021 21799321 info@konsultanku.com

Familier dengan istilah konsultan perencana? Beberapa orang mungkin merasa familier terutama mereka yang sehari-harinya bekerja di bidang konstruksi baik itu sebagai kontraktor, jasa konsultan dan lainnya. Namun bagi masyarakat awam yang tidak punya keterkaitan dengan konstruksi, istilah konsultan proyek pelaksana tentu sangat asing. Padahal pekerjaan ini eksis dan sangat penting terutama untuk pelaksanaan kegiatan konstruksi.

Konsultan Perencana

Sumber: google.com

Apa itu konsultan perencana dan tugas pokoknya?

Yang dimaksud dengan konsultan proyek pelaksana adalah pihak atau badan perusahaan yang dipilih owner untuk membantu melaksanakan perencanaan konstruksi pembangunan. Tanpa kehadiran konsultan, akan sulit bagi owner untuk melakukan penggarapan konstruksi bangunan yang sudah direncanakannya sejak lama.

Dari definisinya saja, kita bisa menggambarkan betapa besarnya tanggung jawab dan wewenang seorang konsultan proyek pelaksana. Dan inilah tugas-tugas yang mereka emban:

1. Membuat RKS dan RAB

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh seorang konsultan salah satunya membuat RKS dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Kedua pelaporan ini penting dan harus dibuat guna mengetahui bagaimana planning yang dimiliki konsultan untuk pelaksanaan pembangunan proyek. Dan berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan proyek?

2. Mewujudkan ide desain konstruksi yang diinginkan owner

Melakukan perencanaan kota tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus ada jasa konsultan ahli perencana yang melakukannya. Salah satu tugas mereka adalah mewujudkan ide desain konstruksi yang menjadi impian owner. Mengingat setiap owner memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda, sudah menjadi tugas konsultan untuk mempelajarinya desainnya dengan baik. Karena bagaimana pun juga desain yang berbentuk 2D nantinya akan berubah menjadi bangunan asli terdiri dari unsur beton, besi dan baja.

3. Menyesuaikan desain ketika terjadi masalah teknis di lapangan

Sayangnya, saat mewujudkan desain menjadi bangunan nyata terkadang ada saja masalah teknis yang terjadi. Peran konsultan proyek pelaksana tidak selesai sampai di sini, mereka justru harus melakukan penyesuaian desain dan mencari jalan keluar hingga masalah teknis tersebut bisa teratasi.

4. Bertanggung jawab pada struktur dan desain pembangunan

Meskipun jarang terjadi, nyatanya ada saja kegiatan konstruksi yang gagal. Kegagalan konstruksi ini terjadi karena beberapa sebab. Tapi bila melihat kontrak kerja sama, tanggung jawab kegagalan konstruksi dibebankan pada konsultan.

5. Membuat DED

Yang dimaksud dengan DED adalah gambar kerja pelaksanaan proyek. Tanpa gambaran ini akan sulit bagi konsultan dan kontraktor untuk melakukan kegiatan konstruksi dengan baik dan tepat sasaran.

6. Memberikan nuansa kondusif pada pelaksaan konstruksi

Dan tugas berikutnya adalah menciptakan nuansa kondusif di lapangan. Suasana yang menyenangkan di lapangan biasanya akan berimbas pada pekerjaan konstruksi yang selesai lebih cepat dari sebelumnya.

Macam-macam pekerjaan konsultan konstruksi

Menemukan pekerjaan di bidang ini sebenarnya tidak sulit, karena struktur organisasi konsultan proyek sangat beragam terdiri dari beberapa jasa meliputi:

  • Konsultan Arsitektur

Mereka memiliki tanggung jawab sepenuhnya sebagai kepala koordinator dan membawahi organisasi konsultan proyek lainnya. Untuk menjadi konsultan arsitektur dibutuhkan skill arsitek yang baik dan profesional.

  • Konsultan Struktur

Tugas utama mereka sebagai perencana konstruksi, pekerjaan mereka hanya bisa dilangsungkan jika konsultan arsitektur telah menyelesaikan rancangan desain bangunan.

  • Konsultan Estimasi Biaya

Lowongan konsultan konstruksi selalu terbuka lebar terutama jika Anda berencana untuk menjadi konsultan estimasi biaya. Tugas mereka tentu lebih banyak berhubungan dengan administrasi daripada teknis lapangan dan desain konstruksi.

  • Konsultan Mekanikal Elektrikal

Dan jenis konsultan terakhir adalah konsultan mekanikal elektrikal yang memiliki peranan dan fungsi tersendiri dalam melangsungkan kegiatan konstruksi proyek.

Sudah memahami apa saja tugas dan wewenang dari konsultan perencana? Nyatanya tugas konsultan ini sangat beragam bahkan dikelompokkan kembali berdasarkan pada keahlian yang dimiliki.

Untuk informasi lainnya Hubungi kami :

Catur Iswanto : 0812-9288-9438 (Call / WhatsApp)