Jasa SLO PLN

Jasa SLO PLN

SLO memang memerlukan banyak syarat untuk pengurusannya jadi bisa menggunakan jasa SLO PLN. Adanya jasa ini membantu pemohon mengantre dan juga memasukkan semua data yang ada. Namun pemohon tidak bisa lepas tangan karena dokumen penting tetap menjadi tugas dari pemohon untuk melengkapinya.

Ketentuan mengenai jasa SLO PLN

  1. Fungsi dan tujuan

Banyak yang belum mengenal mengenai pentingnya memiliki SLO dalam proses operasionalnya. SLO merupakan sertifikat yang menunjukkan pengakuan dari lembaga khusus mengenai kelayakan dan juga keamanan penggunaannya. Sehingga ketika PT atau perusahaan sudah memiliki izin maka sudah pasti aman dalam penggunaannya.

Penilaian kelaikan ini juga bukan hanya berdasarkan pada tipe tegangan dan kesesuaiannya dengan lahan operasi. Kelaikannya juga harus memenuhi keamanan dan keramahannya terhadap lingkungan.

  1. Sanksi dan ketentuan

Segala bentuk alur dan pengurusan dari jasa SLO PLN terbaik juga harus sesuai dengan aturan yang ada. Jika tidak sesuai pemohon maupun pemilik sertifikat akan mendapatkan sanksi dan ketentuannya. Bukan hanya sanksi dalam bentuk penjara namun juga ada denda yang harus ter bayarkan.

  1. Instalasi yang wajib memiliki

Bahkan aturan ini juga memuat beberapa jenis instansi yang harus memiliki SLO untuk izin operasinya. Adapun instansi yang termasuk berupa pemanfaatan listrik, distribusi tenaga listrik, transmisi tenaga listrik dan pembangkit tenaga listrik. Instansi ini memiliki kegiatan yang berkaitan langsung dengan penggunaan listrik.

  1. Kebijakan tambahan yang mengikat

Ada beberapa hal khusus yang harus pemohon perhatikan terkait kepemilikan dari SLO sebagai berikut:

  • Instansi atau orang yang memiliki wewenang dalam hal kelistrikan wajib memiliki SLO dan sertifikat kompetensi yang mumpuni.
  • Selain SLO instansi kelistrikan juga harus memiliki izin khusus dalam penggunaan kelistrikannya.
  • Dalam kegiatan jual beli yang melibatkan kelistrikan juga harus memiliki surat izin terkait pendistribusiannya.
  • Pemilik instansi yang berwenang wajib memperpanjang SLO jika sudah dalam waktunya.

Pembuatan dokumen untuk SLO

Untuk mendapatkan dokumen jasa SLO PLN terupdate Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan permohonan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan permohonan melalui laman online maupun datang langsung ke kantor terkait. Lembaga yang menjadi tujuannya harus terdaftar dan memiliki nilai akreditasi yang sesuai.

  1. Uji kelaikan

Langkah kedua setelah melengkapi proses pendaftaran Anda bisa langsung menunggu proses kelaikan dari petugas. Uji kelaikan ini terkait kelengkapan berkas dan juga keaslian dari dokumen yang terlampir. Petugas harus rinci dan jelas dalam memberikan nilai yang ada dengan pengujian yang jelas.

  1. Pengajuan nomor registrasi

Setelah proses kelaikan dan pengujiannya selesai maka hasil dari verifikasi ini akan mendapat tembusan pada pemerintah sesuai wewenangnya. Barulah nomor registrasi akan terbit dan langsung muncul ke SLO pusat untuk melalui tahap lanjutan.

  1. Proses terbit tidaknya

Jika hasilnya tidak laik maka tahap akan berhenti dan pemohon bisa mengganti apa saja yang kurang laik. Namun jika hasilnya laik maka proses bisa lanjut ke tahap penerbitan sertifikat.

  1. Penerbitan

Jika sudah laik maka draft sertifikat akan terbuat dan lanjut untuk melalui proses penerbitan lanjutan. Sertifikat ini akan mendapatkan nomor resmi dan pengesahan SK khusus yang sesuai. Barulah nantinya sertifikat akan langsung terdistribusikan pada pemohonnya.

Untuk menggunakan jasa SLO PLN memang memerlukan beberapa ketentuan khusus. Terlebih untuk memastikan kelaikan dari hasil sertifikatnya. Hasilnya pasti laik jika semua syaratnya sudah terpenuhi. Jadi jika ingin mengajukan SLO maka bisa memperhatikan berbagai informasi di atas. Semoga bermanfaat.

