SLO PLN Jakarta Timur

SLO PLN Jakarta Timur

Pengurusan SLO PLN Jakarta Timur membutuhkan banyak syarat dokumen yang harus terlampir. Anda harus mempersiapkan segala halnya tanpa tertinggal salah satu pun. Hal ini akan mempengaruhi lama tidaknya proses penerbitannya. Dokumen yang kurang lengkap akan tertolak dan mengalami revisi.

Alur pengurusan SLO PLN Jakarta Timur

  1. Melakukan registrasi

Sama dengan proses registrasi offline Anda juga harus melakukan pendaftaran pada laman online ini. Perbedaannya adalah pemohon tidak perlu pergi ke kantor terkait namun cukup membuka laman web yang terakreditasi. Bukalah laman resmi terkait sampai terbuka dengan sempurna.

Barulah klik tombol “daftar” untuk memulai proses pendaftarannya. Pastikan semua data dan dokumen sudah siap layaknya mendaftar secara offline. Dengan begitu prosesnya menjadi lebih cepat.

  1. Mengisi data

Langkah berikutnya adalah mengisi data pada SLO PLN Jakarta Timur terbaru. Laman ini meminta pemohon untuk mengisi segala bentuk identitas yang harus masuk ke dalamnya. Kemudian barulah mengisi formulir dengan segala bentuk identitas yang terdapat pada kolomnya.

Adapun data yang harus masuk adalah security code, tarif, biro, telepon, kota, provinsi, alamat, nama, area dan wilayah. Semuanya harus lengkap jangan sampai ada yang terlewat salah satu pun.

  1. Verifikasi dan penilaian

Setelah semuanya terisi dengan benar pemohon bisa lanjut mengeklik “daftar sekarang”. Barulah dengan begitu segala data yang sudah diinput pasti masuk ke data base-nya. Selanjutnya petugas akan melakukan penilaian dan verifikasi mengenai syarat dana ketentuan yang sudah masuk.

Proses ini akan membutuhkan waktu sekitar tiga harian sampai hasilnya muncul. Kemudian pemohon akan mendapatkan nomor registrasi yang resmi untuk proses lanjutan. Berikutnya petugas akan datang ke lokasi pemohon untuk melakukan pengecekan lokasi secara detail.

  1. Call center

Bagi yang masih kebingungan mengenai penggunaan website ini tidak perlu khawatir karena terdapat call center. Anda bisa menghubunginya untuk bertanya apa saja yang menyulitkan Anda. CS akan membantu mengarahkan sampai masalahnya bisa selesai dengan baik.

Syarat untuk SLO

Selain alur online Anda juga harus melengkapi beberapa syarat SLO PLN Jakarta Timur terupdate sebagai berikut:

  • Checklist persyaratan

Dokumen SLO PLN Jakarta Timur pertama yang harus masuk adalah cehcklist persyaratan yang membantu Anda untuk mengecek kelengkapannya. Fungsinya adalah cukup centang pada kolom jika syaratnya sudah masuk.

  • Proposal teknik

Proposal ini harus lengkap dengan isian gambar diagram, kapasitas dan jenis, tata letak, lokasi dan biodata dari perusahaan.

  • Surat tugas

Lengkapi dokumen SLO PLN Jakarta Timur dengan surat tugas sebagai pertanggungjawaban tugas terkait.

  • Surat izin

Berikutnya adalah surat izin untuk kepentingan sendiri dan kepentingan umum. Lampirkan saja dalam bentuk salinan atau fotokopi.

  • Dokumen perusahaan

Dokumen SLO PLN Jakarta Timur selanjutnya adalah akta perusahaan yang lengkap berupa salinan. Kemudian nomor NPWP yang berlaku atas nama perusahaannya. Jika pengajuannya adanya badan hukum maka ada syarat tambahan berupa pengadilan negeri, kementerian koperasi dan Kemenkunham.

  • Identitas pemohon

Dokumen berikutnya berupa identitas pemohon yang melampirkan KK, KTP dan NPWP pribadi yang lengkap.

  • Surat permohonan

Dokumen terakhir adalah surat permohonan yang berisi pernyataan terkait kelengkapan dan keaslian suratnya. Surat ini harus lengkap dengan tanda tangan dan materai sesuai tahun berlakunya.

  • Jika diwakilkan

Jika pengurusannya menggunakan perwakilan maka harus menambahkan dokumen surat kuasa dengan materai dan KTP perwakilan.

