Izin SLF

Izin SLF

 

 

5 Langkah Mudah Mengurus Izin SLF

 

Salah satu dokumen penting dalam pendirian suatu bangunan adalah SLF atau singkatan dari Sertifikat Laik Fungsi. Izin SLF ini tidak kalah penting dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan), baik untuk perorangan maupun perusahaan.  Lalu, kapan SLF diperlukan? Simak ulasan berikut.

Pentingnya Izin SLF

 

SLF merupakan sertifikat untuk menjamin kelayakan suatu gedung atau bangunan. Sertifikat Laik Fungsi diterbitkan oleh Pemerintah Daerah terhadap pemilik bangunan yang telah menyelesaikan gedungnya secara layak.

 

Artinya, pembangunan gedung tersebut telah memenuhi beberapa persyaratan kelaikan fungsi berdasarkan pemeriksaan secara administratif maupun teknis. Apakah SLF wajib? Ya, semua pemilik properti wajib mengurusnya untuk memastikan bangunan mereka aman dan layak tinggal.

 

Tujuan SLF yaitu untuk mencakup keseluruhan perizinan bangunan. Surat ini juga menjamin kelayakan suatu bangunan dan merupakan bukti legal bahwa gedung bersangkutan telah terjamin keandalannya. Mulai dari aspek kesehatan, kenyamanan, keselamatan dan  kemudahan akses.

 

Keandalan bangunan itu sendiri bukanlah klaim sembarangan. Namun, telah memenuhi syarat keandalan bangunan sesuai Undang-Undang, di antaranya:

 

  • Terjamin mempunyai struktur bangunan yang kuat
  • Memiliki perlengkapan keselamatan sesuai standar
  • Mempunyai sistem sanitasi dan sirkulasi udara yang baik
  • Memberikan kenyamanan ruang gerak serta pandangan yang baik bagi penghuninya
  • Mempunyai sarana dan prasarana lengkap dan berfungsi dengan baik

 

Maka dari itu, pemilik gedung, penyewa, atau orang-orang yang menghuni gedung bersangkutan bisa merasa lebih aman. Apalagi jika gedung tersebut berfungsi untuk bisnis atau keperluan publik, seperti hotel, apartemen, rumah sakit, dll. Tentu wajib mengantongi SLF untuk menjamin keandalannya.

Cara Mengurus SLF

 

Mengingat pentingnya SLF di atas, sekarang Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengurus SLF? Apa saja persyaratannya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Bedakan Antara Gedung Pribadi dan Bisnis

 

Jika pemohon SLF hendak mengurus gedung untuk kepemilikan pribadi, maka bisa langsung mengurusnya ke situs SIMBG. Jika gedung tersebut bertujuan untuk kegiatan usaha, maka pemohon perlu menyiapkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan OSS (Online Single Submission).

2. Daftar ke Situs SIMBG

 

Kini mengurus SLF menjadi lebih mudah, karena Anda bisa melakukannya secara online. Cukup kunjungi situs SIMBG yang beralamat di www.simbg.pu.go.id. Sebelum menggunakan layanan SIMBG, daftar akunnya terlebih dahulu dengan menekan menu pendaftaran di pojok kanan atas.

 

Kemudian, buat username dan password, lalu masukkan email aktif. Jika sudah, lakukan verifikasi email dan login kembali ke akun SIMBG.

3. Isi Formulir Pendaftaran                             

 

Setelah masuk akun SIMBG, pilih layanan SLF. Kemudian, isi formulir permohonan sesuai data bangunan Anda. Kemudian, unggah beberapa persyaratan berkas administratif maupun teknis. Mulai dari sertifikat tanah, surat izin pemanfaatan dari pemegang hak tanah, dll.

 

Pastikan berkas-berkas tersebut telah terkonversi dalam bentuk file PDF. Unggah satu per satu pada kolom yang tersedia dan akhiri dengan menyimpannya. Jangan sampai ada kolom yang tersisa. Pastikan Anda mengisi semua datanya secara lengkap.

4. Bayar Retribusi

 

Pantau akun SIMBG Anda secara berkala. Ada kalanya beberapa berkas perlu perbaikan. Misalnya, karena berkas tersebut salah kirim, ukuran tidak sesuai, dll. Sehingga Anda perlu mengirimnya ulang. Jika tidak ada permintaan perbaikan berkas, maka Anda bisa langsung membayar retribusi.

5. Tunggu Konfirmasi

 

Setelah membayar retribusi, tunggu notifikasi yang menyatakan SLF Anda telah terbit. Nantinya, Dinas Perizinan akan menyerahkan SLF Anda tersebut.

 

Memperoleh izin SLF sangatlah penting bagi para pemilik bangunan, baik itu perorangan maupun perusahaan. Hal ini berguna untuk menjamin keandalan gedung, sehingga para penghuninya bisa merasa nyaman. Cara mengurusnya sangatlah mudah. Tinggal ikuti langkah-langkahnya di atas.

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321