Alur Pengurusan SLO

Dalam proses pengurusan Sertifikat Laik Operasi (SLO), terdapat sejumlah tahapan penting yang harus diperhatikan. Berikut adalah aturan dan prosedur yang harus diikuti:

1. **Penuhi Persyaratan Administrasi**: Pemohon harus memastikan bahwa semua persyaratan administrasi telah dipenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

2. **Ajukan Permohonan SLO**: Permohonan SLO dapat diajukan dengan mengisi formulir pendaftaran melalui laman website resmi Kementerian ESDM. Alternatifnya, Anda dapat menghubungi Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Listrik Akreditasi di daerah Anda.

3. **Tunggu Email Verifikasi**: Setelah mengajukan permohonan, pemohon perlu menunggu email verifikasi. Proses ini berlaku baik untuk pengajuan secara online maupun offline.

4. **Dapatkan Hasil Verifikasi**: Email verifikasi akan memberikan informasi apakah pendaftaran Anda lolos atau tidak. Jika berhasil, proses selanjutnya akan segera dimulai.

5. **Hubungi oleh Tim Inspeksi**: Tim dari Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Listrik Akreditasi akan menghubungi pemohon untuk melanjutkan proses pengurusan SLO.

6. **Pemeriksaan dan Pengujian**: Selanjutnya, pemeriksaan dan pengujian akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Ini adalah tahap kritis dalam mendapatkan SLO yang memastikan bahwa instalasi memenuhi standar keselamatan.

7. **Penerbitan SLO**: Jika pemeriksaan dinyatakan lolos, SLO akan diterbitkan dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah selesai dilaporkan. Ini adalah langkah terakhir dalam proses pengurusan SLO.

8. **Penggunaan SLO**: Setelah menerima SLO, pemohon dapat menggunakannya untuk melakukan permohonan Sambung Baru atau Tambah Daya kepada penyedia tenaga listrik.

Penting untuk diingat bahwa mengurus SLO adalah proses yang memerlukan kehati-hatian dan kepatuhan terhadap peraturan. Untuk memastikan bahwa proses ini berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, banyak perusahaan memilih untuk menggunakan jasa pengurusan SLO yang profesional seperti yang ditawarkan.

Tata Hukum Yang Mendasarinya

Dalam mengurus Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk bisnis penyedia layanan listrik di Indonesia, penting untuk memahami regulasi yang terkait. Berikut adalah regulasi-regulasi utama yang perlu diperhatikan:

1. **Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan**: Undang-Undang ini adalah dasar hukum untuk sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Regulasi ini mengatur semua aspek, termasuk penyediaan tenaga listrik, pengaturan, dan perizinan.

2. **Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik**: Peraturan ini memberikan kerangka kerja lebih rinci tentang jenis-jenis kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik, persyaratan operasional, dan perizinan yang diperlukan.

3. **Peraturan Menteri ESDM No. 5 Tahun 2014 tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan**: Regulasi ini mengatur prosedur dan syarat untuk akreditasi dan sertifikasi di sektor ketenagalistrikan, termasuk SLO. Hal ini memastikan bahwa penyedia layanan listrik memenuhi standar keamanan dan kehandalan yang ditetapkan.

4. **Peraturan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan No. 556K/20/DJL.1/2014 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penomoran dan Registrasi Sertifikat di Bidang Ketenagalistrikan**: Peraturan ini mengatur prosedur penomoran dan registrasi sertifikat, termasuk SLO, dalam sektor ketenagalistrikan. Ini membantu memantau dan memastikan validitas SLO yang diterbitkan.

Penting untuk diingat bahwa pengurusan SLO harus mematuhi semua regulasi ini. Untuk memudahkan proses perolehan SLO, banyak bisnis memilih untuk menggunakan jasa pengurusan SLO yang berpengalaman. Jasa ini akan membantu Anda navigasi melalui berbagai persyaratan perizinan, memastikan dokumen Anda lengkap, dan mematuhi regulasi yang berlaku.

Dengan memahami dan mengikuti regulasi ini dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa bisnis penyedia layanan listrik Anda beroperasi secara sah dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Seiring dengan kemudahan pengurusan SLO secara online, Anda dapat menjalankan bisnis listrik Anda dengan lebih efisien dan dapat diandalkan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321