+621 72734224 info@konsultanku.com

Izin Usaha Industri OSS

Pengertian Izin Usaha Industri OSS dan Mengenal IUI

Pernah dengan mengenai kebijakan menerbitkan Izin Usaha Industri OSS? Kebijakan ini ditetapkan pemerintah sejak Juni 2019 lalu. Dengan kehadiran OSS, masyarakat khususnya pebisnis bisa mengurus IUI secara online tidak lagi pergi ke PTSP. Kemudahan ini diharapkan dapat membantu pebisnis untuk mengurus seluruh perizinan yang dibutuhkan.

Pengertian Izin Usaha Industri OSS

IUI merupakan surat perizinan yang diterbitkan pemerintah mengikuti permohonan pebisnis/investor asing yang ingin menjalankan industri di tanah air. Proses pengajuannya dilaksanakan langsung ke PTSP baik secara mandiri maupun menggunakan jasa pengurusan SIUI.

Namun semenjak sistem daring semakin populer, pemerintah memutuskan untuk memfasilitasi pengurusan surat perizinan usaha secara online menggunakan sistem OSS. Baik menerbitkan IUI maupun izin lainnya, seluruh kegiatan tersebut bisa dilaksanakan di portal OSS.

Kondisi ini tentu membawa angin segar bagi para pebisnis maupun investor asing. Pengurusan IUI bisa dijalankan lebih praktis karena tidak perlu mengunjungi kantor PTSP. Pengurusannya juga bisa dilakukan kapan saja bahkan di malam hari setelah pulang kerja.

Itulah sedikit informasi mengenai Izin Usaha Industri OSS online. Agar lebih mengenal IUI, silakan simak informasi lengkap di bawah ini.

Mengenal IUI

Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah terdapat dua perizinan yang harus diurus pebisnis sebelum menjalankan industri. Pertama adalah IUI dan dilanjutkan dengan izin ekspansi. Ketika bicara mengenai IUI, terdapat 3 kategori IUI yang ketiganya diatur berdasarkan pada nilai investasi juga jumlah karyawan yang dimiliki:

  • IUI Besar

Merupakan SIUI yang diajukan oleh perusahaan besar dengan jumlah pendapatan dan karyawan yang tinggi.

  • IUI Sedang

Adalah SIUI yang sengaja diterbitkan pemerintah untuk mendukung pemilik industri skala sedang.

  • IUI Kecil

Dan terakhir adalah surat izin usaha bagi industri kecil dengan modal minimal Rp 5 juta. Di bawah modal tersebut, tandanya pebisnis tidak perlu mengurus pembuatan IUI.

Bidang industri apa saja yang perlu mengurus IUI? Banyak sekali bidang industri dari skala kecil-besar di tanah air. Contoh-contoh industri yang perlu mengajukan permohonan IUI di antaranya adalah perusahaan yang mengelola bahan mentah, menyimpan peralatan maupun mengelola hasil produksi.

Selain dilihat dari besaran modalnya, IUI Izin Usaha Industri OSS juga tidak perlu diterbitkan oleh perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan berikut:

  1. Domisili bukan di zona industri

Ada beberapa pengecualian mengenai operasional perusahaan industri. Di mana perusahaan yang bukan berada di zona industri tidak perlu melaporkan surat perizinannya.

  1. Merupakan industri tanpa risiko negatif

Beberapa industri skala kecil-menengah terkadang menggunakan bahan baku yang menghasilkan limbah polusi merusak. Sementara untuk industri non reaktif polusi, tidak memberikan dampak negatif untuk orang di sekitarnya.

  1. Menggunakan bahan baku yang diangkut dari lokasi khusus

Ketentuan terakhir ini dinilai berdasarkan kelangkaan bahan baku yang digunakan. Jika dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan bahan mental karena lokasi yang sulit dijangkau, maka perusahaan industri tersebut dikecualikan.

Saat perusahaan Anda memenuhi satu atau ketiga kategori di atas. IUI yang sudah dimiliki sebelumnya harus diperbaharui. Beberapa data yang akan diubah meliputi kapasitas produksi built-in, pemindahan lokasi industri, besaran nilai investasi yang diterima industri. Tidak terkecuali pula penambahan klasifikasi industri serta total karyawan yang dimiliki.

Itulah informasi menarik mengenai IUI. Anda mungkin masih bingung mengenai teori dan peraturan-peraturannya. Agar lebih mengenal lagi, minta bantuan jasa pengurusan IUI. Atau jika memungkinkan, Anda bisa menemukan data-data yang diperlukan secara online. Lantas melengkapi penerbitan Izin Usaha Industri OSS.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321