Syarat untuk SLO PLN Jakarta Timur memang banyak jadi harus terurus jauh-jauh hari sebelum mengajukan. Hal ini berguna untuk menghindari adanya revisi atau penolakan pengajuan. Jika Anda belum yakin bagaimana mengurusnya maka disarankan menghubungi jasa pengurusan SLO yang sudah berpengalaman.

Ruang Lingkupan SLO

Sertifikasi Laik Operasi (SLO) adalah suatu proses penting dalam mengukur kelayakan operasional instalasi listrik sesuai dengan regulasi yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM No. 38 tahun 2018 tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan. Ruang lingkup SLO mencakup berbagai tahapan yang harus dilalui untuk memastikan bahwa instalasi listrik tersebut memenuhi standar keamanan dan kinerja yang ditetapkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai setiap tahap dalam proses SLO.

Tahap pertama dalam SLO adalah pemeriksaan dokumen. Pada tahap ini, pihak berwenang akan mengevaluasi semua dokumen terkait instalasi listrik, termasuk perencanaan dan perizinan yang diperlukan. Dokumen ini harus lengkap dan mematuhi regulasi yang berlaku.

Selanjutnya, tahap pemeriksaan kesesuaian desain dilakukan. Ini melibatkan peninjauan rancangan instalasi listrik untuk memastikan bahwa desainnya memenuhi persyaratan keamanan dan kinerja yang ditetapkan.

Setelah itu, tahap pemeriksaan visual dilakukan, di mana instalasi listrik akan diperiksa secara fisik untuk memastikan bahwa semua komponen dan instalasi telah dibangun sesuai dengan desain yang disetujui.

Evaluasi hasil uji peralatan dan sistem merupakan tahap penting dalam proses SLO. Semua peralatan dan sistem instalasi listrik akan diuji untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik dan memenuhi standar kinerja yang ditetapkan.

Tahap berikutnya adalah pengujian unit, di mana komponen instalasi listrik akan diuji secara terpisah untuk memastikan bahwa mereka beroperasi dengan baik dalam kondisi yang berbeda.

Pemeriksaan dampak lingkungan juga menjadi bagian dari proses SLO. Ini melibatkan penilaian terhadap dampak lingkungan yang mungkin diakibatkan oleh instalasi listrik, dan langkah-langkah mitigasi yang akan diambil.

Terakhir, pemeriksaan pengelolaan sistem proteksi korosif akan dilakukan untuk memastikan bahwa sistem perlindungan terhadap korosi berfungsi dengan baik, mengingat dampak lingkungan yang mungkin timbul.

Proses SLO ini memerlukan kolaborasi yang erat antara pemerintah, pemilik instalasi listrik, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Landasan Hukum Yang Mengatur Sertifikat Laik Operasi

Undang-undang Nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan menjadi landasan utama dalam pengaturan sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Undang-undang ini membahas hak, kewajiban, dan peran pihak-pihak terkait dalam industri ini.

Selanjutnya, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah memberikan wewenang kepada pemerintah daerah dalam mengatur ketenagalistrikan sesuai dengan kebutuhan lokal.

Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2012 dan Peraturan Pemerintah Nomor 62 tahun 2012 memberikan panduan mengenai kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik dan usaha jasa penunjang tenaga listrik.

Sementara itu, Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 28 tahun 2014 dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 tahun 2017 mengatur kualifikasi usaha jasa penunjang tenaga listrik dan tingkat mutu pelayanan serta biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Selanjutnya, Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 46 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 38 tahun 2018 mengatur standarisasi kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan serta tata cara akreditasi dan sertifikasi dalam industri ini.

Penting juga untuk mencatat Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 12 Tahun 2019, yang mengatur kapasitas pembangkit tenaga listrik untuk kepentingan sendiri yang dilaksanakan berdasarkan izin operasi.

Selain itu, terdapat Peraturan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Nomor 556K/20/DJL.1/2014 yang mengatur tata cara penomoran dan registrasi sertifikat di bidang ketenagalistrikan.

Semua dasar hukum ini menjadi kerangka kerja yang penting dalam mengelola dan mengatur sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Dengan adanya regulasi yang komprehensif, diharapkan industri ini dapat beroperasi dengan lebih efisien dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat serta perekonomian nasional.

Baca Juga : Cara Mendapatkan SLO 

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321