SLO PLN Jakarta Barat

SLO PLN Jakarta Barat

Ada beberapa ketentuan yang perlu Anda tahu mengenai SLO PLN Jakarta Barat. Hal ini untuk memudahkan para pemohon dalam melengkapi segala bentuk keperluan dan kebutuhan terkait. SLO merupakan syarat wajib untuk menggunakan instalasi listrik menjadi lebih aman dan terjamin.

Klasifikasi, tujuan hingga masa berlaku SLO PLN Jakarta Barat

  1. Klasifikasi tenaga listrik

Pemohon wajib tahu sebelum memilih tegangan listrik yang sesuai yakni mengenai klasifikasinya. Instalasi tenaga listrik ini secara umum terbagi menjadi dua jenis yakni untuk pemanfaatan listrik dan penyedia listriknya. Sementara untuk pemanfaatan listrik juga terbagi lagi menjadi tiga macam.

Adapun pembagiannya memuat tegangan rendah, tegangan rendah dan tegangan tinggi. Kemudian penyedia listriknya terbagi menjadi tiga macam yakni instalasi distribusi tenaga listrik, instalasi transmisi tenaga listrik dan instalasi pembangkit listrik.

  1. Tujuan penggunaan SLO dalam instalasi listrik

Berikutnya yang tidak kalah penting dalam penggunaan SLO adalah kesesuaiannya dengan tujuan tersebut. Adapun tujuan untuk penggunaan SLO PLN Jakarta Barat terkini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tipe pengamanan untuk pemanfaatan tenaga listrik.
  • Memiliki jenis pengaman untuk instalasi tenaga listrik yang ada.
  • Tipe pemenuhan terkait standar yang berlaku untuk pemanfaatan dan peralatan terkait kelistrikan.
  1. Pemanfaatan SLO

Selain tujuan SLO juga memiliki manfaat khusus yang harus memenuhi beberapa kriteria penting yang mengikat sebagai berikut:

  • Instalasi listrik yang terpasang harus memenuhi segala bentuk keramahan untuk lingkungan.
  • Memiliki tipe keamanan yang lebih baik untuk manusia dan makhluk hidup terkait.
  • Memiliki andal dan aman untuk instalasinya.
  1. Masa berlaku

Bukan hanya wajib mengurus pemohon juga wajib mengurus perpanjangan jika sudah habis waktunya. Waktu masa berlaku ini juga berbeda-beda tergantung jenis instalasi yang ada. Masa berlakunya mulai lima tahunan untuk yang paling pendek, sepuluh tahun untuk menengah dan lima belas tahun untuk yang terlama.

Syarat pengurusan SLO

Selain beberapa hal penting tersebut Anda juga wajib mengerti alur pengurusan SLO PLN Jakarta barat teraman sebagai berikut:

  1. Spesifikasi teknik dan standar

Pemohon harus melampirkan dokumen yang berisi spesifikasi teknik dan juga standart yang berlaku.

  1. Spesifikasi instalasi dan peralatan

Semuanya harus dalam kondisi yang baik dan layak fungsi sesuai kegunaannya masing-masing.

  1. Diagram dan gambar

Hal berikutnya adalah melampirkan gambar dan diagram yang menunjukkan alur dari instalasi listrik yang terpasang.

  1. Kapasitas dan jenis

Dokumen yang penting selanjutnya adalah menjelaskan mengenai jenis dan kapasitas dari instalasi yang ada.

  1. Lokasi terkait

Lokasi untuk pemasangan instalasi listrik ini harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai tegangan yang terpasang.

  1. Izin usaha

Dalam operasional instalasi kelistrikan ini juga harus lengkap dengan adanya izin usaha terkait.

  1. Proses evaluasi

Jika semua syarat dan dokumennya masuk maka proses berikutnya adalah evaluasi oleh petugas. Proses ini akan memakan waktu sekitar empat harian sampai muncul hasil laik tidaknya. Jika sudah laik maka bisa lanjut untuk pengesahan dan penerbitan sertifikatnya melalui tembusan terkait.

  1. Penerbitan

Jika tidak laik hasilnya maka sertifikat otomatis tidak akan terbit. Namun jika laik proses penerbitan akan terperinci sesuai jabatan yang harus mengesahkan. Selanjutnya sertifkat akan menuju pemohonnya masing-masing.

Pengurusan SLO PLN Jakarta Barat ini memang tidaklah sulit, hanya saja keperluannya memang banyak. Jadi perlunya pengecekan secara berkala dan rinci untuk menghindari kurangnya syarat dan ketentuan. Jika masih bingung soal persyaratan dan pengurusannya, hubungi jasa pengurusan terpercaya.

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321