+621 72734224 info@konsultanku.com
Izin Perluasan Industri

Izin Perluasan Industri

Info Penting Soal Izin Perluasan Industri dan Pengurusannya

Pernah mendengar tentang IUI atau Izin Perluasan Industri? Keduanya merupakan perizinan yang dibuat oleh badan usaha untuk memenuhi tugasnya sebagai perusahaan industri. Sehingga kegiatan bisnis yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar, tidak menyimpan dan sesuai dengan nilai-nilai bisnis yang berlaku di tanah air.

Pengertian izin perluasan industri

Bila didefinisikan satu per satu, Anda sudah bisa mengira-ngira apa definisi dari IPI. Perluasan industri merupakan proses perkembangan industri yang dilaksanakan oleh industri untuk memajukan bisnis mereka. Agar proses dan hasilnya legal dibutuhkan surat perizinan yang kemudian kita kenal sebagai IPI.

Meskipun sangat dibutuhkan dan penting untuk aktivitas perluasan industri. Faktanya, ada beberapa kasus yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan perluasan tanpa mengurus surat perizinan.

Berikut ini macam-macam bisnis yang tidak membutuhkan IPI:

  1. Perluasan masuk satu jenis industri

Mengurus Izin Perluasan Industri mungkin menjadi hal yang kurang menyenangkan bagi beberapa orang. Pemerintah memberikan beberapa kelonggaran termasuk mengizinkan perusahaan yang ingin melakukan perluasan dalam satu jenis industri untuk tidak mengurus surat perizinan tersebut.

  1. Merupakan industri penanaman modal

Selain itu, pemerintah juga memberikan kebebasan bagi industri penanaman modal untuk tidak mengurus IPI. Jika perusahaan Anda termasuk di dalamnya, maka Anda cukup melengkapi bisnis perusahaan dengan berkas atau surat perizinan lainnya.

  1. Ingin ekspor meski termasuk industri penanaman modal

Dan yang terakhir adalah perusahaan yang berencana untuk melaksanakan aktivitas ekspor walaupun industri yang dikerjakannya berada di bidang penanaman modal.

Pentingnya mengurus perizinan perluasan industri

Selain perlu memahami apa dan siapa saja perusahaan yang berhak mengurus IPI atau tidak. Masih banyak informasi lain yang harus Anda pelajari dan manfaatkan terlebih jika ingin mengurus surat perizinan ini dalam waktu dekat.

Sebelum melaksanakan prosedur perluasan industri. Perusahaan yang bersangkutan wajib melakukan pemberitahuan secara tertulis maksimal 6 bulan. Perizinan harus dilaksanakan oleh pejabat yang berwenang menerbitkan IUI perusahaan.

Lantas, berapa lama proses yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembuatan IPI? Pembuatan IPI dibutuhkan sekitar 14 hari kerja. Meski waktu yang dibutuhkan cukup lama, tapi surat ini memiliki masa berlaku tak terbatas. Selama perusahaan masih bisa bertahan dan berdiri, artinya IPI masih tetap berlaku. Berikut ini syarat Izin Perluasan Industri:

  • Kartu Identitas

Selain menyerahkan KTP, kartu identitas lainnya yang bisa diserahkan sebagai pengganti adalah KITAS atau Paspor.

  • Akta Pendirian Perusahaan/Badan Usaha

Persyaratan penting berikutnya yang harus diserahkan adalah akta pendirian. Akta ini harus telah disahkan oleh pejabat.

  • Surat Pernyataan

Pemohon juga harus menyertai surat pernyataan jika perusahaannya telah membuka cabang. Saat melakukan ini, kepala cabang sudah harus terpilih dibuktikan dari surat penunjukan sah.

  • Surat Kuasa

Selain menyiapkan surat pernyataan, perusahaan juga harus mempersiapkan surat kuasa yang ditujukan pada orang lain.

  • Fotokopi AMDAL/SPPL

Merupakan dokumen lingkungan yang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi lingkungan di sekitar kantor.

Dengan memenuhi seluruh persyaratan yang disebutkan di atas, Anda bisa memenuhi pembuatan IPI. Berkas yang harus dikumpulkan pada dasarnya tidak memiliki perbedaan jauh dari berkas pembuatan IUI.

Hanya butuh penyesuaian di beberapa berkas, maka Anda sudah bisa mengajukan permohonan pembuatan IPI ke lembaga yang berwenang. Dan mendapatkan manfaat yang dibutuhkan dari perluasan industri.

Jika ingin lebih mudah untuk mengurus IPI, Anda bisa meminta bantuan jasa IUI yang sebelumnya membantu pengurusan izin tersebut. Karena berkas yang diurus sangat berkaitan, akan lebih mudah mengurus Izin Perluasan Industri menggunakan layanan profesional mereka.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321