SLF Bangunan

SLF Bangunan

 

 

6 Cara Membuat SLF Bangunan dan Biaya Pembuatannya

 

SLF bangunan merupakan singkatan dari Sertifikat Laik Fungsi. Sebuah sertifikat dari pemerintah daerah setempat untuk menyatakan sebuah bangunan layak tinggal berdasarkan parameter tertentu.

 

Dokumen Sertifikat Laik Fungsi adalah salah satu penunjang keamanan bangunan. Karena penerbitan sertifikat tersebut melalui tinjauan bangunan secara administratif dan teknis. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara membuat Sertifikat Laik Fungsi selengkapnya.

Cara Membuat SLF Bangunan

 

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ketahui untuk membuat Sertifikat Laik Fungsi bangunan.

1.     Mengetahui 4 Kategori SLF

 

SLF untuk bangunan apa saja? Sebelum Anda membuat SLF bangunan, maka ketahui terlebih dahulu ada empat kategori bangunan berdasarkan luas dan jenis bangunannya, yaitu: 

 

Kategori Penjelasan
Kelas A Bangunan non rumah tempat tinggal yang mempunyai tinggi lebih dari 8 lantai.
Kelas B Bangunan non rumah tempat tinggal yang tingginya kurang dari 8 lantai.
Kelas C Bangunan rumah yang luasnya lebih atau sama dengan 100 meter persegi.
Kelas D Bangunan untuk rumah yang luasnya kurang dari 100 meter persegi.

2.     Melengkapi Dokumen Persyaratan

 

Untuk mendapatkan SLF seseorang harus mengajukan permohonan tertulis kepada Kepala Dinas yang bertanggung jawab di bidang pengawasan dan pengendalian bangunan gedung. Permohonan tertulis tersebut harus melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

 

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Sertifikat tanah
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Laporan pemeliharaan atau laporan penilaian bangunan teknis.
  • Gambar/ foto bangunan

 

3.     Mengajukan ke DPMPTSP

 

Setelah mengetahui empat kategori tersebut, Anda dapat langsung mengajukan SLF ke kantor DPMPTSP untuk mengajukan permohonan pembuatan SLF.

4.     Menunggu Petugas Inspeksi Bangunan ke Lokasi

 

Inspeksi bangunan atau kegiatan pemeriksaan keandalan sebagian atau komponen  bangunan, bahan bangunan, dan prasarana bangunan dalam jangka waktu tertentu.

 

Inspeksi  tersebut dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa beberapa komponen, yaitu:

 

  • Komponen arsitektur bangunan
  • Komponen struktur bangunan
  • Membangun komponen mekanik
  • Membangun komponen listrik
  • Komponen spasial bagian luar bangunan

 

5.     SLF Terbit

 

SLF terbit dalam jangka waktu 30 hari sejak pemberian persetujuan dokumen rencana teknis. Jangka waktu SLF rumah dengan dua lantai yaitu 20 tahun. Sedangkan bangunan rumah mewah dan bangunan umum tertentu punya jangka waktu 5 tahun.

6.     Memperpanjang SLF

 

Pemilik bangunan sebaiknya melakukan permohonan perpanjangan Sertifikat Laik Fungsi dalam waktu paling lambat yaitu  60 hari kalender sebelum berakhirnya SLF gedung bersangkutan.

Apakah SLF Wajib? ;

 

Jika Anda bertanya apakah membuat Sertifikat Laik Fungsi itu wajib? Menurut peraturan UU nomor 28/2002, barang siapa yang memanfaatkan bangunan gedung tetapi tidak memiliki SLF maka akan terkena pidana dalam kurungan.

 

Waktu pidana tersebut paling lama adalah 6 bulan dan denda paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Kenapa SLF Ditangguhkan?

 

Kepala Departemen dapat menangguhkan atau menolak permintaan SLF yang tidak memenuhi persyaratan. Penundaan permohonan SLF terjadi apabila permohonan SLF belum memenuhi persyaratan laik fungsi bangunan gedung.

 

Pemohon Sertifikat Laik Fungsi yang mengalami penangguhan ini nantinya akan mendapatkan laporan tertulis beserta keterangan penangguhannya.

Biaya SLF Bangunan

 

Saat membuat Sertifikat Laik Fungsi, maka Anda tidak perlu membayar biaya sedikitpun alias gratis. Ketentuan tersebut telah termuat dalam UU nomor 28/2002 yang membahas tentang bangunan gedung.

 

Pemda menjamin keamanan dan kelayakan gedung atau bangunan dengan memberikan Sertifikat Laik Fungsi sesudah melakukan uji kelayakan dari  beberapa komponen.

 

Jika Anda akan mendirikan bangunan, maka segera mengurus Sertifikat Laik Fungsi ke Dinas bersangkutan. Manfaat dan tujuan SLF bangunan sangat penting untuk menjamin keamanan dan kelayakan suatu gedung. Jadi, jangan anggap remeh, apalagi sampai mengabaikannya.

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321