Bicara tentang prosedur sertifikasi penangkal petir bukan hal familier bagi beberapa orang terutama mereka yang tidak memiliki hunian sendiri. Sertifikasi penangkal petir ditujukan bagi masyarakat yang telah memasang penangkal petir baik di rumah, perusahaan atau properti miliknya. Mereka yang mendapatkan sertifikasi adalah mereka yang berhasil lolos pada saat pengujian penangkal petir oleh Disnaker.

Prosedur Sertifikasi Penangkal Petir

Sumber: Google.com

Syarat melakukan sertifikasi penangkal petir

Ada dua syarat sertifikasi penangkal petir yang wajib dipenuhi seseorang saat mengajukan permohonan pembuatan sertifikasi pertama syarat administrasi dan syarat teknis:

  • Syarat administrasi

Yang dimaksud syarat administrasi bukan biaya pembuatan sertifikasi penangkal petir karena tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Ada pun biaya yang harus dipenuhi adalah surat pemohon bermeterai Rp 6.000. Setelah itu surat rekomendasi dari Camat setempat, Dinas Komunikasi dan Informasi atau Kepala Desa. Jangan lupa pula membawa foto copy KTP dan NPWP yang masih aktif. Membawa SITU, fotokopi akta pendirian perusahaan (jika sertifikasi dibuat untuk perusahaan). Terakhir memiliki jaringan kabel instalasi.

  • Syarat teknis

Syarat ini mengacu pada hal-hal teknis yang berhubungan dengan penggunaan peralatan penangkal petir. Termasuk pemakaian kabel tembaga, impedansi, grounding dan whip.

Inilah prosedur sertifikasi penangkal petir

Usai kedua persyaratan di atas terpenuhi, silahkan lanjutkan dengan mengikuti prosedurnya di bawah ini:

  1. Ajukan permohonan di DPMPTSP

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah pergi ke DPMPTSP untuk mengajukan permohonan pembuatan sertifikasi penangkal petir. Di tempat ini nantinya Anda akan memperoleh persyaratan sebagaimana di atas dan juga formulir pendaftaran.

  1. Melakukan verifikasi berkas

Jika sebelumnya Anda sudah mempersiapkan berkas persyaratan dari rumah, silahkan serahkan berkas persyaratan untuk verifikasi. Tugas ini akan dilakukan oleh Front Office baru kemudian di serahkan pada seksi lainnya.

  1. Validasi berkas

Usai verifikasi berkas, kepala seksi yang bertanggung jawab untuk mengecek kebenaran berkas. Jika berkas memenuhi syarat maka akan langsung divalidasi.

  1. Pengujian ke lokasi

Cara sertifikasi penangkal petir berikutnya dengan melakukan pengujian langsung di lokasi tempat permohonan sertifikasi.  Di sini, akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh terlepas itu kegiatan re-sertifikasi atau sertifikasi baru.

  1. Proses pembuatan sertifikasi

Usai cek lapangan, Anda hanya perlu menunggu apakah prosedurnya berjalan lancar atau tidak. Jika prosedur berjalan sukses, artinya proses pembuatan sertifikasi sedang berjalan.

  1. Menerima sertifikasi

Setelah semua proses administrasi yang perlu dilakukan selesai, SK akan Anda terima langsung dari DPMPTSP tempat Anda melakukan pendaftaran sebelumnya.

Itulah tata cara membuat sertifikasi penangkal petir, jika merasa malas mengurusnya sendiri silahkan hubungi. jasa sertifikasi penangkal petir. Penyedia jasa akan membantu mengurus kepemilikan sertifikasi penangkal petir dengan mudah dan efisien.

Pada dasarnya hampir semua prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memiliki sertifikasi tidaklah sulit termasuk prosedur sertifikasi penangkal petir. Yang perlu diperhatikan adalah persyaratan dan cara pembuatannya saja. Sementara proses pengujian dan pembuatan menjadi tanggung jawab pemerintah.

Jasa pengurusan sertifikasi petir turut hadir dalam membantu Anda agar usaha atau kegiatan yang mau diadakan tidak berjalan lancar secara illegal. Di sini kami berniat membantu Anda mendapatkan dokumen terkait sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321