+621 72734224 info@konsultanku.com

Jasa pengurusan SLF yang di lakukan oleh PT. Ira Konsultan Indonesia akan mempermudah Anda mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi yang harus dimiliki oleh pemilik bangunan menurut ketentuan Perda no 7 tahun 2010. Sertifikat Laik Fungsi adalah sertifikat yang diterbitkan oleh Pemda untuk bangunan gedung yang sudah selesai dibangun sesuai IMB dan yang telah memenuhi syarat kelaikan secara teknis sesuai fungsi bangunan dari hasil pemeriksaan.

Jasa Pengurusan SLF

Sertifikat LAIK Fungsi

Sertifikat ini harus dimiliki sebelum gedung tersebut digunakan dengan masa berlaku sertifikat 5 tahun untuk bangunan umum dan 10 tahun untuk rumah tinggal. Sehingga sebelum masa berlaku sertifikat tersebut habis, sebaiknya segera melakukan pengajuan perpanjangan SLF.

Persyaratan dan cara mengurus SLF

Bagi pengembang atau pemilik gedung wajib memiliki SLF agar bangunan bisa digunakan secara legal. SLF sendiri diklasifikasikan menjadi 4 kategori berdasarkan luas dan jenis bangunan, yaitu:

  1. Kelas A untuk bangunan non rumah tinggal > 8 lantai
  2. Kelas B untuk bangunan non rumah tinggal < 8 lantai
  3. Kelas C untuk bangunan rumah tinggal >= 100 m2
  4. Kelas D untuk bangunan rumah tinggal < 100 m2

Ada beberapa persyaratan pengurusan SLF menurut laman resmi Pemda DKI Jakarta yang harus dipenuhi oleh pemohon. Perlu dicatat, bahwa persyaratan tiap daerah bisa berbeda-beda, namun secara umum sebagai berikut:

  1. Surat permohonan SLF
  2. Fotokopi identitas pemohon dan penanggung jawab
  3. Fotokopi akta badan usaha/ hukum jika pemohon bukan perseorangan
  4. Fotokopi bukti kepemilikan tanah
  5. Fotokopi IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)
  6. Berita acara disetujui selesainya pembangunan sesuai IMB
  7. Laporan direksi pengawas
  8. Foto bangunan
  9. Foto sumur resapan air hujan
  10. Hardcopy dan softcopy gambar as build drawing
  11. Bangunan sedang dan tinggi dilengkapi berita acara dan rekomendasi mengenai hasil uji coba instalasi dan kelengkapan gedung

Biaya pengurusan SLF adalah gratis dengan kata lain tidak dipungut biaya dari pemerintah. Jika persyaratan di atas sudah dilengkapi, maka Anda tinggal mengajukan SLF ke DPMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) pada tingkat Suku Dinas, Kecamatan atau Dinas terkait yang ada di daerah masing-masing.

Jasa pengurusan SLF siap membantu

Permohonan pengurusan SLF memang terkadang memakan banyak waktu dengan persyaratan yang lumayan ribet yang harus dilengkapi pengembang atau pemilik bangunan. Jika Anda tidak ingin kerepotan dalam mengurus sertifikat tersebut, maka bisa meminta bantuan kepada jasa pengurusan.

Kami adalah jasa pengurusan SLF yang siap membantu memproses permohonan untuk mendapatkan SLF. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami saat ingin mendapatkan sertifikat ini. Kami sudah berpengalaman dalam mengurus segala macam sertifikat untuk keperluan pendirian dan penggunaan gedung termasuk SLF.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan sampai dengan selesai.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321