SOP Andalalin

SOP Andalalin

SOP Andalalin

Setiap kegiatan memiliki standar kerja tersendiri salah satunya SOP Andalalin. Adanya SOP membantu instansi menjalankan tugasnya dengan baik dan tertib dalam menyetujui rekomendasi Andalalin suatu pemohon. Mau tahu SOP pengurusan Andalalin? Simak selengkapnya berikut.

Bagaimana SOP Andalalin?

  1. Pengajuan Oleh Pemohon

Prosedur pertama adalah penyerahan surat permohonan persetujuan Andalalin dari pemohon atau perwakilannya ke instansi terkait. Pada tahapan ini, pemohon wajib menyerahkan dokumen registrasi berikut seluruh persyaratan administratif.

  1. Menerima Dokumen dan Verifikasi Berkas

Petugas menerima dokumen pendaftaran dan melakukan verifikasi berkas untuk memastikan kelengkapan dokumennya. Dokumen yang masih belum lengkap wajib dilengkapi oleh pemohon.

  1. Meneruskan Berkas Pada KADISHUB

SOP Andalalin perumahan berikutnya adalah petugas loket meneruskan berkas pendaftaran pada pejabat lebih tinggi. Sebelum menyerahkannya pada KADISHUB umumnya berkas akan diproses terlebih dahulu oleh Kepala Seksi dan pejabat lainnya.

  1. Pembuatan Surat Izin/ Penundaan/ Penolakan Ekspose

Usai memeriksa berkas permohonan Andalalin, instansi akan memberikan keputusan entah meluluskan, menunda atau menolak eksposenya.

  1. Persiapan Ekspose

Bila prosedur berjalan dengan lancar hingga tahap keempat mekanisme selanjutnya adalah persiapan ekspose. Proses ini tidak hanya diselenggarakan oleh konsultan atau pemohon saja tapi juga Kepala Seksi dan Sekretariat Tim Andalalin.

  1. Penilaian Dokumen (Ekspose)

Tahukah Anda berapa lama yang petugas butuhkan untuk penyelenggaraan ini? Kurang lebih mereka membutuhkan waktu selama satu hari.

Unsur yang menjadi bahan pertimbangan juga sangat beragam termasuk unsur DISHUB, unsur Bina Marga, unsur kepolisian dan sebagainya.

  1. Revisi (Opsional)

Berdasarkan SOP Andalalin hotel atau pemukiman lainnya waktu revisi yang instansi berikan kurang lebih selama 15 hari. Dokumen perbaikan harus mengikuti aturan instansi.

  1. Persetujuan dan Penyerahan Rekomendasi Andalalin

Dan tahapan terakhir adalah persetujuan penerbitan dokumen Andalalin kemudian penyerahan berkasnya pada konsultan atau pemohon.

Detail syarat urus Andalalin baru

  1. NIB

Ada cukup banyak persyaratan yang harus pemohon atau konsultan siapkan pada berkas pendaftaran Andalalin. Salah satu berkas paling penting adalah NIB.

  1. Bukti Pembayaran PBB

Pemohon juga wajib melengkapi bukti pembayaran PBB tahun terbaru. Bila belum mengurusnya mintalah bantuan konsultan untuk turut membantu pengurusan pembayaran pajak tersebut.

  1. Sertifikat Hak Atas Tanah

Serahkan juga sertifikat asli hak atas tanah di mana proses pembangunan akan berjalan. Jangan sampai tanah masih dalam sengketa atau sedang bermasalah.

  1. Surat Permohonan Persetujuan Andalalin Bermeterai

Membuat atau menyerahkan surat permohonan persetujuan Andalalin. Formatnya  tersedia dan bisa Anda unduh dengan mudah. Surat tersebut harus bermeterai.

  1. KTP

Menyerahkan fotokopi KTP milik pribadi atau perwakilan yang mengurus penerbitan dokumen Andalalin.

  1. Surat Kuasa (Opsional)

Membuat surat kuasa bermeterai jika Anda bermaksud menyerahkan prosedur persetujuan Andalalin ini pada pihak kedua.

  1. NPWP Badan/ Perorangan

Melengkapi dokumen persyaratan dengan NPWP milik badan atau NPWP perorangan tergantung pemohonnya.

  1. Dokumen Persyaratan Lainnya

Selain ketujuh dokumen yang telah kami sebutkan tentu saja ada banyak dokumen lain yang juga wajib Anda kumpulkan.

Semua informasi tentang dokumen persyaratan atau hal lainnya mengenai Andalalin bisa Anda tanyakan langsung pada konsultan. Konsultan yang Anda pilih bertanggung jawab sepenuhnya terhadap persetujuan Andalalin.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai Andalalin. Semoga bisa membantu Anda yang dalam waktu dekat ini berencana mengajukan Andalalin untuk pembangunan apartemen, hotel atau bangunan lainnya.

Sesungguhnya SOP Andalalin tidaklah rumit apabila Anda sangat akrab dengan bidang ini jika masih kesulitan jangan sungkan gunakan tenaga ahli.

Baca Juga : Jasa Pengurusan Andalalin

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321