Syarat Membuat SLO

Syarat Membuat SLO

Apa Saja Syarat Membuat SLO?

Untuk pengurusannya Anda harus paham syarat membuat SLO yang benar. Syarat yang lengkap juga menjadi pemicu baiknya nilai kelaikan untuk sertifikatnya. Proses yang tidak laik justru akan membuat pemohon bekerja dua kali dalam menyiapkannya. Jadi jangan lupa untuk mengecek secara detail segala hal yang perlu untuk pengurusannya.

Proses serta syarat membuat SLO

  1. Pengisian formulir

Langkah pertama untuk pembuatan SLO ini adalah mengisi formulir dengan lengkap. Anda bisa menyiapkan dokumen berupa kartu identitas untuk membantu proses pengisiannya. Setiap kolom yang ada harus terisi dengan lengkap jangan sampai ada yang kurang. Hal ini akan membantu pemohon menuju proses berikutnya.

  1. Gambar instalasi listrik

Dokumen kedua untuk pemenuhan syarat membuat SLO terbaru adalah melampirkan gambar instalasi listrik. Gambar ini harus resmi dan terbit dengan asli jadi pembuatnya harus badan yang terakreditasi. Jika menggunakan jasa dari perorangan jangan lupa mengurus penerbitannya juga.

Untuk melampirkan gambar instalasi listrik lampirkan juga salinan dari BP dari pemohon sebagai dukungan.

  1. Biaya pemeriksaan

Dokumen berikutnya yang harus ada berupa bukti dari biaya pemeriksaan yang resmi. Biaya ini sudah sesuai dengan aturan yang ada pada perundang-undangan yang jelas. Anda tidak perlu khawatir mengenai naik turunnya biaya karena hal ini sudah paten, kalaupun berubah pasti ada pemberitahuan.

  1. Hubungi call center

Selain persyaratan dokumen terkait jika Anda menemukan pertanyaan atau kesulitan lainnya bisa menghubungi call centernya. Umumnya kontak resmi yang terhubung berupa website resmi dan nomor telepon. Jangan lupa untuk menyertakan kode area jika menggunakan kontak nomor telepon.

Anda juga bisa melakukan konsultasi terkait masalah yang telah terjadi berkaitan dengan instalasi kelistrikan. Pihak PLN akan memberikan solusi terbaik jika masih bisa tertanggulangi namun jika sudah parah akan datang bantuan menuju rumah Anda.

Alur pengurusan SLO kapal

SLO juga biasanya berguna untuk perizinan operasi dari kapal terkait seperti kapal pendukung operasi pembudayaan ikan. Kapal berikutnya berupa eksplorasi perikanan, kapal latih perikanan, pengangkut ikan dan yang terakhir penangkap ikan. Untuk keperluan izin kapal ini bisa terurus menggunakan alur sebagai berikut:

1. Pelaporan

Langkah pertama selain melengkapi syarat membuat SLO terlengkap adalah nakhoda terkait melakukan pelaporan. Nakhoda bertugas sebagai penanggung jawab segala bentuk kegiatan terkait perusahaan ikan. Kemudian mereka akan memberikan sistem pelaporan terkait perencanaan keberangkatan pada pihak yang berwenang.

2. Rencana keberangkatan

Langkah kedua setelah pelaporan nakhoda wajib membuat rencana keberangkatan sedetail mungkin. Waktu batas pembuatannya paling lambat sekitar satu harian sebelum proses pemberangkatan.

3. Pemeriksaan

Kemudian petugas akan melakukan pemeriksaan terkait segala bentuk syarat dan dokumen yang sudah terlampir. Semuanya harus masuk pada tahap penilaian dan verifikasi untuk mengetahui hasilnya.

4. Validasi

Seluruh berkas yang mengalami pemeriksaan selanjutnya akan mendapatkan validasi. Kemudian dokumen akan mendapatkan tanda tangan dari badan yang bertugas serta penanggung jawab yang ada. Semuanya harus sesuai rancangan dan struktur yang sesuai agar tidak melewati batasannya.

5. Penerbitan SLO

Langkah terakhir dari proses pembuatan SLO ini adalah penerbitan SLO. Jika semua tanda tangan dan pengesahan sudah lengkap maka badan yang berwenang berhak menerbitkan SLO. Barulah SLO bisa menjadi milik kapal untuk izin operasinya.

Seluruh syarat membuat SLO ini harus lengkap tergantung dari jenis SLO yang Anda butuhkan. Terutama untuk  kebutuhan SLO kapal yang syaratnya lebih terperinci dan detail mengenai pelengkapnya.

Baca Juga : Jasa Pengurusan Andalalin

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321