Izin Usaha Industri Kecil

Izin Usaha Industri Kecil dan Berkas Umum Permohonannya

Izin usaha industri kecil merupakan istilah yang sangat familier di kalangan pebisnis. Terutama bagi mereka yang memulai bisnis dari nol tidak langsung menjalankan bisnis skala menengah atau besar milik keluarga. Apa yang membedakan antara IUI kecil, menengah dan besar?

Tentang Izin Usaha Industri Kecil

Yang dimaksud dengan IUI adalah izin operasional yang dimiliki badan atau perorangan. Surat perizinan ini diberikan dan disahkan oleh pemerintah melalui PTSP guna melegalkan usaha yang dilaksanakan.

Pemberian IUI dikelompokkan berdasarkan pada 3 kategori. Pertama adalah IUIK yang diberikan pada pengusaha kecil. Peraturan lebih lanjut mengenai usaha industri kecil ditentukan oleh Kota/Kabupaten di mana bisnis dilakukan. Tiap kota umumnya memiliki kebijakan tersendiri.

Selain berfungsi sebagai perizinan utama, IUI juga dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan jaringan bisnis. Bagi industri kecil yang melakukan bisnis di bidang kosmetik, makanan maupun obat-obatan. Kepemilikan IUI juga menjadi persyaratan pengurusan BPOM.

Tanpa IUI, industri kosmetik tidak bisa mendistribusikan produknya ke pasaran. Saat memaksakan diri dan mendistribusikannya, kualitas produk akan dipertanyakan oleh konsumen. Tidak menutup kemungkinan merek menjadi tercemar, citra perusahaan yang positif pun ikut tercoreng.

Lantas bagaimana skema pengajuan Izin Usaha Industri Kecil UKM? Perhatikan dengan baik skemanya di bawah ini:

  1. Melengkapi persyaratan registrasi IUI

Belum memiliki gambaran sama sekali mengenai IUIK? Sebelum mengajukan permohonan, Anda wajib melengkapi persyaratannya terlebih dahulu.

  1. Mendatangi loket pendaftaran

Usai persyaratan terpenuhi, selanjutnya datangi loket pendaftaran IUI yang ada di kota Anda. Untuk proses lancar, datang tepat waktu agar tidak lama mengantre.

  1. Pemohon direkomendasikan untuk mengurus IUI online

Ketika bertemu dengan petugas, silakan ungkapkan keperluan Anda. Petugas yang bertanggung jawab akan memandu Anda untuk mengurus IUI secara daring. Nantinya, IUI yang diterbitkan akan dikirimkan via Pos Indonesia.

Syarat umum ajukan IUI

Syarat izin usaha industri kecil cukup banyak. Alangkah bijaksananya mengklasifikasikan berkas persyaratan menjadi dua kategori. Pertama, berkas yang sudah dimiliki dan kedua adalah berkas yang harus diurus. Selengkapnya tentang syarat IUI simak berikut:

  • KTP/NPWP Asli

Pemohon wajib melengkapi berkas identitas pribadi termasuk di dalamnya NPWP juga KTP.

  • Bukti Pelunasan PBB Periode Terakhir

Selanjutnya adalah lampiran bukti telah melunasi tagihan PBB yang ditetapkan dari periode terakhir.

  • SK Diserahkan Oleh Pengelola Kawasan Industri
  • Scan SPPL/Izin Lingkungan
  • Akta Notaris Pendirian Industri
  • Lampirkan Daftar Peralatan/Mesin

Lampiran daftar peralatan dan mesin ini harus di tandatangani oleh pihak berwenang yakni pimpinan perusahaan.

  • IMB/AJB

Selain menyertai seluruh persyaratan di atas, pemohon juga wajib menyerahkan atau melampiri IMB serta AJB.

  • Lampirkan Daftar Bahan Baku Penolong

Sama seperti mesin dan peralatan, lampiran bahan baku ini harus disertai dengan tandatangan pimpinan perusahaan.

  • SKDP
  • Surat Kepemilikan/Sewa Tanah

Menyatakan jika industri yang Anda bangun berada di tanah milik sendiri atau orang lain. Bukti yang diberikan harus konkret tidak boleh dikurangi atau dilebihkan.

  • KTP Penanggung Jawab
  • Surat Pernyataan Kebenaran Berkas

Dan surat terakhir yang harus Anda penuhi adalah surat pernyataan yang menyatakan jika berkas pendaftaran yang Anda ajukan sudah valid.

Itulah semua persyaratan pengajuan IUI yang harus dipenuhi baik oleh industri kecil, menengah atau besar. Karena jumlah dokumennya yang banyak, baiknya mengurus pemberkasan jauh-jauh hari sebelum bisnis dijalankan. Agar proses pengurusan selesai tepat waktu.

Bila terkendala sesuatu, jangan ragu gunakan tenaga profesional untuk mengajukan permohonan IUI. Karena dalam prosesnya, pengurusan izin usaha industri kecil membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321