021 21799321 info@konsultanku.com

Landasan hukum sertifikasi penangkal petir mengatur perizinan hukum mengenai pengawasan kegiatan pengujian penangkal petir yang dilakukan Disnaker . Karena memiliki standar hukum bahkan diatur UU tandanya ada sanksi dan denda yang diterima jika tidak melaksanakan pengujian secara teratur. Pengajuan pembuatan sertifikasi tidak dilakukan sekali, tapi dilakukan dua kali dan terakhir kalinya adalah internal cek.

Landasan Hukum Sertifikasi Penangkal Petir

Sumber: Google.com

Macam-macam model penangkal petir

1. Model Radioaktif

Asal usul dan sejarah tentang petir selalu menarik untuk dipelajari, beberapa ilmuwan meyakini jika petir merupakan muatan listrik yang terbentuk di atas awan akibat ionisasi. Maka untuk menangkal sambaran petir masuk ke dalam gedung atau tempat tinggal dibuatlah penangkal petir model radioaktif.

Keberadaan penangkal petir ini pernah menjadi pro dan kontra di kalangan ilmuwan, karena zat radiasi yang dimiliki cukup tinggi dan bila digunakan terus menerus khawatir akan berakibat fatal terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

2. Model Konvensional

Salah satu model penangkal petir yang banyak direkomendasikan oleh jasa sertifikasi penangkal petir adalah model konvensional. Sistem penangkal petir ini memungkinkan untuk menghalau petir dengan efektif. Penyedia jasa akan memasang grounding penangkal petir di atas gedung komersil atau tempat tinggal.

Grounding penangkal petir tersebut dibuat dengan teknologi mutakhir yang akan menghambat dan menghilangkan getaran petir dari atas awan. Dengan demikian meskipun grounding penangkal petir terdampak sambaran petir, gedung atau bangunan tidak akan ikut terdampak.

3. Model Elektrostatis

Dan model terakhir adalah penangkal petir yang dibuat dengan sistem radio aktif. Meskipun sistemnya hampir mirip dengan model penangkal petir radioaktif, ada perbedaan energi yang digunakan.

Uniknya bila dilihat secara sekilas, semua bentuk penangkal petir  hampir sama. Yang membedakan adalah sistem kerjanya. Mau memilih model penangkal petir yang mana usahakan pilih jasa pemasangan yang tepat dan jangan lupa melakukan sertifikasi penyalur petir.

Pentingnya memahami landasan hukum sertifikasi penangkal petir

Meskipun sudah banyak yang memahami apa itu penangkal petir dan manfaatnya untuk diri sendiri maupun orang lain, masih banyak yang tidak melakukan pemasangan. Padahal memasang penangkal petir bagus untuk dilakukan apalagi cuaca di Indonesia yang kerap kali berubah dari panas menjadi hujan petir.

Dasar hukum sertifikasi penangkal petir wajib dan sudah tertuang di dalam UU dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. per.31/MEN/2015 Tentang Pengawasan Instalasi Penyalur Petir. Mereka yang tidak melaksanakan UU ini maka bisa diberikan sanksi bagi pemilik gedung atau tempat tinggal yang sudah memasang penangkal petir tapi tidak melapor atau mengurus pengujian kelayakan. Proses pengujiannya mudah dan bisa dilakukan dengan cepat karena hanya melihat beberapa aspek saja.

Dengan mengetahui landasan hukum sertifikasi penangkal petir niscaya orang akan lebih terbuka untuk melakukan pengajuan kelayakan penyalur petir mereka. Karena manfaat melakukan pengujian ini bukan hanya untuk pemerintah tapi untuk pengguna penangkal petir itu sendiri.

Jasa pengurusan sertifikasi petir turut hadir dalam membantu Anda agar usaha atau kegiatan yang mau diadakan tidak berjalan lancar secara illegal. Di sini kami berniat membantu Anda mendapatkan dokumen terkait sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321