Peraturan Tentang SKK

Peraturan Tentang SKK

Fakta Menarik Dibalik Peraturan Tentang Sertifikat Keselamatan Kebakaran

Apa yang Anda ingat bila membahas peraturan tentang SKK? Adakah jawaban yang bisa Anda berikan dari pertanyaan tersebut? SKK berbeda dari sertifikat kerja karena sertifikat ini berfungsi untuk gedung bangunan sama halnya seperti SLF.

Fakta Menarik Dibalik Peraturan Tentang SKK ; Peraturan Tentang SKK

Mengetahui peraturan SKK sebelum mengurus perizinannya merupakan jalan paling cerdas yang banyak pengusaha lakukan. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan justru semakin bagus karena dapat mengurangi risiko kesalahan atau human error.  Inilah sejumlah peraturan atau fakta menarik yang berhasil kami himpun mengenai SKK:

1. Pihak yang Berhak Membuat SKK

Beberapa sumber menyebutkan jika pemilik gedung merupakan pihak utama yang bertanggung jawab untuk pengurusan SKK. Mereka harus mengurus SKK terutama bila menjadikan property mereka sebagai publik area seperti apartemen, rumah susun, perusahaan dan sebagainya.

Mangkir dari pengurusan SKK sama saja dengan membahayakan keselamatan orang lain. Pemerintah memiliki aturan baku mengenai hukum yang bisa menjera mereka yang tidak mengurus SKK dengan benar.

2. Dasar Hukumnya

Macam –macam peraturan tentang Sertifikat Keselamatan Kebakaran menjadi informasi tambahan yang selalu menarik untuk kita simak. SKK juga memiliki dasar hukum berlaku bukan hanya satu tapi dua yakni Perda dan Permen. Masing-masing peraturan tersebut memiliki kekuatan di mata hukum dan pemerintahan.

3. Masa Berlaku SKK

Tahukah Anda berapa lama masa berlaku dari SKK ini? Khusus untuk bangunan lebih dari 8 lantai SKK-nya berlaku selama 12 bulan lamanya. Artinya pemilik gedung masih harus melakukan proses perpanjangan ketika SKK kadaluwarsa.

Syarat Perizinan SKK yang Harus Dipenuhi ; Peraturan Tentang SKK

1. Surat Permohonan Resmi Dengan Tambahan Materai

Akan sulit bagi permohonan Anda untuk pemerintah terima jika berkas persyaratan tidak lengkap dengan surat permohonannya. Itulah mengapa Anda harus membuat surat permohonan yang jelas dan resmi bahkan dengan materai.

2. Fotokopi Kartu Identitas

Detail peraturan tentang Sertifikat Keselamatan Kebakaran tidak jauh dari pembahasan alur dan syarat. Ada pun syarat kedua adalah fotokopi kartu identitas seperti KTP atau KK. Namun untuk pemohon WNA bisa membawa serta KITAS, paspor atau VISA mereka.

3. Bukti Hak Tanah

Agar tidak mengalami revisi pemberkasan pada saat mengajukan permohonan penerbitan SKK pastikan jika Anda memiliki bukti hak tanah. Sertifikat hak tanah tersebut bisa Anda urus sendiri atau meminta bantuan dari jasa profesional. Lahan atau gedung bukan milik pribadi wajib melampirkan surat perjanjian dan berkas persyaratan pendamping .

4. Fotokopi IMB/SLF

Selain menyiapkan ketiga berkas sebelumnya, pemohon juga wajib melampirkan fotokopi dari IMB/SLF. Keduanya merupakan sertifikat bangunan yang harus Anda urus jika ingin bangunan berdiri dan beroperasi secara resmi.

5. Fotokopi IPTB LAL

Jangan lupa untuk turut serta menyiapkan fotokopi IPTB LAL. Jika belum mengurus berkas tersebut Anda bisa segera mengurusnya ke instansi terkait.

6. Dokumen Penyelenggaraan Sistem MMKG

Merupakan dokumen yang menjelaskan bagaimana cara Anda menyelenggarakan sistem MMKG pada gedung bangunan terkait. Buat dokumen ini dengan data yang tepat dan akurat tidak kurang atau lebih.

7. Dokumen Pendukung Lainnya

Ada beberapa dokumen pendukung yang juga menjadi perhatian utama pemerintah ketika memutuskan penerbitan SKK. Anda bisa melihat contekan informasinya secara daring atau meminta bantuan jasa pengurusan SKK untuk melakukannya.

Yakinkah Anda bisa mengurus penerbitan SKK secara mandiri karena berdasarkan pengalaman kami rata-rata perusahaan menggunakan bantuan jasa profesional.  Manfaatkan jasa profesional untuk mendapatkan bantuan pengurusan sekaligus informasi peraturan tentang SKK.

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321