021 21799321 info@konsultanku.com

pembuatan papan reklame

Image From Google.com

Pembuatan papan reklame sebagian besar dilakukan oleh perusahaan atau instansi pemerintah sebagai iklan atau pemberitahuan. Bertujuan untuk memberikan informasi atau memperkenalkan suatu produk pada publik. Itulah mengapa reklame dibuat sangat menonjol dan mencolok lalu dipasang di tempat-tempat terbuka.

Jenis-Jenis Reklame

Sayangnya, masyarakat awam hanya mengenal billboard sebagai reklame padahal ada banyak jenis papan reklame yang diaplikasikan di bangunan, pinggir jalan atau objek lainnya.  Informasi lengkapnya di bawah ini:

  • Branding Mobil

Pernahkah Anda menemukan mobil yang tampil sangat mencolok karena menampilkan iklan di bodinya? Inilah yang disebut dengan branding mobil di mana reklame sengaja dibuat lantas dipasang pada bodi mobil.

Banyak sekali perusahaan yang melakukan branding mobil seperti ini terutama mereka yang berada di bidang ekspedisi, perusahaan makanan bahkan layanan pemerintahan. Mobil dianggap sebagai objek atau media iklan yang lebih efektif daripada reklame lainnya. Karena mobil bisa bergerak bebas ke mana saja dan kapan saja.

  • Billboard

Berdasarkan definisinya, reklame adalah media atau objek periklanan berukuran raksasa yang sengaja dipasang di keramaian seperti jalanan yang padat. Dan dari semua jenis reklame, billboard merupakan jenis yang paling familier dan sesuai dengan definisi tersebut.

Berbeda dengan branding mobil, membuat billboard membutuhkan dana yang lebih banyak. Tidak heran jika kebanyakan billboard menampilkan iklan dari brand ternama. Tapi tidak sedikit pula instansi pemerintah yang menampilkan iklan atau pemberitahuan dalam bentuk billboard.

  • Huruf Timbul

Bagi para pengusaha menggunakan huruf timbul sebagai identitas toko atau usaha mereka merupakan hal yang biasa. Huruf timbul yang tersedia pun sangat banyak jenisnya, ada yang dibuat dari material akrilik, stainless steel, kayu, galvanis dan kuningan.

Huruf timbul bagi tempat usaha atau toko dimanfaatkan untuk membuat nama dan logo usaha. Dan biasanya dipublikasikan di jendela. Intinya, reklame ini sengaja dibuat untuk memudahkan konsumen menemukan lokasi toko dengan cepat.

  • Pylon Sign

Prosedur pembuatan reklame tergantung pada beberapa hal. Pertama, siapa yang bertanggung jawab pada penyelenggaraan reklame. Karena persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan reklame badan hukum dan perorangan tidaklah sama.

Pylon sign juga termasuk jenis reklame yang tidak bisa dipasang sembarangan. Harus ada perizinan yang jelas baru bisa diperlihatkan ke publik. Pylon sign paling sering ditemukan di tempat-tempat umum terutama persimpangan jalan raya. Pylon sign dibuat dari dua material yakni stainless steel atau akrilik. Sengaja dibuat untuk mempromosikan brand dan produk.

  • Neon Box

Fungsi neon box hampir sama seperti huruf timbul yakni memperkenalkan atau mempromosikan toko pada konsumen. Keunikannya terletak pada bentuknya di mana neon box memiliki unsur cahaya yang membuatnya tampak lebih menarik  dan bercahaya terutama di malam hari.

Sehingga konsumen yang berada jauh dari jangkauan toko masih bisa menemukan toko dengan melihat informasi yang tertulis atau tergambar pada neon box.

Syarat dokumen pembuatan papan reklame

Pembuatan papan reklame terlepas dan jenis-jenisnya membutuhkan berkas atau dokumen guna memperlancar proses administrasi. Berikut ini persyaratannya:

  • Fotokopi KTP

Berkas pertama tentu saja identitas pribadi di mana pemohon harus membawa minimal fotokopi KTP terbaru dan masih aktif yang dimilikinya.

  • Surat Permohonan

Membuat permohonan pembuatan reklame secara tertulis pada pemerintah. Jangan lupa untuk menyertai berapa banyak jumlah reklame, jenisnya, ukuran, lama pemasangan dan terakhir lokasi pemasangan.

  • Fotokopi Pelunasan Pajak

Persyaratan pembuatan reklame terakhir adalah bukti pelunasan pembayaran pajak reklame. Tidak perlu membawa bukti asli cukup serahkan saja fotokopinya. Semua berkas tersebut diatur dan dimasukkan ke dalam map snelhecter plastik berwarna kuning.

Dan itulah syarat pembuatan papan reklame yang harus dipenuhi oleh pemohon. Tanpa melengkapi persyaratan di atas sulit bagi pemerintah untuk menyetujui permohonan perizinan reklame Anda.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Baca Juga : Apa itu strauss pile?

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321