Contoh Peil Banjir

Contoh Peil Banjir

Tips Mencari Hunian Yang Memiliki Peil Banjir Dan AMDAL Yang Tepat

Contoh peil banjir pada sebuah pembangunan proyek. Bagi orang awam mungkin belum mengerti akan istilah dari peil banjir. Peil banjir merupakan istilah yang mengacu pada ketinggian tanah pada saat melakukan proses pembangunan perumahan agar terhindar dari banjir. Saat mencari hunian, tentu Anda mencari tempat yang aman bebas macet dan tentu bebas banjir.

Banjir menjadi salah satu permasalahan yang sering masih sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Tidak hanya kawasan Jabodetabek saja tetapi banjir juga melanda sejumlah kota besar seperti Semarang, Surabaya, Cilacap, Brebes dan beberapa lainnya. Umumnya banjir terjadi karena volume air pada bendungan atau sungai meluap karena hujan lebat. Biasanya curah hujan dengan intensitas tinggi menjadi penyebab terjadinya banjir.

Namun tidak hanya karena curah berintensitas tinggi saja yang menjadi penyebab banjir. Banjir dapat terjadi karena daerah resapan air berkurang drastis. Hal lainnya efek dari kerusakan lingkungan seperti penebangan hutan, pemanfaatan lahan secara berlebih, efek rumah kaca juga menjadi penyebab banjir. Beberapa hal tersebut bisa jadi karena ulah manusia yang kurang bertanggung jawab.

Saat ini tidak hanya kota besar yang banyak pembangunan infrastruktur tetapi juga sudah menyasar ke daerah-daerah. Hal yang penting dari pembangunan infrastruktur adalah drainase. Drainase sangat berguna  sebagai pengendali kebutuhan air permukaan sehingga dapat mengurangi genangan air. Drainase yang baik dapat menjadi salah satu metode dari contoh peil banjir.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari hunian bebas banjir, ada beberapa tips berikut yang dapat Anda jadikan pertimbangkan. Banjir akibat curah hujan tinggi tentu dapat mengurangi mobilitas orang-orang sekitar wilayah rawan tersebut. Tetapi dengan melihat tata kelola lingkungan yang benar mungkin dapat mengurangi penyebab dari banjir.

Pengecekan Lokasi Rawan Banjir : Contoh Peil Banjir

Sebelum memutuskan membeli hunian, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu lokasi dari calon hunian tersebut. Anda dapat meninjau langsung menuju lokasi hunian atau dapat juga mengeceknya melalui online. Saat ini sudah tersedia peta online yang dapat Anda jadikan referensi dalam melihat lokasi banjir. Namun peta online tersebut baru menampilkan beberapa wilayah meliputi Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Mempunyai Ruang Terbuka dan Saluran Pembuangan Limbah Sistematis

Tips kedua mengetahui lingkungan hunian yang bebas banjir adalah dengan mencari tahu sistem drainase. Anda juga perlu memperhatikan kondisi sungai dan saluran pembuangan limbah yang ada. Pastikan jika lingkungan sekitar hunian mempunyai sistem drainase yang baik agar dapat mengalirkan air hujan dengan baik. Anda juga perlu melihat ada tidaknya ruang terbuka di sekitar lokasi karena ruang terbuka tersebut berfungsi sebagai daerah penyerapan air.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

Lemahnya pelaksanaan AMDAL dapat menjadi salah satu pemicu bencana banjir. Anda harus memastikan hunian yang hendak Anda beli tidak berada di daerah resapan air. Hindari juga membeli hunian yang berlokasi dekat dengan daerah aliran sungai.

Banjir yang terjadi pada beberapa wilayah terjadi karena kurangnya melakukan proses AMDAL dengan baik. Sehingga hal tersebut memicu terjadinya banjir pada wilayah pemukiman. Seharusnya pengembang perumahan melakukan riset dan membuat site plan yang tepat. Penting untuk membuat contoh peil banjir dan AMDAL yang baik sebagai bentuk mengurangi dampak negatif dari pembangunan.

Selain membuat peil banjir dan AMDAL yang sesuai, selanjutnya sikap dari setiap individu dalam menjaga lingkungan juga penting. Sehingga hasil dari pembuatan contoh peil banjir dapat lebih maksimal.

Baca Juga : Jasa Pengurusan SIPA

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321