Apa Itu SKK

 

Pengertian Apa Itu SKK dalam Dunia Kerja Terbaru

Sudahkah Anda mengenai tentang apa itu SKK beserta pengertiannya? Pada masa sekarang ternyata telah dijadikan sebagai pengetahuan yang penting. Terutama karena dokumen tersebut menjadi pendukung keberhasilan melamar pekerjaan.

Tentunya menjadi singkatan dari Surat Kompetensi Kerja dan membuktikan skill dan kemampuan Anda. Hasilnya terdapat pengakuan tersendiri kalau Anda adalah tenaga kerja dengan keterampilan. Begitu juga sikap kerja yang terjamin.

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki standar pekerjaan sendiri yang harus kita lengkapi. Terutama apabila memutuskan melamar pada salah satu posisi. Tahapan seleksi sering memiliki dampak besar sehingga harus selalu unggul.

Keunggulan seorang pelamar terbukti apabila memiliki SKK secara resmi. Kita telah mengetahui kalau persaingan dalam dunia kerja semakin ketat dan sulit. Kalau hanya mengandalkan omongan dan penampilan saja tidaklah cukup.

Anda wajib memiliki kelebihan yang terbukti karena sudah melewati suatu pelatihan. Apabila ingin mendapatkan, harus memahami bagaimana caranya dulu. Begitu juga dasar hukum sekaligus kepentingan dalam dunia kerja terbaru.

Tidak ketinggalan pemahaman mengenai langkah mengurus SKK juga sangat krusial untuk mengetahuinya. Terutama supaya nantinya saat terpakai melamar posisi lowongan tercapai. Bukan hanya melewati screening tapi benar-benar lolos.

 

Pengertian Beserta Keresmiannya

Sertifikat Kompetensi Kerja memiliki bentuk seperti piagam ataupun kartu. Tentunya bukan menjadi dokumen sembarangan karena bisa mendorong Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Bahkan kepercayaan besar dari perusahaan.

Piagam satu ini sendiri tetap berisi mengenai pengakuan secara tertulis. Tidak lain mengenai bagaimana penguasaan Anda mengenai kompetensi dalam suatu pekerjaan. Tentu akan dikhususkan pada suatu profesi atau bidang tertentu.

Apa itu SKK, SKK nantinya selalu berasal dari lembaga tertentu sehingga maksimal karena resmi. Pihak berwenang tentunya memiliki kemampuan khusus dalam bidang terkait. Artinya tepat apabila memberikan sertifikasi atau piagam tersebut.

Umumnya kita juga menemukan adanya organisasi profesi yang bekerja keras. Misalnya Anda mengikuti kelas memasak, membuat kerajinan dan sebagainya. Tentu ada organisasi khusus yang menjalankan kegiatan sesuai bidangnya.

Tapi harus diingatkan juga apabila sertifikat tersebut tidak berlaku untuk selamanya. Melainkan Anda harus memperbaharui tergantung dengan syaratnya. Seringkali bidang atau profesi berlainan punya waktu yang berbeda-beda.

Berkaitan dengan SKK, melakukan pelatihan pada banyak bidang yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Baik berupa teknologi, bisnis maupun kesehatan. Jadi, mempermudah memperoleh pekerjaan dengan lowongan kerja yang ada.

Apabila Anda ingin mengurus dan memperoleh, pastikan mendaftar dari organisasi resmi. Pemerintah sering membuat pelatihan khusus untuk masyarakat umum. Boleh mengikuti apalagi jika gratis dan mendapatkan skill yang memadai.

 

Manfaat Sertifikasi Kompetensi Pada Dunia Kerja

Apa Itu SKK?, SKK nyatanya memiliki manfaat sangat besar terutama jika melihat langsung dalam dunia kerja. Terutama karena selalu mengarahkan hal positif untuk perusahaan dan karyawan. Anda tentunya memperoleh bukti memiliki keahlian.

Apabila telah memiliki sertifikat, menandakan Anda tidak perlu menjelaskan kembali. Melainkan hanya perlu menunjukkan kompetensi dari suatu dokumen saja. Hasilnya akan lebih cepat menerima posisi dari lowongan pekerjaan.

Jika telah mengetahui apa itu SKK, pastinya mengetahui kebutuhan masa depan. Tidak lain karena gaji menyesuaikan karena sudah memiliki suatu keahlian. Kalau membandingkan dengan orang tanpa keahlian tentu cukup besar.

Anda akan memperoleh suatu predikat kompeten sehingga menerima penghasilan lebih tinggi. Upah memang seringkali berdasarkan kemampuan yang Anda tawarkan. Jika sudah profesional dan terlatih menandakan mudah naik gaji.

Bukan hanya itu, nantinya selalu memiliki arah karir terjelas masa depan. Saat ini sertifikat memiliki fokus pada suatu bidang tertentu. Hasilnya kemahiran yang Anda sudah dapat sekarang bisa membantu karir.

Mempunyai SKK dapat menjadi gambaran dan bayangan karir masa mendatang. Pastinya dapat menyesuaikan kembali dengan minat sekaligus bakat sekarang. Tidak masalah memulai dari kecil asalkan karir masa depannya sudah terincar.

Terlebih nantinya setelah bekerja, ada kemungkinan berperan membuat perusahaan membaik. Hal ini penyebabnya karena sudah percaya dengan kemampuan Anda. Kualitas pekerjaan meningkat begitu juga dengan produktivitas kerjanya.

 

Pihak Penerbit SKK Tidak Sembarangan

Kita telah mengetahui kalau pembuatan SKK bukanlah bisa Anda lakukan begitu saja. Walaupun sudah memiliki pengalaman, bukan berarti dapat langsung Anda masukkan catatan. Melainkan butuh adanya pelatihan khusus mendapatkannya.

