+621 72734224 info@konsultanku.com
Izin Usaha Kawasan Industri

Izin Usaha Kawasan Industri

Pemeriksaan Teknis Pada Izin Usaha Kawasan Industri

Indonesia memiliki banyak Kota/Kabupaten yang menjadi kawasan industri, berdiri secara legal setelah mengantongi Izin Usaha Kawasan Industri. Apa yang dimaksud dengan kawasan industri? Kawasan industri merupakan kompleks atau wilayah yang sengaja diciptakan untuk memenuhi pertumbuhan industri. Lantas, mengapa sebuah badan usaha perlu mengurus IUKI?

Hal-hal yang dilakukan saat pengurusan izin usaha kawasan industri

Mendapatkan IUKI dibutuhkan kerja keras dan kesabaran karena prosesnya tidak mudah dan instan. Banyak hal yang harus dikerjakan dan dipersiapkan dengan matang hingga IUKI diterbitkan.

Selain menyerahkan surat administrasi, badan usaha juga wajib melaksanakan pemeriksaan teknis di antaranya:

  1. Menginformasikan data kemajuan pembangunan

Sebuah badan usaha yang bergerak dan menjalankan bisnisnya di kawasan industri berhak menginformasikan secara lengkap pencapaian apa saja yang pernah diraih. Apakah pembangunan kawasan industri telah sampai pada tahapan cukup atau masih memiliki banyak kekurangan?

Semua data-data tersebut harus terinput dengan baik, jelas juga transparan. Sehingga pihak yang berwenang bisa memberikan penilaian yang akurat berdasarkan pada bukti bukan sekedar intuisi.

  1. Struktur organisasi jelas

Sebuah badan usaha yang berminat mengukuhkan bisnis mereka di kawasan industri dan berencana membuat IUKI. Juga harus memenuhi syarat Izin Usaha Kawasan Industri dengan menginformasikan struktur organisasi dengan jelas.

Tanpa struktur organisasi, sebuah badan usaha tidak bisa berkembang dengan benar. Apalagi jika tidak didukung dengan aparat kerja yang tepat.

  1. Memiliki lahan terdaftar minimal 5 hektar

Kepemilikan lahan umumnya diatur menyesuaikan dengan jenis industri apa yang sedang dijalankan. Apakah termasuk industri skala kecil atau industri menengah? Dengan nilai minimal lahan mencapai 5 hektar luasnya.

  1. Sudah tersedianya gedung pengelola

Selain memiliki struktur organisasi, badan usaha juga wajib melengkapi gedung perusahaan dengan infrastruktur lengkap. Salah satu gedung yang harus dibuat dan dikembangkan pertama kali adalah gedung pengelola.

  1. Melakukan konstruksi infrastruktur dasar

Meskipun tampak sulit pada dasarnya syarat dan prosedur Izin Usaha Kawasan Industri masih bisa dipenuhi. Jika Anda benar-benar ingin membuat industri yang legal dan transparan di kawasan tersebut. Melengkapi kebutuhan pengurusan IUKI dengan melakukan pembangunan meski dalam skala terkecil melakukan sesuatu yang diperlukan.

  1. Ada masterplan yang bisa dipertanggungjawabkan

Akan sulit menyelesaikan permintaan pengurusan IUKI, jika Anda tidak memiliki masterplan kawasan industri. Masterplan atau rencana utama yang harus dipersiapkan dan direncanakan dengan matang.

Selain persyaratan di atas, badan usaha juga harus bisa memenuhi kebutuhan tata tertib di kawasan industri

Tanggung Jawab badan usaha saat melaksanakan tata tertib kawasan industri

  • Badan usaha atau perusahaan dianjurkan untuk mempersiapkan dokumentasi termasuk perjanjian hitam di atas putih.
  • Bersama-sama mencoba untuk mengendalikan dampak negatif yang dilakukan oleh kawasan industri terhadap kesehatan lingkungan di sekitarnya.
  • Melaksanakan hubungan keakraban di antara perusahaan kawasan industri dengan membentuk forum bahkan pertemuan rutin.
  • Setiap badan usaha harus berunding bersama untuk memecahkan Hak guna Bangunan yang dimiliki untuk menghindari perselisihan area industri di masa depan.

Itulah sekiranya hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat IUKI. Izin ini mungkin terlihat mirip dengan IUI, tapi pada dasarnya IUKI memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Sebagai pebisnis yang ingin fokus di bidang ini, Anda harus mengetahuinya dengan seksama.

Salah satu perbedaan paling mencolok di antara keduanya adalah masa berlaku. Masa berlaku IUKI dihitung berdasarkan lamanya perusahaan melakukan pengembangan di area industri.

Sementara IUI berlaku hanya 5 tahun lamanya dan harus diperpanjang agar bisa digunakan kembali sebagaimana fungsinya. Jika ingin mengurus Izin Usaha Kawasan Industri, baiknya lakukan dengan cermat atau minta bantuan dari ahlinya.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321