Contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran

Contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran

Contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran

Melihat contoh Sertifikat Kesalamatan Kebakaran bisa jadi bukan hal asing lagi bagi mereka yang memiliki gedung bangunan tertentu. SKK merupakan sebuah sertifikat yang menyatakan jika kinerja dari sistem proteksi kebakaran suatu gedung berada dalam kondisi sesuai standar. Selain sistem proteksi kebakaran yang berfungsi, akses sarana penyelamatan juga memenuhi peraturan UU.

Persyaratan dan Contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran

Memenuhi SKK tidak hanya berdampak positif pada suatu gedung bangunan tapi juga ketertiban dan keselamatan masyarakat. Selain mencermati contoh sertifikatnya, perhatikan juga beberapa persyaratan pengurusan perizinan tersebut berikut ini:

  1. Membuat surat permohonan dengan materai Rp6.000 yang menandakan jika pengajuan ini benar dan absah
  2. Identitas Pemohon

Beda dari sertifikat lainnya, SKK ini bisa WNA buat dengan menyertakan fotokopi Paspor/KITAS/VISA miliknya. Sementara untuk WNI cukup melampirkan fotokopi KK dan KTP.

  1. Fotokopi IMB
  2. Fotokopi SLF
  3. Rekomendasi Keselamatan Kebakaran SLF-I

Surat rekomendasi ini termasuk persyaratan bagi pembuatan SKK pertama.

  • Khusus Untuk Badan Usaha

Harus menyertakan tiga dokumen pendukung. Pertama adalah akta pendirian dan perubahannya (opsional). Kedua adalah SK pengesahan pendirian dan perubahan. Dan yang terakhir adalah fotokopi NPWP perusahaan atau badan usaha.

  • Khusus Untuk Dikuasakan

Salah satu kelebihan menggunakan penyedia jasa, Anda dapat melihat contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran terbaru kapan saja ketika membutuhkannya. Dengan catatan Anda sudah membuat surat kuasa sah bermeterai Rp6.000 dengan turut melampirkan KTP penerima kuasa.

  • Bukti Kepemilikan Lahan

Ada dua kemungkinan mengenai hak milik tanah yaitu hak atas kekayaan pribadi atau sewa (milik orang lain). Sertakan sertifikat tanah jika lahan tersebut milik Anda namun lampirkanlah surat perjanjian sewa tanah bila lahan tersebut merupakan lahan sewaan. Buatlah surat pernyataan bermeterai Rp6.000 yang menyatakan pemilik tanah bersedia lahannya Anda gunakan.

  • Proposal Teknis Lengkap

Setidaknya ada 13 data yang harus terinput pada proposal teknis ini. Mulai dari gambar teknis, IPTB hingga informasi mengenai APAR atau sistem pompa kebakaran. Apa dan bagaimana 13 data proposal teknis bisa Anda tanyakan langsung pada penyedia jasa SKK terpercaya.

  • Dokumen Penyelenggaraan MKKG

Sebelum fokus mengurus proposal teknis terlengkap jangan lupa pula untuk menyiapkan dokumen penyelenggaraan MKKG.

Selain kesepuluh persyaratan tersebut masih ada beberapa syarat lain yang harus pemohon lengkapi. Cari tahu persyaratan pendukung ketika Anda melakukan konsultasi dengan layanan konsultan penyedia jasa pengurusan SKK. Pastikan jangan cepat puas setelah meneliti contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran terbaik.

Alur Perizinan SKK

  • Mengajukan Permohonan

Pertama-tama silahkan Anda ajukan permohonan ke dinas terkait yang mengurus penerbitan sertifikat ini. Khusus untuk SKK, pemerintah memberikan tanggung jawab pada DPMPTSP. Maka Anda bisa mengunjungi kantor DPMPTSP kota setempat untuk mengajukan permohonannya.

  • Penilaian Administrasi Oleh Petugas

Petugas yang bekerja akan mulai melakukan pemeriksaan pemberkasan administrasi. Tujuannya untuk melihat apakah dokumen yang Anda bawa sudah sesuai persyaratan atau belum. Berkas yang lulus penilaian akan masuk ke tahapan ketiga.

  • Penilaian Teknis

Merupakan penilaian lapangan. Petugas DPMPTSP akan mengirimkan personil terbaik mereka untuk memastikan apakah gedung bangunan Anda sudah memenuhi standar keselamatan kebakaran.

  • Pencetakan Biaya Retribusi

Jika tidak ada kendala pada tahapan ketiga maka petugas berwenang akan langsung mencetak biaya retribusi. Pemohon hanya perlu melunasi biaya retribusi sesuai jumlah yang tertera.

  • Persetujuan Atau Penolakan Penerbitan SKK

Merupakan tahapan otorisasi yang mencakup seluruh penilaian guna memutuskan apakah pengajuan Anda pemerintah terima atau tolak.

  • Penerbitan SKK

Bila proses otorisasi berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan positif silahkan ambil SKK ke petugas.

Proses pengurusan SKK memang sangat melelahkan. Ingin lebih cepat dan efisien? Gunakan layanan jasa pengurusan SKK. Mereka tidak hanya memperlihatkan contoh Sertifikat Keselamatan Kebakaran tapi juga mengusahakan perizinan bangunan Anda lolos dengan mudah.

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321