SLO Online

SLO Online

Salah satu cara pengurusan sertifikat kelaikan adalah menggunakan laman SLO online. Pengurusan online ini juga membantu para pemohon agar lebih ringkas dan menghemat waktu. Meskipun secara online tidak mengurangi syarat dan ketentuan yang mengikatnya. Sehingga penilaian kelaikan tetap berlaku layaknya secara offline.

Alur pengurusan SLO online

  1. Registrasi

Langkah SLO Online pertama yang harus Anda lakukan untuk menuju laman online ini adalah melakukan registrasi. Bukalah laman web yang terakreditasi kebenarannya dan jangan sampai salah. Laman web yang tidak sesuai berbahaya untuk keamanan data dan akun yang telah terbuat.

Setelah masuk pada laman yang benar klik “daftar” untuk memulai tahap pemeriksaan. Kemudian Anda akan beralih pada laman selanjutnya setelah loading beberapa saat. Jangan memindahkan laman atau beralih pada aplikasi lain agar prosesnya tidak terganggu.

  1. Pengisian data

Langkah kedua untuk proses SLO online terbaru adalah pengisian data sesuai kebutuhan lamannya. Lakukan pengisian secara lengkap pada laman formulir tanpa ada yang tertinggal. Pastikan semua kolomnya terisi dengan benar dan bisa terbukti keasliannya. Barulah pemohon bisa mengisi data lainnya.

Isian data SLO Online berikutnya berupa informasi mengenai area, wilayah, nama, alamat, provinsi, kota, telepon, biro teknik listrik, tarif dan security code. Jangan luap mengecek semua hal yang sudah masuk tanpa ada kesalahan. Barulah jika sudah yakin klik “daftar” dan datanya akan mengalami verifikasi.

  1. Verifikasi dan penyimpanan

Setelah mengeklik “daftar” maka pemohon akan beralih menuju laman berikutnya. Data yang tersimpan akan menjadi acuan untuk petugas yang menghubungi Anda nantinya. Selanjutnya siapkan gambar instalasi kelistrikan untuk menunjang proses kelaikannya.

Kemudian petugas juga memeriksa seluruh syarat yang ada, jika sudah memenuhi maka kelaikannya bisa terbit. Dengan adanya pendaftaran secara online ini bisa memudahkan masyarakat dan semakin peduli mengenai pentingnya SLO ini. Sehingga waktu dan tenaga bukan menjadi alasan lagi untuk tidak mengutamakannya.

Kelengkapan berkas untuk SLO

Adapun syarat yang berguna untuk pengurusan SLO online terlengkap adalah sebagai berikut:

  • Peralatan dan spesifikasi instalasi kelistrikan

Syarat SLO Online pertama yang harus ada untuk pengurusannya adalah peralatan dan spesifikasi instalasi kelistrikan. Semuanya harus dalam kondisi yang lengkap dengan detail yang ada. Hal ini menunjang kesiapan proses pemasangan dan juga keselamatan selama penilaian laiknya.

  • Tata letak dan gambar instalasi

Syarat SLO Online Selain peralatan dan spesifikasi yang lengkap jangan lupa untuk melampirkan tata letak dan juga gambar instalasinya. Gambar ini harus mudah pemahamannya untuk siapa saja yang melihatnya. Bahkan pembuatannya juga harus melalui orang yang memiliki keahlian khusus.

  • Teknik dan standar yang ada

Gunakan juga teknik dan standar yang tepat mengenai penggunaan kelistrikan untuk mengetahui sisi keamanannya. Petugas bisa menilai sistem kelaikan menggunakan parameter yang satu ini.

  • Diagram satu garis

Syarat SLO Online berikutnya adalah diagram satu baris. Biasanya yang membuat diagram dengan gambar merupakan satu orang karena lebih mengerti batasannya. Diagram ini berguna untuk menilai kelaikan dari masing-masing pilihan tegangan dan naik turunnya.

  • Kapasitas dan jenis

Jangan lupa untuk memberikan keterangan informasi mengenai jenis dan kapasitas dari tegangan listrik yang ada.

  • Lokasi penginstalan

Syarat selanjutnya adalah peta atau denah yang menunjukkan lokasi dari instalasi listrik yang aman dan nyata.

  • Izin usaha

Jangan lupa juga untuk melampirkan perizinan usaha yang menggunakan instalasi listrik lengkap dengan kartu identitasnya.