Pada dasarnya Indonesia telah memiliki badan khusus untuk mengolah dan mengurus hal tersebut. Pastinya bertujuan agar memiliki keresmian yang benar. Perusahaan juga semakin percaya dan Anda mampu bekerja secara maksimal.

Lembaga yang memiliki wewenang untuk mengurus sertifikat semacam ini tidak lain Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sebenarnya BNSP telah bekerja dalam waktu lama. Terutama karena melihat betapa besar kebutuhan mengenainya.

SKK akan terurus oleh lembaga independen dan berasal dari pemerintah langsung. Hal ini selalu menunjukkan kalau jaminan mutu kompetensi tersebut akurat. Begitu juga degan pengukuran tenaga kerja pada berbagai profesi.

Apabila Anda menginginkan memiliki sertifikasi, bukannya dapat membeli. Tapi bisa mengikuti pelatihan kerja untuk memperoleh pengalaman sebelum mulai melamar pekerjaan. Hasilnya dapat mengikuti ketentuan perusahaan incaran.

Berhubungan dengan uji kompetensi sebenarnya terdapat bidang lainnya yang bertugas. Badan tersebut adalah Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK). Mungkin jika Anda pernah melakukan tes dan pelatihan sudah sering mendengarinya.

SKK yang ingin Anda urus harus ada dalam LSK sekaligus masuk sistem BNSP. Pastinya bertujuan supaya saling mendukung dan terdapat keresmian jelas. Lalu apabila melengkapi surat lamaran kerja bekerja maksimal.

 

Mengenali SKK yang Tepat dan Sesuai

SKK sebagai piagam profesi dan kemampuan harus memiliki kejelasan yang tepat. Inilah alasan kenapa harus selalu menyesuaikan pada bidangnya masing-masing. Anda juga dapat menemukan banyak contoh sertifikat kompetensi beredar.

Dalam dunia nyata, kita dapat menemukan adanya Computer Literate Certified Professional (CLCP). Tentunya akan Anda peroleh kalau sudah belajar operasi komputer. Mulai dari administratif, pengolahan data maupun informasi.

Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menemukan contoh seperti Office Application Certified Specialist (OACS). Sertifikat satu ini menunjukkan jika Anda ahli dalam office. Setiap bidang bahkan melengkapi kompetensi sendiri.

Sebenarnya apabila kita melihat contohnya, terdapat juga dalam bidang industri dan elektronika. Begitu juga dengan keuangan serta perpajakan. Karena kebutuhannya banyak, pelatihan sering muncul dan banyak pengikutnya.

Selain itu SKK juga kita temukan dalam pelatihan bahasa asing. Sertifikasi tepat dan sesuai selalu ada tingkatan atau level tersendiri. Begitu juga dengan tujuannya tapi harus mengikuti pelatihan dan tesnya.

Melihat manfaat dan kegunaan sekaligus kebutuhannya sekarang wajar apabila harus memilikinya. Terlebih apabila sedang berusaha mencari ladang pekerjaan. Termasuk dalam suatu lowongan impian yang punya ketentuan dan aturan khusus.

Tidak ketinggalan ada baiknya apabila menambah daya saing dalam pribadi sendiri. Begitu juga dengan kemulusan menerima pekerjaan yang telah Anda lamar sebelumnya. Screening HRD perusahaan terjamin berjalan dengan baik.

Tahapan krusial mudah sekali kita temukan sehingga proses rekrutmen berjalan dengan baik. Harus mengingat apabila pesaing dalam dunia kerja sangatlah besar. Wajar perlu memahami apa itu SKK beserta penggunaannya nanti.

Landasan Hukum Yang Menaunginya

Kepemilikan Sertifikat Keahlian Konstruksi (SKK Konstruksi) merupakan hal yang sangat vital bagi para tenaga kerja di sektor konstruksi. Berbagai dasar hukum telah diatur secara rinci untuk memastikan bahwa SKK Konstruksi diberikan dan dikelola dengan tepat. Berikut adalah rangkuman dasar hukum yang relevan:

1. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko membentuk landasan untuk mengatur perizinan usaha yang berkaitan dengan konstruksi.

2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 9 Tahun 2020 mengenai Pembentukan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi memperjelas peran lembaga yang bertugas mengembangkan jasa konstruksi.

3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 6 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat menciptakan standar untuk kegiatan usaha di sektor ini.

4. Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi menjadi landasan hukum utama yang mengatur semua aspek jasa konstruksi di Indonesia.

5. Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi menguraikan detail implementasi undang-undang tersebut.

6. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 10 Tahun 2020 berkaitan dengan Lisensi LSBU Badan Usaha Jasa Konstruksi, Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi, dan Asosiasi Terkait Rantai Pasok Konstruksi.

7. Surat Edaran (SE) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 10/SE/M/2021 memberikan panduan terkait Lisensi Lembaga Sertifikasi Badan Usaha, Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi, dan Sertifikasi Badan Usaha.

8. Keputusan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi No. 07/KPTS/LPJK/II/2021 dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1792/KPTS/M/2020 mengatur koordinasi dan pengelolaan lembaga yang terkait dengan pengembangan jasa konstruksi.

Dengan dasar hukum yang kuat ini, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan dalam industri konstruksi, serta memastikan bahwa tenaga kerja terampil memiliki akses yang layak ke SKK Konstruksi.

Tim yang profesional

Memberikan solusi yang tepat

Harga terjangkau

Memperoleh konsultasi gratis

Produk legal 100%

Proses cepat

Pelayanan 24 jam

Data kerahasiaan aman

Email

info@konsultanku.com

CALL / WA

0812-9288-9438
Catur Iswanto

Phone

Phone : 021-21799321