Harga SLO

Harga SLO

Dalam pengurusan sertifikat Anda juga harus mengenal harga SLO yang harus lengkap. Hal ini juga menyangkut syarat dan ketentuan yang mengikat dalam proses penerbitannya. Biasanya sertifikat terbit paling lama empat harian setelah syaratnya sudah terproses. Hal ini juga terpengaruh dengan banyak tidaknya antrean yang ada.

Syarat dan harga SLO saat pemasangan

  1. Peralatan pasangan

Syarat pertama harga SLO yang harus ada berupa peralatan pasangan. Anda harus menyiapkan beberapa hal penting terkait instalasi kelistrikan. Pastikan segalanya harus dalam kondisi yang baik tanpa kurang apa pun. Hal ini akan menunjang penilaian terkait kelaikannya.

  1. Gambar instalasi

Syarat berikutnya untuk mendapat harga SLO terupdate adalah lampiran gambar instalasi. Gambar ini harus rinci dengan keterangan yang mudah terpahami. Gambar ini juga tidak boleh asal-asalan namun harus terbuat dari orang yang punya kemampuan dalam bidangnya. Umumnya pembuat gambar ini juga akan membuat diagram atau denahnya. Jadi antara setiap komponennya bisa lebih menyambung satu dengan lainnya. Gambar instalasi ini harus mampu menjelaskan segala bentuk rincian yang sudah terlampir terkait komponen penting secara mendetail.

  1. Kapasitas dan jenis

Syarat ketiga adalah melampirkan keterangan mengenai jenis dan juga kapasitasnya. Tenaga listrik terkelompokkan sesuai tegangannya yakni rendah, menengah dan tinggi. Hal ini juga mendukung beberapa kriteria kelaikan termasuk lokasi dan juga kesesuaiannya dengan kebutuhan para penggunanya.

  1. Lokasi instalasi

Syarat keempat adalah lampiran keterangan mengenai lokasi dari instalasi listrik yang sudah terpasang. Lokasi ini juga harus memenuhi kriteria aman dan kenyamanan untuk bisa menerbitkan sertifikat kelaikannya. Lokasi yang terlalu rawan akan mengurangi kemudahan untuk terbitnya sertifikatnya.

  1. Identitas dari pemilik usaha listrik

Syarat terakhir yang harus ada berupa identitas yang lengkap untuk melengkapi keterangan mengenai pemilik usaha yang ada. Terlebih untuk pemilik instalasi listrik dengan tegangan yang rendah.

  1. Harga SLO

Harga SLO didasarkan pada Permen ESDM No. 27 tahun 2017. Di dalamnya dijelaskan secara rinci biaya atau harga untuk SLO sesuai kapasitas dayanya. Kisaran harga SLO terdiri dari puluhan hingga jutaan rupiah.

Alur pengurusan SLO

Jika semua syaratnya sudah lengkap dan Anda paham soal harga SLO terbaru, maka Anda bisa lanjut pada alur pengurusannya: 1. Melakukan registrasi Langkah pertama untuk pengurusannya adalah masuk untuk registrasi pada laman web yang sudah tervalidasi. Cara lainnya juga bisa dengan langsung datang pada kantor instansi yang berwenang. Jika melalui online Anda harus melakukan pendaftaran akun dan verifikasi melalui email untuk lanjut ke tahap berikutnya.

2. Pemberian nomor agenda harga SLO Langkah berikutnya adalah pemohon akan mendapatkan nomor agenda dari petugas terkait. Ikuti saja setiap langkah yang tertera pada pendaftaran online atau mengikuti porsedur yang ada pada pendaftaran offline.

3. Pengisian form Baik untuk pendaftaran online maupun offline pemohon wajib mengisi formulir secara lengkap. Setiap kolom yang ada tidak boleh terlewat untuk bisa lanjut pada tahap berikutnya. Anda juga akan mendapatkan tagihan dan juga kode pembayaran yang harus lunas dengan memilih salah satu bank yang tertera.

4. Verifikasi dan pengecekan Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi dan pengecekan oleh petugas terkait seluruh dokumen yang sudah masuk. Petugas memiliki kriteria tertentu untuk menentukan kelaikan dari pengajuannya. Verifikasi ini juga harus terlaksana dengan teliti untuk menghindari kesalahan.

