hasil perkebunan memenuhi skala kebutuhan perusahaan.
  • Dan persyaratan terakhir mengacu pada pemenuhan bahan baku untuk jenis usaha pengolahan perkebunan. Sedikitnya, perusahaan harus mempersiapkan secara mandiri hasil perkebunan sebesar 20% dan sisanya bisa dipenuhi dari perkebunan milik orang lain.

Sudah mengerti mengenai izin usaha perkebunan? Atau masih memiliki beberapa pertanyaan lain? Cari tahu informasi unik lainnya seputar IUP sehingga penerbitan berkas perizinannya berjalan dengan lancar dan efisien. Jika ingin ditangani oleh ahlinya, silakan hubungi layanan jasa izin usaha perkebunan kelapa sawit di kota Anda.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321