021 21799321 info@konsultanku.com

Konsultan pengawas proyek merupakan pihak yang bertanggung jawab  dan memiliki kuasa sepenuhnya atau sebagian dalam pelaksanaan konstruksi.  Mereka bekerja atas dasar payung hukum dengan surat perintah kerja sejak konstruksi dimulai yang diberikan oleh owner proyek. Pada umumnya, konsultan pengawas terdiri dari badan usaha atau perorangan dengan keterampilan kerja dan profesionalisme tinggi di bidang konstruksi.

Konsultan Pengawas Proyek

Sumber: Google.com

Tugas dan tanggung jawab konsultan pengawas proyek

Ada banyak tanggung jawab yang diberikan pada konsultan pengawas demi kelancaran proses konstruksi di antaranya:

  1. Mengawasi secara rutin

Sebagai seorang konsultan pengawas sudah menjadi tanggung jawab utama mereka untuk melakukan pengawasan jalannya kegiatan konstruksi secara teratur. Pengawasan ini dibutuhkan untuk mengisi jurnal perjalanan konstruksi dan mengetahui peta atau kondisi kegiatan di lapangan.

  1. Menyelenggarakan administrasi umum

Bukan hanya bertanggung jawab di lapangan, konsultan pengawas juga memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan administrasi umum. Segala pengeluaran yang dibutuhkan untuk melancarkan kegiatan konstruksi harus diawasi dengan ketat dan seksama.

  1. Menerbitkan laporan pekerjaan

Tugas konsultan pengawas selanjutnya adalah menerbitkan laporan pekerjaan. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seorang pengawas karena laporan kerja akan di-cross check langsung oleh owner proyek. Sebagai penanggung jawab utama, konsultan pengawas perlu memiliki data-data yang valid tentang perjalanan kegiatan konstruksi yang sedang berlangsung.

  1. Memberikan saran mengenai konstruksi

Seorang konsultan pengawas tidak hanya memiliki kehebatan dalam berkomunikasi tapi juga memiliki dasar pendidikan di bidang konstruksi meliputi arsitektur, teknik sipil, mekanikal elektrikal, dan lainnya. Jadi bukan hal asing lagi jika ada banyak gagasan konsultan pengawas yang digunakan untuk membantu melancarkan kegiatan konstruksi.

  1. Memilih dan menyetujui brand yang direkomendasikan kontraktor

Dan tanggung jawab terakhir adalah memilih atau menyetujui brand yang telah direkomendasikan sebelumnya oleh pihak kontraktor. Tentunya brand yang dipilih harus lolos dari berbagai pertimbangan terutama pertimbangan owner proyek.

Wewenang dan hak yang dimiliki konsultan pengawas

Banyak orang yang masih mempertimbangkan mempekerjakan seorang ahli atau tidak tapi jika melihat dasar hukum konsultan pengawas , pertimbangan untuk menggunakan jasa mereka sangatlah penting. Lantas, apa saja yang menjadi hak atau wewenang konsultan pengawas?

  1. Menegur kontraktor bila menemukan penyimpangan

Sebagai konsultan pengawas mereka tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pembangunan konstruksi di lapangan karena ini sudah menjadi tanggung jawab kontraktor. Tapi karena memiliki hak sebagai pengawas, konsultan pengawas berhak menegur kontraktor ketika ditemukan adanya indikasi penyimpanan kontrak kerja.

  1. Mengoreksi pekerjaan kontraktor

Selain memberikan teguran, konsultan pengawas juga berhak mengoreksi hasil pekerjaan yang dilakukan kontraktor apalagi jika pekerjaan tersebut sudah keluar jalur dari kontrak yang disepakati sebelumnya.

  1. Menanggapi usulan kontraktor

Kontraktor dan konsultan pengawas masing-masing memiliki pemahaman yang sama baiknya tentang konstruksi mengingat struktur organisasi konsultan pengawas yang terdiri dari orang terampil. Tapi karena keduanya memiliki pola pikir yang berbeda, tidak jarang usulan yang diberikan bertolak belakang. Meski demikian sudah menjadi hak konsultan pengawas untuk menyampaikan dan menanggapi usulan yang diberikan kontraktor atas proyek konstruksi yang sedang berjalan.

  1. Menghentikan pelaksanaan proyek

Keputusan untuk menghentikan pelaksanaan proyek ini biasanya bersifat temporer, alasannya karena kontraktor tidak memperhatikan peringatan atau teguran yang diberikan konsultan pengawas. Jadi daripada kegiatan konstruksi dilaksanakan terus menerus tanpa indikasi perubahan, konsultan pengawas memiliki wewenang untuk mengatakan berhenti.

Itulah hak, wewenang serta tanggung jawab yang dimiliki oleh konsultan pengawas proyek. Anda yang ingin berhubungan dengan mereka untuk kepentingan konstruksi baiknya memahami semua poin di atas dengan sebaik mungkin.

Untuk informasi lainnya Hubungi kami :

Catur Iswanto : 0812-9288-9438 (Call / WhatsApp)