Apa Itu SLF?

Apa Itu SLF?

 

Apa Itu SLF?

 

Bagi orang – orang awam pengertian dari apa itu SLF? masih tidak terlalu jelas dan tidak banyak yang paham. Saat Anda sudah mulai memasuki usia dewasa dan berusaha membangun sebuah bangunan, mungkin Anda sudah akan memahami pengertian dan betapa pentingnya SLF ini.

 

Dalam Negara Indonesia sendiri, pembangunan gedung mall, perusahaan, industry, dan tempat tinggal sudah semakin maju. Bahkan keahlian para arsitek dan kontraktor sudah semakin meningkat sehingga membantu menghasilkan bangunan megah dengan fungsi yang sesuai.

 

Dalam membangun sebuah bangunan, Anda tidak bisa sembarangan menentukan struktur bangunannya. Tentu harus mempertimbangkan apakah struktur bangunannya sudah sesuai dengan fungsinya. Hal ini berlaku baik untuk gedung umum atau untuk tempat tinggal.

 

Sesuai tidaknya struktur bangunan dengan fungsi seharusnya bisa terbukti dengan SLF. Itulah mengapa semua orang yang melakukan pembangunan sudah harus memahami apa maksud dari istilah ini. Apapun jenis gedungnya, tentu baru bisa beroperasi setelah ada SLF.

 

Memahami Pengertian Apa Itu SLF?

 

Setiap pembangunan sebuah gedung, pasti setelah selesai akan ada pengecekan atau pemeriksaan dari pihak yang seharusnya. Kini dalam pembangunan pasti hasil akhirnya melibatkan surat dari pemerintah. Semua gedung yang telah selesai pasti memiliki SLF.

 

Sehingga jika Anda bertanya – tanya apa itu SLF? Istilah ini merupakan singkatan dari sertifikat laik fungsi. Sertifikat ini akan diberikan kepada pemilik gedung manapun sebagai tanda atau bukti bahwa struktur bangunannya layak dan sesuai dengan fungsi bangunan seharusnya.

 

Setiap gedung pasti memiliki tujuannya masing – masing, ada gedung dengan tujuan sebagai tempat tinggal, atau untuk bisnis skala besar dan kecil, bisa juga untuk produksi barang, dan lain sebagainya. Namun apapun tujuannya, pasti harus memiliki sertifikat laik fungsi ini.

 

Yang mengeluarkan SLF adalah pemerintah daerah atau pusat tergantung pada tujuan gedung tersebut. Jika hanya untuk tempat tinggal, maka cukup pemerintah daerah saja yang mengeluarkannya. Namun jika urusannya dengan Negara, pemerintah pusat akan turun tangan.

 

Namun sertifikat laik fungsi akan keluar dari pemerintah daerah atau pusat jika Anda mengajukannya. Tentunya dengan melalui prosedur seharusnya dan dokumen – dokumen lainnya sebagai persyaratan. Ajukan sertifikat ini bersama persyaratan ke pemerintah daerah.

 

Jika sudah melakukan pengajuan, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu adanya orang yang datang untuk memeriksa kelayakan fungsi bangunan tersebut dari pemerintah. Jika memang sudah sudah sesuai, pasti sertifikat laik fungsi akan segera keluar.

 

Banyak orang yang masih bingung apa itu SLF? Setelah memahami definisinya, pasti Anda akan merasa sertifikat ini sangat penting. Adanya sertifikat laik fungsi tentu untuk memenuhi beberapa tujuan. Inilah tujuan memiliki sertifikat laik fungsi.

 

Tujuan Adanya Sertifikat Laik Fungsi

 

Tujuan adanya sertifikat laik fungsi sangat penting Anda pahami. Hal ini agar Anda tidak malas mengajukannya. Bahkan sebuah bangunan tidak akan sah berdiri jika tidak ada sertifikat laik fungsi.

 

Terutama untuk bangunan perusahaan, industri, atau produksi barang dan makanan Tujuan – tujuan mengurus sertifikat laik fungsi ini juga akan memberi Anda keuntungan. Ini dia tujuan – tujuannya yang harus Anda pahami.

 

Memastikan Bangunan Layak

 

Bangunan yang layak adalah bangunan yang berdiri sesuai dengan ketentuan. Jika Anda bekerja dalam bidang pembangunan, pasti akan ada ketentuan – ketentuan yang mengatur bagaimana agar struktur bangunan sesuai dengan fungsi dan kegiatannya.

 

Sebuah gedung akan mendapat sebutan layak jika memang strukturnya sesuai fungsi dan tidak menekan orang – orang yang tinggal atau bekerja. Anda bisa melihat ketentuan tersebut pada izin mendirikan bangunan yang juga berasal dari pemerintah.

