SLO PLN Surabaya

SLO PLN Surabaya

Saat ini pengurusan SLO PLN Surabaya juga semakin mudah. Pemohon bisa meminta bantuan jasa pengurus untuk mengantre dan mengisi segala bentuk data yang ada. Dengan adanya jasa ini tentu semuanya menjadi praktis, pemohon hanya perlu menyiapkan segala bentuk syarat dan ketentuannya.

Kategori hingga persyaratan SLO PLN Surabaya

  1. Pembagian kategori SLO

Pemohon wajib tahu bahwa SLO ini memiliki banyak jenis sesuai dengan kategori yang ada. Kelaikan operasi ini berdasarkan tipe tegangan yang ada yakni rendah, menengah sampai tinggi. Bahkan untuk biaya pengurusannya juga berbeda sesuai dengan volt yang terpasang.

  1. Pemberian SLO

Untuk penerbitan SLO PLN Surabaya terbaik ini juga harus memenuhi beberapa hal terkait. SLO ini terbit sebagai bukti bahwa instalasi listrik yang terpasang sudah memenuhi kriteria kelaikan yang ada. Kelaikan ini juga tidak asal-asalan, semuanya sudah teratur dalam perundang-undangan yang berlaku.

  1. Pentingnya SLO

Banyak yang meremehkan adanya penerbitan SLO ini, padahal terbitnya juga berkaca atas banyaknya kecelakaan yang terjadi. Salah satu penyebab kebakaran pada lokasi padat penduduk adalah tegangan aliran listrik. Tegangan ini bisa saja terlalu tinggi atau rendah tidak sesuai dengan penggunaannya.

Itulah mengapa SLO muncul untuk mengatasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan yang merugikan ini. Bukan hanya merugikan dalam hal materi namun juga merenggut korban jiwa. Seluruh pengguna instalasi listrik harus memiliki SLO dengan sertifikat laik yang terakreditasi.

  1. Syarat wajib

Sejarah awalnya memang SLO belum wajib namun karena banyak yang tidak mengurus sertifikat ini akhirnya menjadi wajib. Saat ini baik PLN maupun pengguna untuk bangunan harus sama-sama memiliki SLO. Siapa pun yang tidak memiliki SLO maka izin operasinya akan tercabut baik sepihak maupun dengan teguran.

Untuk yang terlanjur menjalankan usaha tanpa SLO akan mendapat teguran sampai pemantauan resmi selama waktu tertentu. Hal ini berguna untuk memastikan instalasi listriknya selalu dalam kondisi yang baik.

Info terkini mengenai pengurusan SLO

Selain beberapa info penting tersebut mengenai SLO PLN Surabaya terlengkap, pemohon juga harus mengenal fakta terupdate sebagai berikut:

1. Permohonan online

Untuk memudahkan para pengurus SLO saat ini tidak hanya bisa secara offline namun juga muncul secara online. Hal ini menjawab beberapa keluhan masyarakat terkait minimnya waktu dan tenaga selama pengurusannya. Adanya platform online ini nantinya akan membuat penyuluhan SLO menjadi lebih lancar.

2. Adanya call center

Penggunaan SLO versi permohonan online ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan yang membingungkan. Terlebih untuk yang tidak terbiasa menggunakan website dan input data secara online. Adapun website yang berjalan hanya satu untuk menjaga kredibilitasnya.

Sementara untuk pemohon yang kurang paham atau kebingungan dalam menggunakan websitenya bisa menghubungi call centernya. Call center yang terhubung bisa berupa nomor telepon ataupun langsung tersambung dengan websitenya agar lebih mudah.

3. Kemudahan pengurusan

Adanya permohonan online ini juga memberikan kemudahan lebih baik layaknya pengurusan offline. Segala bentuk pembayaran dan juga upload dokumen juga sudah selesai cukup secara online saja. Pemohon hanya perlu mengurus segala bentuk syarat dan ketentuan yang ada secara praktis.

Bukan hanya itu saja, dalam website ini juga terdapat banyak layanan terkait untuk memudahkan konsumen dalam bertanya. Satu website bisa berguna untuk semua layanan yang ada sehingga lebih cepat.

Pengurusan SLO PLN Surabaya memang membutuhkan waktu yang lumayan. Terutama untuk penilaian dan verifikasinya yang membutuhkan waktu sekitar tiga harian.