5. Penerbitan Jika tahapnya sudah selesai dan harga SLO sudah sesuai maka lanjutannya adalah proses penerbitan dari SLO. Waktunya kurang lebih selama tiga harian tergantung panjangnya antrean. Kemudian SLO sudah bisa berguna untuk masyarakat sesuai keinginannya. Dalam penentuan harga SLO pemohon juga harus memperhatikan kelengkapan syarat dan ketentuan yang ada. Dokumen yang ada harus terjamin kevalidan dan juga keasliannya agar lebih mudah. Baca Juga : Kegunaan SLO

Jangka Berlakunya SLO

Dalam dunia industri pembangkitan tenaga listrik, peraturan yang mengatur masa berlaku sertifikat laik operasi (SLO) menjadi hal yang sangat penting. SLO merupakan dokumen yang memberikan kepastian bahwa instalasi pembangkit tenaga listrik sesuai dengan standar keamanan dan dapat beroperasi dengan aman. Masa berlaku SLO sangat bervariasi tergantung pada jenis instalasi dan tegangan listrik yang digunakan.

Untuk instalasi pembangkit tenaga listrik, masa berlaku SLO adalah 5 tahun. Artinya, setiap lima tahun, instalasi ini harus menjalani proses pengujian ulang untuk memastikan kelangsungannya yang aman. Ini merupakan langkah yang penting dalam menjaga keandalan pembangkit listrik dan mencegah potensi risiko kecelakaan.

Sementara itu, instalasi transmisi tenaga listrik, terutama yang beroperasi dengan tegangan tinggi dan menengah, memiliki masa berlaku SLO yang lebih panjang, yaitu 10 tahun. Hal ini mencerminkan kompleksitas dan skala besar dari instalasi tersebut. Proses pengujian dan evaluasi yang cermat diperlukan untuk memastikan bahwa transmisi energi listrik tetap berjalan lancar tanpa gangguan.

Di sisi lain, instalasi tenaga listrik dengan tegangan rendah memiliki masa berlaku SLO yang paling panjang, yakni 15 tahun. Ini mencerminkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam instalasi ini, karena tegangan rendah biasanya digunakan dalam aplikasi rumah tangga dan komersial yang lebih kecil.

Pentingnya jasa pengurusan SLO, seperti yang ditawarkan oleh Sipa, menjadi sangat terasa dalam menjaga kepatuhan terhadap peraturan ini. Mereka dapat membantu perusahaan-perusahaan dalam memastikan bahwa proses perpanjangan SLO berjalan lancar, termasuk pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan dan memastikan bahwa instalasi tetap memenuhi standar keamanan yang berlaku.

Dalam dunia industri tenaga listrik, kepatuhan terhadap peraturan seperti ini adalah kunci untuk menjaga keandalan dan keamanan pasokan energi. Dengan bantuan jasa pengurusan SLO yang profesional seperti Sipa, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka tetap beroperasi dengan baik dan sesuai dengan hukum yang berlaku dalam jangka waktu yang ditentukan.

Dasar Hukum

Regulasi terkait Sertifikat Laik Operasi (SLO) merupakan hal yang krusial dalam industri ketenagalistrikan Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan merinci beberapa peraturan yang mengatur SLO sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

1. **Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan**: Undang-undang ini menjadi landasan hukum utama yang mengatur sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Di dalamnya, dijelaskan persyaratan dan prosedur terkait SLO.

2. **Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik**: Peraturan ini menguraikan lebih lanjut tentang jenis-jenis usaha yang harus memperoleh SLO sebelum beroperasi di sektor ketenagalistrikan.

3. **Peraturan Menteri ESDM No. 5 Tahun 2014 tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan**: Peraturan ini menetapkan tata cara akreditasi dan sertifikasi untuk penyedia layanan listrik, termasuk prosedur yang harus diikuti dalam mendapatkan SLO.

4. **Peraturan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan No. 556K/20/DJL.1/2014 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penomoran dan Registrasi Sertifikat di Bidang Ketenagalistrikan**: Regulasi ini mengatur tata cara penomoran dan registrasi SLO dalam sektor ketenagalistrikan, memastikan bahwa SLO terekam dan dikelola dengan baik.

Untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi ini, pengusaha dan penyedia layanan listrik sering kali memerlukan bantuan dari jasa pengurusan SLO yang berpengalaman. Jasa tersebut akan membantu Anda navigasi melalui kerumitan perizinan, memastikan dokumen Anda sesuai dengan persyaratan hukum, dan mempercepat proses perolehan SLO.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki SLO yang sah adalah tanda komitmen Anda terhadap keamanan dan keandalan penyediaan tenaga listrik. Penggunaan jasa pengurusan SLO yang efisien juga akan membantu Anda menghindari masalah hukum dan mengoptimalkan operasional bisnis Anda di sektor ketenagalistrikan Indonesia. Dengan pemahaman yang baik tentang regulasi terkait SLO dan bantuan yang tepat, Anda dapat memastikan kelancaran operasi Anda dalam industri ini yang krusial.

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto Phone : 021-21799321