 

Namun biasanya setiap kontraktor sudah memahami ketentuan ini sehingga tidak perlu khawatir lagi. Kelayakan sebuah gedung memang harus pasti demi berbagai tujuan. Bangunan tidak layak tentu hanya akan membahayakan penghuni dan pekerja.

 

Bisa Mengurus Kecelakaan Secara Hukum

 

Mencari tahu apa itu SLF? Dan tujuannya pasti mudah melalui internet. Namun terkadang tanpa memahami tujuannya, orang – orang sering mengabaikan pentingnya sebuah gedung memiliki SLF. Padahal ada tujuan hukum yang bisa tercapai dengan adanya SLF.

 

Salah satunya adalah untuk mengurus kecelakaan secara hukum. Pemerintah mengeluarkan SLF setelah adanya pemeriksaan atau pengecekan layak tidaknya bangunan. Sehingga jika ada kecelakaan setelah itu, pasti terurus secara hokum.

 

Hal ini akan sangat menguntungkan pihak yang memiliki gedung. Misalnya saja Anda memiliki gedung produksi, setelah selesai pembangunan pemerintah bersedia mengeluarkan SLF. Lalu ada kecelakaan yang terjadi pada salah satu pekerja Anda.

 

Pekerja tersebut mungkin akan menuntut gedung tidak layak sebagai salah satu penyebab kecelakaan kerjanya. Namun adanya SLF akan membantu mengatasi hal tersebut, karena sejak awal pemerintah sudah menyatakan gedung tersebut layak.

 

Memastikan Kesehatan Penghuni

 

Penilaian terhadap kelayakan sebuah gedung juga meliputi apakah struktur bangunannya tepat untuk kesehatan penghuni. Misalnya apakah jumlah dan letak ventilasi sudah sesuai, begitu juga dengan ukuran ventilasinya atau jendela.

 

Tujuan memastikan kesehatan lainnya tidak hanya menyangkut masalah sirkulasi udara, namun juga letak kamar mandi. Atau apakah cahaya dalam ruangan sudah cukup, bisa juga dengan menilai apakah ukuran ruangan sudah sesuai dengan fungsinya.

 

Tujuan adanya sertifikat laik fungsi untuk kesehatan ini tidak hanya berlaku pada gedung perusahaan dan produksi dengan banyak jumlah pekerja. Namun juga untuk tempat tinggal atau rumah.

 

Memastikan Kenyamanan

 

Kenyamanan adalah tujuan paling utama dari rumah atau tempat tinggal. Namun tidak hanya untuk rumah saja, gedung dengan fungsi lainnya juga harus berhasil menciptakan lingkungan dalam gedung yang nyaman, baik untuk pemilik, pekerja dan lainnya.

 

Adanya sertifikat laik fungsi akan memastikan apakah kelayakan gedung benar – benar sudah membangun kenyamanan bagi penghuninya. Kenyamanan ini bisa meliputi terlindungnya gedung dari suara bising atau getaran akibat bangunan tidak kokoh.

 

Setiap kontraktor pembangunan akan memastikan penggunaan bahan – bahan bangunan berkualitas atau setidaknya layak. Bahan – bahan bangunan berkualitas ini juga bisa menjadi salah satu penilaian terhadap kelayakan gedung.

 

Mengurangi Tingkat Kecelakaan

 

Pemerintah akan mengeluarkan sertifikat laik fungsi jika gedung sudah benar –benar layak ditempati. Kelayakan ini meliputi kenyamanan, keamanan dan kesehatan. Keamanan juga merupakan salah satu komponen penting dalam hal ini.

 

Jika keamanan tidak terjamin, pasti akan ada potensi kecelakaan dalam gedung suatu hari nanti. Menghindari hal tersebut, pembangunan harus dilakukan dengan benar dan sesuai ketentuan. Karena kecelakaan bisa saja menimpa pekerja atau pemilik gedungnya.

 

Setelah memahami apa saja tujuan sertifikat laik fungsi, pasti Anda sudah memahami mengapa adanya sertifikat ini sangat penting. Karena tujuannya adalah untuk memudahkan diri Anda sendiri. Jadi pastikan Anda mengurusnya setelah membangun gedung apapun tujuannya.

 

Namun SLF untuk rumah dan gedung perusahaan memiliki perbedaan dalam masa berlakunya. Untuk rumah masa berlakunya adalah 20 tahun, sedangkan gedung dengan tujuan bisnis berlaku selama 5 tahun. Kini tidak sulit lagi memahami apa itu SLF?

 

 

Baca Juga : Syarat Mendaftar MOMS Minerba

Baca Juga : SIMBG PU

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com