021 21799321 info@konsultanku.com

Jasa Inspeksi Bangunan Profesional

Peran jasa inspeksi bangunan profesional jauh lebih besar dari bayangan Anda. Mereka tidak hanya menemukan indikasi penyimpangan pada struktur bangunan tapi turut menganalisis perubahan konstruksi bangunan. Tujuannya dilakukannya inspeksi tidak lain guna mengetahui laik tidaknya struktur bangunan.

Manfaat menggunakan jasa inspeksi bangunan profesional

  1. Menekan Biaya Operasional

Kerusakan struktur bangunan bisa berdampak pada banyak hal salah satunya pembengkakan biaya operasional. Cara terbaik menghindari hal tersebut menyewa jasa inspeksi struktur bangunan.

Jasa inspeksi akan bekerja secara cermat dan tepat menganalisis struktur bangunan termasuk kualitasnya. Penemuan demi penemuan akan dilaporkan secara berkala sehingga dapat mencegah kerusakan struktur bangunan dengan skala tinggi.

Makin kecil kerusakan yang terjadi otomatis makin sedikit pula biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa menggunakan sisa dana operasional untuk kebutuhan lainnya termasuk membayar tarif jasa inspeksi bangunan profesional dan berpengalaman.

  1. Memberikan penilaian secara aktual dan profesional

Mereka yang tergabung pada lembaga jasa inspeksi bangunan bukan orang sembarangan. Melainkan orang-orang terpilih yang memiliki pengalaman segudang dan wawasan luas karena tugas utama jasa inspeksi adalah melakukan penilaian.

Masing-masing jasa inspeksi profesional memiliki strategi dan teknik penilaian tertentu. Mereka akan melihat, mengidentifikasi dan menilai seluruh struktur bangunan tanpa terkecuali.

Ketika ditemukan kerusakan atau penyimpangan struktur bangunan, jasa inspeksi tidak melaporkannya tanpa asalan. Ada bukti actual yang bisa menunjukkan structur bangunan mana saja yang bermasalah.

  1. Cara terbaik mengidentifikasi penyimpanan struktur bangunan

Identifikasi kerusakan struktur bangunan tidak bisa dilakukan oleh orang awam karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Itulah mengapa dibutuhkan jasa inspeksi demi mengidentifikasi kerusakan dan berbagai penyimpangan yang terjadi.

Ketika jasa inspeksi mencatat adanya kerusakan struktur di bagian tertentu. Anda bisa mengkomunikasikan dengan jasa inspeksi untuk mencari jalan keluarnya. Apakah perlu diambil tindakan perbaikan sebagian atau menyeluruh?

Langkah-langkah menjalankan pengujian struktur bangunan

Sebuah gedung tidak bisa luput dari perhatian jasa inspeksi bangunan profesional dan terpercaya. Apalagi jika konstruksi bangunan sejak awal tidak dilakukan dengan benar. Simak tahapan pengujian oleh jasa inspeksi bangunan berikut:

  • Survei

Pertama-tama adalah survei awal yang dilaksanakan untuk menganalisis kerusakan pada suatu bangunan. Pada tahapan ini, jasa inspeksi akan mengetahui bagian struktural yang rusak dari skala kecil hingga besar.

Manfaat lain melakukan survei adalah menganalisis kemungkinan modal perbaikan gedung. Sehingga pemilik gedung bisa mempersiapkan budget sejak awal sebelum proses perbaikan dilaksanakan oleh kontraktor.

  • Pengukuran

Merupakan proses pengukuran untuk menemukan retakan pada bangunan. Apakah retakan yang terjadi sifatnya membahayakan atau tidak? sekecil apa pun retakan bisa memberikan pengaruh terhadap awet tidaknya bangunan.

Selain mengukur retakan bangunan, jasa inspeksi juga akan melakukan pengukuran settlement pada bangunan.

  • Melakukan Pengujian NDT

Adalah metode pengujian untuk mengevaluasi kondisi struktur suatu bangunan. Tahapan pengujian dilakukan tanpa merusak objek yang diuji. Selain dikenal dengan istilah NDT, tahapan pengujian ini juga populer dengan nama Tes UPV.

  • Load Test

Gedung yang sudah digunakan memiliki beban yang lebih banyak daripada gedung kosong yang masih dalam tahap pembangunan. Load test ini akan membantu mengidentifikasi berapa besar beban bangunan pada suatu gedung.

  • Dynamic atau Static Lateral Test

Dan pengujian selanjutnya berfungsi untuk mengetahui tingkat kekakuan suatu gedung. Ketika tes ini selesai dilakukan tandanya, proses pengujian oleh jasa inspeksi telah berhasil dilaksanakan secara menyeluruh.

Demikianlah manfaat menggunakan jasa inspeksi bangunan profesional juga penjelasan singkat tentang tahapan inspeksinya. Anda yang memiliki gedung harus mempersiapkan diri untuk melakukan inspeksi ini secara berkala. Agar gedung tetap bertahan meskipun usianya sudah puluhan tahun.

pengurusan SLF akan berjalan cepat dan lancar, dijamin tidak mencapai 14 hari Anda sudah mengantongi sertifikatnya.

Baca Juga : Macam-macam persyaratan kenyamanan bangunan gedung

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321