Adanya SLO online berguna untuk menunjang kelancaran dari penerbitan SLO agar lebih efisien. Banyak masyarakat yang tidak suka mengantre sehingga dalam versi online adalah solusinya.

Berapa Lama Waktu Berlakunya SLO

Sertifikat Laik Operasi (SLO) adalah dokumen vital dalam industri pembangkit tenaga listrik yang menentukan masa berlaku dan ketentuan untuk berbagai jenis instalasi. Pentingnya SLO tidak bisa diabaikan, karena ini berkaitan dengan keamanan dan keandalan pasokan listrik yang krusial bagi masyarakat.

SLO untuk instalasi pembangkit tenaga listrik biasanya berlaku selama 5 tahun. Ini berarti operator harus secara berkala memastikan bahwa instalasi mereka memenuhi standar keselamatan dan operasional yang ditetapkan, sesuai prinsip keselamatan tinggi dalam industri energi.

Namun, ketentuan berbeda berlaku untuk instalasi transmisi tenaga listrik bertegangan tinggi dan menengah. SLO untuk instalasi ini dapat berlaku selama 10 tahun, mencerminkan tingkat keandalan yang lebih tinggi yang diharapkan dari sistem transmisi yang mengirimkan listrik dalam jumlah besar ke berbagai lokasi.

Sementara itu, instalasi tenaga listrik bertegangan rendah memiliki SLO dengan masa berlaku hingga 15 tahun, menunjukkan kebutuhan pemeliharaan dan inspeksi yang lebih sedikit dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penting dicatat bahwa pemegang SLO harus memastikan instalasi tetap memenuhi standar keselamatan sepanjang masa berlaku SLO. Kegagalan melakukannya dapat mengakibatkan penundaan operasi, risiko kecelakaan, atau tindakan hukum.

Dalam industri pembangkit tenaga listrik, pemahaman tentang masa berlaku SLO sangat penting untuk menjaga operasi yang aman dan andal. Operator harus selalu memantau masa berlaku SLO mereka dan melaksanakan pemeliharaan yang diperlukan agar sistem beroperasi dengan efisien dan aman sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hukum Yang Mendasarinya

Proses pemberian Sertifikat Laik Operasi Instalasi Listrik (SLO) sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 38 tahun 2018 melibatkan beberapa tahap penting untuk memastikan keamanan dan kehandalan instalasi listrik. Tahap awal adalah Pemeriksaan Dokumen, di mana semua dokumen, termasuk desain, perijinan, dan dokumen teknis, diperiksa.

Selanjutnya, ada Pemeriksaan Kesesuaian Desain. Ini memastikan bahwa desain instalasi mematuhi standar keamanan, kapasitas, dan konsistensi sistem yang berlaku. Tahap berikutnya adalah Pemeriksaan Visual, yang memverifikasi kesesuaian fisik instalasi dengan desain yang telah disetujui.

Evaluasi Hasil Uji Peralatan dan Sistem merupakan langkah selanjutnya, di mana peralatan dan sistem listrik diuji untuk memastikan kinerjanya memenuhi standar. Unit Pengujian dilakukan untuk memeriksa setiap komponen dan peralatan dalam instalasi listrik.

Aspek lingkungan menjadi fokus dalam Pemeriksaan Dampak Lingkungan, yang mengevaluasi dampak operasi instalasi listrik terhadap lingkungan sekitarnya. Proteksi korosif menjadi prioritas dalam Pemeriksaan Pengelolaan Sistem Proteksi Korosif, terutama dalam instalasi listrik yang terpapar cuaca ekstrem.

Setelah melewati semua tahap ini, instansi berwenang akan mengeluarkan hasil uji dan Sertifikat Laik Operasi jika instalasi listrik memenuhi persyaratan. Sertifikat ini adalah bukti keamanan dan kehandalan instalasi sesuai standar.

Penting untuk mematuhi Peraturan Menteri ESDM No. 38 tahun 2018 guna memastikan instalasi listrik tetap memenuhi standar dan izin. Dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO), pengguna instalasi listrik memiliki keyakinan bahwa sistem mereka aman dan handal. Pastikan proses ini dilakukan dengan teliti untuk menjaga keandalan instalasi listrik Anda. SLO adalah kunci untuk memastikan keberlanjutan dan keselamatan instalasi listrik Anda sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca Juga : Cara Mendapatkan SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321