Izin Sipa Surabaya

Izin Sipa Surabaya

Beberapa Dokumen Persyaratan Dalam Mengurus Izin Sipa Surabaya

Izin sipa surabaya bersifat wajib bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan air untuk berbagai keperluan. Namun pemanfaatan air khususnya oleh perusahaan-perusahaan besar. Seperti ketentuan dalam peraturan perundang-undangan tentang pengusahaan sumber daya air. Yang termasuk sumber daya air diantaranya air, sumber air, dan daya air yang terkandung di dalamnya.

Setiap perusahaan sudah pasti mengupayakan sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan usaha. Setiap orang membutuhkan air baik untuk keperluan konsumsi, industri hingga rumah tangga. Jadi, air memiliki peran yang sangat penting bagi setiap individu dan tidak bisa terpisahkan. Itulah sebabnya setiap orang selalu mengupayakan ketersediaan air untuk bertahan hidup

Upaya menyediakan air khususnya untuk keperluan industri atau perdagangan harus melalui sejumlah proses. Dalam proses pembuatan surat izin pengambilan air tanah tentunya perlu menyiapkan sejumlah dokumen. Pengurusan juga dapat membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karena pengusahaan daya air harus memperhatikan prinsip-prinsip seperti yang tertuang pada PP Nomor 121 Tahun 2015 pasal 2.

Adapun prinsip-prinsip seperti tidak mengganggu dan meniadakan hak rakyat atas air, melestarikan lingkungan hidup, memprioritaskan pengusahaan air untuk BUMN/BUMD. Oleh karena itu, Anda yang hendak membangun sebuah usaha sebaiknya segera menyiapkan dokumen persyaratan pengusahaan air. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk segera memulai pengusahaan air jika seluruh dokumen sudah siap.

Persyaratan Surat Izin Pengeboran Air Tanah ; Izin Sipa Surabaya

Adapun rekomendasi teknis sebagai persyaratan permohonan harus menyertakan lampiran berikut menurut Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur.

  1. Surat permohonan izin.

  2. Menyertakan peta yang memperlihatkan titik lokasi rencana pengeboran. Peta terdiri dari dua jenis, yaitu peta situasi dan peta topografi.

Peta situasi dengan skala 1:10.000 atau bisa juga lebih besar dan peta topografi dengan skala 1:50.000.

  1. Informasi perihal rencana pengeboran air tanah.

  2. Salinan SIPPAT, STIB, SIJB yang masih berlaku.

  3. Untuk permohonan dengan debit kurang dari 50 liter/det harus menyertakan dokumen UKL dan UPL.

Untuk permohonan dengan debit sama ataupun lebih besar dari 50 liter/det harus menyertakan dokumen AMDAL.

  1. Bukti kepemilikan 1 sumur pantau yang dilengkapi alat perekam otomatis air tanah.

Bagi pemohon dengan jumlah pengambilan air tanah lebih dari 50 liter/det.

Bagi pemohon dengan jumlah pengambilan lebih besar dari 50 liter/det dari satu atau beberapa dalam kawasan kurang dari 10 hektar.

Persyaratan Pengurusan SIPA Untuk Sumur Bor

Mengurus izin sipa surabaya menggunakan standar formulir atau dokumen ISO beserta lampiran dengan kelengkapan persyaratan administrasi.

  1. Melampirkan Surat Permohonan Izin

  2. Surat Izin Pengeboran

  3. Melampirkan Gambar Penampang Litologi Atau Hasil Rekaman Logging Sumur

  4. Melampirkan Gambar Bagian Penampang Penyelesaian Konstruksi Sumur Bor

  5. Selanjutnya melampirkan Berita Acara Pengawasan Pemasangan Konstruksi Sumur Bor

  6. Melampirkan Berita Acara Pengawasan Pemasangan Uji Pemompaan

  7. Melampirkan Berita Acara Peninjauan Uji Pemompaan

  8. Laporan Uji Pemompaan

  9. Hasil Analisa Fisika Dan Kimia Air Tanah

Lama waktu penyelesaian pelayanan kurang lebih selama 16 hari kerja. Bisa juga lebih dari 16 hari kerja dengan menyesuaikan kebijakan masing-masing daerah. Untuk masalah seputar besaran tarif perizinan air tanah tidak dikenakan biaya. Karena biaya izin sipa surabaya telah dibebankan pada APBD daerah masing-masing, namun dalam artikel ini khususnya provinsi Jawa Timur.

Baca Juga : Jasa Pengurusan SIPA

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321