SKK Pemadam Kebakaran

SKK Pemadam Kebakaran

Pengertian dan Syarat untuk Memperoleh SKK Pemadam Kebakaran

Mengurus SKK pemadam kebakaran merupakan langkah penting yang seharusnya pemilik gedung lakukan untuk melindungi property mereka. Kebakaran sendiri merupakan peristiwa yang bisa terjadi karena potensi alam atau human error.  Membiarkan gedung tanpa proteksi pemadam kebakaran sama artinya dengan tidak peduli dengan keselamatan banyak orang.

Pengertian dan Syarat untuk Memperoleh SKK Pemadam Kebakaran

Apa itu SKK? SKK merupakan dokumen atau sertifikat yang wajib pemilik gedung urus untuk memastikan proteksi dan keamanan gedung bangunan. Meskipun terdengar sangat sepele faktanya perusahaan membutuhkan banyak hal untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidak terkecuali  dengan berkas persyaratan berikut.

1. Surat Permohonan

Tidak hanya melampirkan dokumen persyaratan sebagaimana yang telah pemerintah tetapkan. Peserta juga wajib membuat surat permohonan bermeterai yang menyatakan keabsahan berkas persyaratan dan pengajuannya. Surat permohonan tersebut pemohon tujukan pada dinas yang membawahi proses penertiban sertifikat tersebut.

2. Akta Pendirian BU

Gedung bangunan milik perusahaan termasuk perusahaan jasa atau produsen wajib memiliki SKK. Tanpa SKK pemadam kebakaran terbaru dan aktif sulit bagi perusahaan untuk beroperasi dengan aman dan nyaman. Salah satu berkas persyaratan wajibnya adalah akta pendirian perusahaan atau SK pengesahan perusahaan.

3. Bukti Kepemilikan Tanah

Peserta juga wajib melampirkan bukti kepemilikan tanah yang sah. Apabila lahan atau gedung bangunan masih atas nama orang lain maka wajib menyertai surat perjanjian sewa. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa bertanya pada jasa pengurusan SKK.

4. Fotokopi IMB

Membuat SKK akan menjadi jauh lebih cepat dan mudah jika Anda memiliki IMB. Jasa pengurusan yang bekerja sama juga bisa menyelesaikan pemberkasan dengan cepat.

5. Fotokopi SLF

Selain memiliki IMB yang aktif dan terbaru jangan lupa untuk turut melampirkan fotokopi SLF. Tahapan dan berkas persyaratan SLF bisa Anda konsultasikan pada jasa pengurusan SKK.

6. Fotokopi KTP/Identitas Lain

Bila melakukan pengurusan secara personal maka lampirkan fotokopi KK/KTP Anda. Namun bila menggunakan perusahaan jasa cukup buat surat kuasa dan lampirkan KTP penanggung jawab.

7. Data Inventaris Pengelolaan dan Pemeliharaan APAR

Perusahaan wajib mengetahui apa saja data inventaris pengelolaan dan pemeliharaan APAR yang mereka punya.

8. Berkas Persyaratan Lainnya

Biarkan biro  pengurusan SKK pemadam kebakaran yang mempersiapkan berbagai persyaratan lainnya.

Alur Perizinan Yang Ditempuh Saat Mengurus SKK

1. Pemohon Mengajukan Permohonan

Usai memastikan tidak ada berkas persyaratan yang Anda lewatkan silahkan langsung ajukan permohonan pendaftaran SKK pada instansi terkait. Usahakan agar semua persyaratan telah terpenuhi termasuk surat permohonannya.

2. Menyerahkan Berkas Persyaratan dan Evaluasi Administrasi

Serahkan berkas persyaratan tersebut pada petugas untuk mereka evaluasi kebenarannya. Berkas yang sudah benar tidak perlu revisi akan langsung petugas kelola untuk proses selanjutnya.

3. Penetapan Penilaian Teknis

Petugas mengerahkan tim untuk melakukan penilaian teknis dengan mengunjungi lokasi gedung atau bangunan Anda. Ini penting guna memastikan jika proteksi kebakaran telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

4. Membayar Biaya Retribusi

Silahkan Anda melunasi biaya retribusi sebagaimana yang tertera pada bukti cetak pembayaran.

5. Keputusan dan Penerbitan SKK

Tunggu hingga hasil keputusan penerbitan SKK sampai ke telinga Anda. Jika sertifikat tidak terbit tandanya masih ada bagian yang masih harus revisi kembali. Apabila semuanya aman dan berjalan lancar Anda akan menerima penerbitan SKK dari instansi.

Sertifikat mungkin hanya sebuah berkas yang bisa rusak dengan mudah ketika terkena tinta atau air. Namun fungsi dan manfaat dari SKK terhadap kesejahteraan gedung bangunan sangatlah besar. Maka dari itu, hubungilah jasa pengurusan SKK pemadam kebakaran untuk mengurus sertifikasinya saat ini juga.

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321