Perpanjangan Surat Izin Operasi (SLO) Pembangkit Listrik: menjual Kelangsungan Usaha

Surat Izin Operasi (SLO) adalah dokumen penting yang diperlukan untuk mengoperasikan instalasi pembangkit listrik di Indonesia. Sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No. 12/2021, SLO memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Namun, apa yang harus dilakukan ketika masa berlaku SLO mendekati habis? Dalam artikel ini, kita akan membahas prosedur perpanjangan SLO untuk memastikan kelangsungan usaha pembangkit listrik.

Prosedur Perpanjangan SLO

Ketika masa berlaku SLO mendekati habis dan pembangkit listrik masih beroperasi, langkah pertama yang harus dilakukan oleh pelaku usaha adalah mengajukan perpanjangan SLO. Proses ini penting untuk memastikan bahwa pembangkit listrik tetap mematuhi semua peraturan dan persyaratan yang berlaku.

Langkah Pertama: Persiapan Dokumen

Untuk memulai proses perpanjangan SLO, pelaku usaha harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen ini termasuk laporan operasional operasional selama periode SLO yang berlaku, dokumen teknis terkait pembangkit listrik, dan bukti yang menyediakan semua peraturan lingkungan.

Langkah Kedua: Pengajuan Permohonan

Setelah persiapan dokumen-dokumen selesai, pelaku usaha harus mengajukan permohonan perpanjangan SLO kepada otoritas yang berwenang, seperti Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. Permohonan ini harus dikirimkan beberapa bulan sebelum masa berlaku SLO berakhir untuk memungkinkan waktu yang cukup untuk proses evaluasi.

Langkah Ketiga: Evaluasi dan Verifikasi

Otoritas akan melakukan evaluasi terhadap permohonan perpanjangan SLO. Mereka akan memeriksa dokumen-dokumen yang disimpan, serta melakukan verifikasi lapangan untuk memastikan bahwa instalasi pembangkit listrik masih mematuhi standar keselamatan, lingkungan, dan teknis yang berlaku.

Langkah Keempat: Pengambilan Keputusan

Setelah proses evaluasi dan verifikasi selesai, otoritas akan mengambil keputusan apakah permohonan perpanjangan SLO disetujui atau ditolak. Jika disetujui, SLO akan diperpanjang untuk jangka waktu tertentu, biasanya 5 tahun lagi.

Langkah Kelima: Penerbitan SLO yang Diperpanjang

Jika permohonan perpanjangan disetujui, otoritas akan menerbitkan SLO yang diperpanjang kepada pelaku usaha. SLO yang diperpanjang ini memungkinkan pembangkit listrik untuk terus beroperasi dengan sah.

Sertifikat Laik Operasi: Landasan Dasar Hukum yang Mengatur

Sertifikat Laik Operasi (SLO) merupakan dokumen penting dalam industri ketenagalistrikan yang menunjukkan bahwa suatu fasilitas atau perangkat telah memenuhi persyaratan hukum dan teknis untuk beroperasi. Untuk memahami dasar hukum SLO, kita perlu melihat berbagai undang-undang dan peraturan yang mengaturnya.

Landasan Dasar Hukum
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan

Undang-undang ini menjadi landasan dasar utama dalam pengaturan sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Di dalamnya, diatur berbagai hal terkait penyediaan tenaga listrik, termasuk prosedur pemberian SLO.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

UU ini memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengatur masalah ketenagalistrikan di wilayahnya, termasuk pemberian SLO.

PP Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik

Peraturan ini merinci persyaratan teknis dan administratif yang harus dipenuhi oleh penyedia tenaga listrik untuk mendapatkan SLO.

Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2012 tentang Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik

Mengatur peran dan persyaratan penyedia jasa penunjang tenaga listrik yang juga memerlukan SLO.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 28 Tahun 2014 tentang Kualifikasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik

Menetapkan standar kualifikasi dan persyaratan untuk mendapatkan SLO.

Perkembangan Terbaru
Penting untuk mencatat bahwa hukum terus berkembang, dan perubahan baru-baru ini juga memengaruhi peraturan SLO. Pada tahun 2021, diterbitkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kapasitas Pembangkit Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Sendiri yang Dilaksanakan Berdasarkan Izin Operasi. Ini mengatur kapasitas pembangkit listrik yang dapat dioperasikan dengan SLO.

Selain itu, Peraturan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Nomor 556K/20/DJL.1/2014 tahun 2014 tentang Tata Cara Penomoran dan Registrasi Sertifikat di Bidang Ketenagalistrikan juga memiliki peran penting dalam mengatur proses penerbitan dan pengelolaan SLO.

Baca Juga : Kegunaan SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321